Travelling

Tips Liburan Ke Raja Ampat

Tips Liburan Ke Raja Ampat

Raja Ampat merupakan salah satu situs wisata yang berada di perairan Papua Barat dan terkenal akan keindahan alamnya. Disamping itu, panorama alam yang menakjubkan tersuguhkan dalam bentangan perairan serta pulau-pulau kecil disekitarnya. Pesona Raja Ampat seakan memberikan banyak pengalaman seru berlibur di sana. Sayangnya, mengunjungi Raja Ampat harus menyiapkan dana lebih sebab wisata ini bisa dibilang sangat mahal.

Sponsor : cream perawatan wajah

Raja Ampat dijadikan salah satu wilayah konservasi, yang memang sengaja dijaga kelestarian alam termasuk biotanya. Raja Ampat menjadi salah satu lokasi wisata eksklusif sehingga tidak heran jika liburan ke sana memang memakan biaya yang tidak sedikit. Namun bukan berarti kamu tidak bisa liburan dengan menghemat dana. Berikut tips liburan ke Raja Ampat tanpa khawatir dana akan habis.

1. Datanglah dengan grup atau rombongan

Tips Liburan Ke Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat adalah gugusan empat rangkaian kepulauan yaitu Pulau Waigeo, Misool, Salawati, dan Pulau Batanta. Keempat gugusan pulau tersebut berada di lokasi yang saling berdekatan yang berada tepat di sekitar kepala burung pulau Papua. Biota lautnya menjadi yang terunik, paling kaya dan alami. Betapa menakjubkan bukan bila bisa berkunjung ke gugusan kepulauan Raja Ampat ampat? Mengingat dana yang harus kamu persiapkan tidak sedikit maka tips pertama yang bisa dilakukan adalah berkunjung bersama rombongan atau grup. Menyewa sebuah perahu saja membutuhkan dana untuk bensin yang dua kali lebih mahal bahkan hingga jutaan. Jadi daripada kamu menyewa sebuah perahu hanya untuk satu atau dua orang, maka dengan mengajak rombongan dana tersebut bisa diakali. Selain itu, menyewa perahu bersama rombongan bisa membagi dana sewa sehingga lebih hemat.

2. Ketahui jadwal perahu reguler ke Raja Ampat

Ada baiknya mengetahui jadwal perahu regular yang akan berlayar menuju kepulaua Raja Ampat. Biasanya mencapai lokasi Raja Ampat dari kota Sorong harus menaiki kapal reguler dari pelabuhan. Harga tiket kapalnya biasanya lebih murah. Meski lebih lambat dari kapal biasa, tidak ada salah menggunakan kapal regular selain bisa menghemat dana. Jadwal pelayaran kapal regular menuju  Raja Ampat biasanya dimulai tiga hari yang ditentukan seperti setiap Senin, Rabu, dan Jumat dan mulai berangkan pukul 9 atau 2 siang. Harga tiketnya juga cukup murah yaitu sekitar 120 ribu.

3. Cari tiket pesawat promo

Sebelum mengunjungi kepalauan eksklusif tersebut, ada baiknya mencari dan pesan tiket pesawat yang menawarkan promo. Karena biaya ke Raja Ampat terkenal mahal, maka tiket pesawat ke kota terdekat seperti Sorong juga akan mahal. Umumnya harga sekali perjalannya menuju Sorong bisa sampai 4-5 jutaan. Itupun belum termasuk tiket pulang. Jadi, tak usah malu untuk menanyakan promo tiket maskapai atau bisa gunakan paket wisata promo. Untuk mendapatkan promo tiket, tentuka kamu harus rajin mencari informasi dan memesannya jauh-jauh hari sebelum keberangkaan.

4. Membayar retribusi wisata Raja Ampat

Tips Liburan Ke Raja Ampat

Karena masuk dalam kawasan konservasi, kepulauan Raja Ampat biasanya dijaga oleh petugas. Dan sesuai aturan, para traveler tidak diperkenankan memasuki kawasan jika tidak membayar retribusi wajib. Dana retribusi ini nantinya akan digunakan untuk menjaga kelestarian taman konservasi dari nelayan ilegal atau pihat yang akan merusak kawasan tersebut. Setelah membayar, pengunjung biasanya akan ditandani dengan bukti kartu atau pin yang berlaku selama satu tahun. Biaya yang umumnya diwajibkan untuk tiket masuk kawasan sebesar 500 ribu rupiah, dan untuk turis mancanegara sebesar 1 juta rupiah. Pin atau tiket kemudian ditukarkan ke kantor Badan Layanan Umum Daerah Raja Ampat yang berada di kota Waisai atau di Sorong. Selanjutnya, para traveler baru bisa menikmati indahnya kepulauan Raja Ampat. Jadi, siapkan dana untuk retribusinya juga ya!

5. Pilih homestay atau rumah penduduk

Tips Liburan Ke Raja Ampat

Opsi terbaik untuk menghemat dana di Raja Ampat adalah memilih penginapan di homestay dan rumah penduduk. Ada sekitar 40 homestay khusus untuk para pengunjung yangdisediakan di Pulau Waisai. Atau kamu bisa mencari homestay atau penginapan murah di tempat lainnya. Harga yang ditawarkan di penginapan murah per malamnya sekitar 250-350 ribu rupiah. Atau bisa memilih penginapan untuk rombongan. Tetapi tidak salahnya mencoba penginapa yang lebih mewah seperti memilih hotel atau resort dengan fasilitas yang pastinya lebih lengkap dengan pemandangan pantai lepasnya yang menakjubkan.

6. Datanglah pada waktu yang tepat

Terakhir, untuk bisa menikmati kepualaun Raja Ampat dengan harga yang murah bisa berkunjung di waktu yang tepat. Biasanya cuaca menjadi faktor penentu liburan termasuk di Raja Ampat. Jangan berkunjung di bulan yang salah seperti bulan-bulan penuh badai dan hujan karena ujung-ujungnya kamu akan tertahan di dermaga. Jadi datanglah ke Raja Ampat di bulan tertentu disaat kondisi laun sudah tenang. Begitupun himbauan yang diberikan oleh Badan Layanan Umum Daerah Raja Ampat. Waktu tepatnya berada di bulan September sampai Apri. Di waktu itu, ombak sekitar perairan Raja Ampat jauh lebih tenang, dan hangat. Selain itu, di bulan tersebut cuaca di Indonesia sangat hangat, sejuk dan indah.

Demikian sedikit tips yang bisa kamu lakukan untuk memulai liburan baru dengan mengunjungi kepulaian istimewa, Raja Ampat. Semoga bermanfaat!

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top