Tips & Trik Parent

Sakit Mata Pada Bayi

Mata merupakan organ penting bagi manusia. Oleh karenanya harus selalu dijaga mulai dari sejak dini. Termasuk juga dalam hal ini usia bayi, usia yang masih rentan akan serangan virus, bakteri atau jamur dari mana saja dan kapan saja. Bayi masih sangat rentan dan sensitif, termasuk salah satunya pada organ mata, yaitu sensitif terhadap gerakan, cahaya, ataupun terhadap benda / zat yang akan masuk ke mata. Selain itu, radiasi perangkat elektronik juga memberikan dampak negatif terhadap mata di usia bayi. Jika organ mata mengalami gangguan sejak bayi, maka nantinya bisa berimbas hingga dia dewasa. Gangguan mata yang kecil dapat berakibat fatal jika dibiarkan, sehingga mengurangi kemampuannya dalam melihat secara visual.

Gangguan mata pada bayi tidak bisa dihindarkan begitu saja. Contoh gangguan yang biasanya bisa dialami pada mata bayi antara lain kelilipan (mata kemasukan debu), iritasi mata ringan maupun berat (gatal, mata merah), mata berair (belek), dan lainnya. Sebagai orangtua yang memiliki bayi disarankan melakukan beberapa hal untuk meminimalkan terjadinya sakit mata pada bayi, antara lain:

  1. Menjauhkan bayi dari jangkauan debu

Hal ini dilakukan agar mata bayi terlindung dari serangan debu yang bisa mengakibatkan iritasi pada mata.

  1. Mencegah tangan bayi kontak langsung ke matanya

Hal ini dilakukan agar meminimalkan virus atau bakteri berpindah dari lingkungan sekitarnya ke mata atau dari tangan bayi ke matanya.

  1. Meminimalkan penggunaan alat elektronika yang menimbulkan radiasi cahaya

Contohnya tidak menggunakan gadget smartphone dengan cahaya layar yang sangat terang, atau penggunaan blitz kamera.

Sakit mata pada bayi biasanya diawali dari tanda perilaku bayi yang sering mengucek-ucek mata. Bayi merasakan ada sesuatu gangguan di matanya sehingga ada respon gatal, perih, atau sakit di matanya. Hal ini jika dibiarkan atau tidak segera diketahui oleh orang tua akan menimbulkan dampak yang serius dan fatal bahkan cacat mata yang permanen.

Jika bayi sudah terlanjur menunjukkan tanda-tanda sakit mata, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati sakit mata untuk bayi, antara lain:

Sakit Mata Pada Bayi

  1. Menjaga kebersihan mata bayi

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan mata bagian luar menggunakan kapas dan air hangat. Biasanya kotoran berupa belek yang menyebabkan mata bayi menjadi lengket sehingga sulit untuk dibuka dan menghalangi penglihatan matanya. Selain itu, agar mata bayi tetap terjaga kebersihannya, orang tua harus berupaya menghindarkan bayinya dari kontak debu secara langsung. Caranya dengan menutup wajah bayi dengan kain bersih atau alat lain yang sesuai.

  1. Mengompres mata bayi

Jika iritasi mata menghasilkan belek yang cukup banyak dan membuat mata bayi jadi lengket, perlu dilakukan pengompresan mata bayi dengan kapas yang dibasahi air hangat. hal ini bertujuan agar belek yang menempel bisa dibersihkan dengan mudah. Lakukan secara berulang agar iritasinya sedikit demi sedikit berkurang.

  1. Pemijatan untuk membantu membuka saluran air mata yang tersumbat

Bayi yang berusia kurang dari 7 bulan memiliki saluran air mata yang belum terbuka secara sempurna. Jika saluran air mata tersumbat maka perlu dilakukan pemijatan. Cara yang dilakukan dengan menggerakkan ibu jari tangan mulai dari pangkal hidung bayi (tepi mata sebelah dalam) ke arah hidung (ke arah bawah). Pijat hidung bayi ini bisa dilakukan 2 – 3 kali sehari. Saat memijat tidak perlu menekannya dengan kuat, cukup dengan menggosok  atau mengusapnya secara perlahan.

  1. Tidak menggunakan obat tetes mata sembarangan

Mata bayi sangat sensitif terhadap apa pun. Begitu pun saat mata bayi sakit. Jika hal ini terjadi, orang tua tidak disarankan menggunakan obat tetes mata sembarangan tanpa resep dokter, karena dikhawatirkan bisa mengakibatkan resiko tinggi terhadap kerusakan mata bayi.

  1. Memberikan konsumsi air susu ibu (ASI) sesering mungkin

Tujuan pemberian ASI disini adalah berupaya meningkatkan imunitas tubuh bayi. Dengan sistem kekebalan tubuh yang baik, maka bayi bisa lebih cepat sembuh dari sakit mata yang dideritanya.

  1. Berkonsultasi dengan dokter yang kompeten

Jalan terbaik jika orang tua berpengalaman terhadap sakit mata buah hatinya adalah melakukan pemeriksaan bayi ke dokter yang kompeten, sehingga bisa diketahui solusi pengobatan yang efektif dalam menyembuhkan sakit mata bayi.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top