Olahraga

Penyebab Pusing Saat Kita Olahraga

Olahraga merupakan salah satu cara yang paling bagus untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Dengan berolahraga, tubuh akan selalu bergerak sehingga elastisitas otot tubuh dapat terjaga dengan sangat baik. Selain menjaga elastisitas otot, olahraga akan secara aktif membakar lemak yang akan menghindarkan Anda dari resiko kegemukan. Dengan olahraga yang cukup teratur, tentu Anda juga bisa mendapatkan bentuk tubuh ideal sesuai dengan keinginan. Namun, terkadang kita mendapati beberapa gangguan terjadi saat melalukan aktivitas olahraga. Salah satu gangguan yang sering terjadi adalah kepala yang tiba-tiba terasa pusing. Kepala yang pusing saat melakukan olahraga tentu saja sangat mengganggu dan membuat olahraga yang Anda lakukan menjadi kurang maksimal. Sebenarnya, apa penyebab pusing yang terjadi saat kita berolahraga? Berikut ada beberapa hal terkait penyebab pusing saat kita olahraga yang sebaiknya diwaspadai.

Penyebab Pusing Saat Kita Olahraga.2

Sponsor : cream perawatan wajah

  1. Dehidrasi

Salah satu penyebab utama dari pusing yang melanda saat Anda sedang berolahraga adalah karena dehidrasi. Dehidrasi adalah keadaan tubuh dimana tubuh kekurangan cairan yang menjadikannya lemas dan tidak bertenaga. Dehidrasi yang melanda saat berolahraga akan membuat Anda kehilangan tenaga terlalu banyak sehingga pusing tidak dapat dihindarkan. Pusing yang terjadi saat berolahraga karena dehidrasi biasanya akan terjadi saat Anda melakukan beberapa olahraga tertentu, seperti futsal, lari, dan lainnya. Untuk langkah pencegahan, tentu saja Anda harus mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh. Konsumsi air yang cukup saat berolahraga. Jangan sungkan untuk beristirahat saat berolahraga untuk sekedar minum. Anda disarankan untuk mengkonsumsi air yang memiliki rasa, seperti jus atau teh manis.

  1. Kadar gula yang rendah

Kadar gula rendah menjadi penyebab lain kenapa Anda sering pusing saat berolahraga. Kadar gula yang rendah juga akan menyebabkan tubuh lebih mudah kehilangan tenaga, terutama saat Anda sedang melakukan beberapa gerakan olahraga. Dengan demikian, tenaga tubuh yang habis membuat tubuh menjadi lebih rentan untuk terkena beberapa gangguan, termasuk pusing. Rendahnya kadar gula ini salah satunya disebabkan oleh pola konsumsi yang kurang sehat. Biasanya, seseorang cenderung kurang memperhatikan pola konsumsi makanannya atau malah tidak mengkonsumsi apapun sebelum melakukan olahraga. Padahal, jika olahraga yang dilakukan cenderung berat, kondisi ini tentu saja berbahaya. Nah, untuk tindakan pengobatan, Anda dapat meminum air kelapa asli yang mengandung senyawa aktif untuk meningkatkan kadar gula tubuh dengan segera.

  1. Tekanan darah rendah

Penyebab lain dari pening dan pusing yang sering terjadi saat Anda melakukan olahraga harian adalah tekanan darah yang rendah. Ini merupakan salah satu gangguan tubuh yang sering diderita oleh banyak orang. Tidak hanya saat berolahraga, seseorang yang menderita tekanan darah rendah akan merasa pusing saat berdiri setelah terlalu lama duduk. Perlu diketahui bahwa tekanan darah tubuh seharusnya mendekati 120/80 untuk dikatakan normal. Namun, dalam beberapa kasus, seseorang hanya memiliki tekanan darah 90/60 yang tentu saja akan membuatnya menjadi lebih mudah lelah dan pusing. Nah, coba periksa tekanan darah Anda terlebih dahulu. Jika terbukti Anda memiliki tekanan darah yang rendah, maka lakukan tindakan pencegahan, seperti mengubah gaya konsumsi Anda.

  1. Nafas yang tidak teratur

Saat melakukan beberapa aktivitas olahraga, seringkali kita bernafas dengan tidak teratur. Beberapa aktivitas olahraga, seperti plank atau squat membuat kita beberapa saat menahan nafas. Nah, menahan nafas dan bernafas dengan tidak teratur inilah salah satu penyebab kenapa Anda pusing saat melakukan olahraga. Kita tentu paham bahwa oksigen merupakan hal yang sangat penting untuk tubuh. Kebutuhan akan oksigen tentu harus selalu dipenuhi agar proses metabolisme tubuh berjalan dengan sangat baik. Namun, nafas yang tidak teratur sebagaimana dijelaskan tadi membuat otak kekurangan oksigen untuk memicu proses metabolisme tubuh. Selain itu, gerakan olahraga yang lebih aktif membutuhkan lebih banyak asupan oksigen. Kekurangan oksigen di dalam otak inilah yang menyebabkan Anda sering merasa pusing saat berolahraga.

  1. Perut yang kosong

Tidak dipungkiri bahwa aktivitas olahraga yang Anda lalukan membutuhkan energi yang tidak sedikit. Tentu hal ini dikarenakan tubuh bergerak lebih aktif saat berolahraga dibandingkan dengan aktivitas normal. Nah, jika Anda sering pusing saat berolahraga, salah satu penyebabnya adalah perut yang kosong. Perut yang kosong atau tidak terisi makanan secara cukup tentu saja akan membuat Anda kekurangan energi. Kekurangan energi inilah yang membuat Anda lebih cepat lemas dan sering merasa pusing. Oleh karena itu, sebelum berolahraga, pastikan jika perut Anda sudah terisi dengan makanan bernutrisi dan bergizi tinggi. Melakukan olahraga dengan keadaan perut yang kosong adalah dilarang terutama jika Anda hendak melakukan olahraga yang tergolong berat.

Beberapa poin di atas menjelaskan bahwa pusing saat melakukan olahraga merupakan salah satu hal yang sebenarnya wajar terjadi. Tentu, pusing yang tiba-tiba menyerang akan membuat olahraga menjadi kurang maksimal dan efeknya Anda pun tidak akan mendapatkan manfaat dari aktivitas yang Anda lakukan. Kenali penyebab pusing saat berolahraga dengan baik dan lakukan beberapa tindakan pencegahannya dengan tepat. Tubuh yang prima tentu akan membuat olahraga semakin menyenangkan untuk dilakukan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top