Career Tips

5 Hal yang Harus Kamu Siapkan Ketika Ingin Merintis Usaha Kafe Milikmu

Usaha kafe memang menjadi salah satu jenis usaha yang cukup menjajikan saat ini. Usaha ini memiliki segmentasi yang begitu luas yang bisa dinikmati oleh berbagai kalangan mulai dari remaja hingga karyawan kantor sekalipun. Kafe bisa menjadi satu tempat untuk bisa digunakan untuk nongkrong bersama teman atau hanya sekedar meeting ataupun untuk mengerjakan tugas sekalipun. Kafe menjadi salah satu jenis bisnis yang sangat bergengsi dan terlihat sangat menjanjikan memang, namun pastinya untuk mendirikannya diperlukan tips trik khusus untuk membuat usaha kafepun akan terus menerus berkembang.

Sponsored: produk pemutih wajah

5 Hal yang Harus Kamu Siapkan Ketika Ingin Merintis Usaha Kafe Milikmu

Tentu saja, untuk memulai satu usaha apalagi bisa dikatakan kafe sejenis coffee shop haruslah dibuat dengan sangat matang. Berbagai persiapan harus kamu siapkan apalagi yang berhubungan dengan beragam Hal penting dalam membuat kafe. Dengan mempersiapkan dan terus melakukan perbaikan dengan berbagai hal yang harus anda siapkan pastinya akan membuatkamu lebih mudah untuk menjalankan usaha kafe untuk mendapatkan keuntungan yang semakin bertambah setiap harinya. Dengan melakukan beragam hal ini tentu akan membuat usaha kafemu tak akan berhenti dan tentunya akan membuat kamu menjadi semakin berkembang untuk mendapatkan ragam usaha yang lebih baik lagi untukmu. Berikut ini beberapa hal penting yang harus kamu persiapkan demi kafe yang terbaik.

  1. Pelajari Terlebih Dahulu Tentang Pengetahuan Dasar Kopi

Biasanya sih yang memiliki ide untuk mendirikan kedai kopi atau kafe adalah mereka yang sangat addict atau maniak kopi banget. Dengan alasan mereka pasti tahu dan bisa memilih manakah kopi yang baik dan bagaimana cara pembuaan kopi yang benar. Yaps, sebagai pendiri dan pemilik kamu wajib tau dong tentang dasar-dasar kopi mulai dari cara pembuatan hingga bahan-bahan apa saja yang akan kamu butuhkan. Tak harus menjadi seorang maniak kopi memang, tetapi kamu tetap wajib belajar tentang dasar-dasar kopi.

Kamu juga perlu tahu tentang bagaimana menciptakan rasa kopi yang enak dan lezat dengan caramu sendiri. Meskipun memang kamu bisa merekrut barista untuk menjadi pembuat kopi di kafemu, namun tetap akan selalu lebih baik jika kamu lebih bisa membuatnya sebelum barista. Apalagi jika kamu masih merintis usaha baru dan masih memiliki modal yang cukup kecil tentu membayar barista juga menjadi hal yang berat untuk kamu lakukan.

  1. Rajin Berkunjung ke Kafe-Kafe

Yaps benar, meskipun kamu punya kafemu sendiri tapi kamu juga perlu lho untuk mencari referensi tambahan untuk membuat kafemu terlihat semakin meyakinkan. Kamu harus menjadikan kafemu menjadi kafe terbaik yang ada di kotamu sehingga menjadikan konsumen sangat tertarik untuk terus berkunjung ketempatmu. Kamu bisa mencari perbandingkan dengan beragam hal mulai dari interior, harga dan juga rasa antara kafe milikmu dan kafe lain yang juga ada disekitar kafemu. Dengan melakukan kunjungan ini tentu kamu bisa lebih belajar untuk mendapatkan hasil yang terbaik dari kafemu sendiri.

  1. Siapkan Layanan yang Ramah, Menyenangkan dan Terbaik

Rasanya lezat, interiornya keren tapi kalau layanan yang didapatkan kurang mengenakkan hati tentu akan membuat para customer akan kapok untuk datang ke kafe tersebut. Meskipun yang dijual adalah produk makanan tetapi layanan tetap menjadi hal pelengkap yang harus selalu kamu perhatikan. Dengan pelayanan yang terbaik tentu akan membuat para customer akan datang dan terus datang lagi karena merasakan kenyaman yang tak tertandingi. Lakukan pelayanan yang ramah, ngobrol kecil dan juga selalu ingat selera seperti apa yang diinginkan oleh customer. Dengan begitu tentu akan membuatmu benar-benar menarik hati para konsumen sebab pelayanan juga menjadi nilai tambah dan paling penting.

  1. Fokus dan Total

Tentu saja, jika memang kamu ingin memulai usaha yang baru dan membuka satu usaha yang baru akan sangat penting untukmu benar-benar focus dan total akan hal tersebut. Satu usaha yang kamu jalankan akan sangat baik jika kamu memang terjun secara total didalamnya, tak hanya sekedar menanamkan modal saja tetapi kamu harus mengerti dan paham dari akar usahamu tersebut. Untuk di kafe ini tentu kamu harus benar-benar paham dan mengerti tentang bagaimana menjalankan perusahaanmu dan yang paling penting kamu harus tetap terus belajar dan menjadi lebih pintar jika dibandingkan dengan karyawan yang kamu miliki. Meskipun kamu memiliki karyawan yang paling handal sekalipun tetapi tetap saja mereka hanyalah karyawan dan kamu adalah mesin penggerak dari usahamu ini.

  1. Konsep Adalah Segalanya

Konsep tentang kafe yang akan kamu buat juga menjadi satu hal yang sangat penting untuk kamu perhatikan. Kamu harus benar-benar memperhatikan tentang bagaimana konsep interiormu, tema dari kafemu. Kamu harus bisa memadukan semua hal tersebut dengan sangat baik. Misalnya saja desain kafe ala 70’an kamu juga harus menyajikan kopi dengan cita rasa yang hampir mirip dengan kafe pada tahun tersebut atau dengan menyajikan kopi tradisional. Selain itu, desain interior juga harus kamu buat sesuai dengan target market yang kamu tuju apakah untuk anak muda ataukah untuk segala golongan. Dengan berbagai hal ini tentu akan membuatmu bisa mendapatkan kafe terbaik dengan desain yang semakin cantik pula sehingga hal ini juga menjadi satu daya tarik tersendiri juga untuk para konsumen.

Dengan memperhatikan beberapa hal penting diatas tentu akan membuatmu lebih siap untuk segera mendirikan kafe ataupun coffeshop yang kamu impi-impikan selama ini. Dengan melakukan setiap hal penting tersebut tentu akan semakin membuat persiapanmu untuk membangun usaha semakin mantang dan kamu pun bisa mendapatkan keuntungan yang semakin banyak. Usaha coffeeshop ataupun kafemu pun akan semakin berkembang dengan lebih baik.

 

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Anak Muda Lebih Baik BerWirausaha daripada Kerja Kantoran

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top