Career Tips

PELUANG USAHA PARA PELAJAR

Saat ini mulai banyak bermunculan para pelajar yang menjalankan bisnis atau peluang usaha. Terutama para siswa dan siswi yang saat ini duduk di bangku sekolah SMA atau SMK. Banyak sekali pelajar yang menjalankannya dengan alasan menambah uang jajan sekolah, meringankan beban kedua orang tua mereka dan juga ada yang beralasan untuk menambah penghasilan dan pengalaman.

PELUANG USAHA PARA PELAJAR

Peluang usaha bagi pelajar ini tidak akan salah dijalankan selama tidak ilegal. Berikut ini beberapa peluang bisnis yang bisa dijalankan oleh para pelajar di sela-sela waktu kegiatannya dalam belajar:

  1. BIMBINGAN BELAJAR ATAU LES PRIVAT

Terutama para pelajar yang saat ini berada di level pendidikan SMA, dapat memberikan sedikit ilmu kepada adik-adik tingkat yang berada di bangku SD atau pun SMP melalui les privat di rumah. Tawarkan jasa membantu dan membimbing belajar ini dimulai dari tetangga terdekat. Cukup berikan saja pelajaran dasar semacam matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris atau pelajaran lainnya yang dikuasai. Dengan begitu dapat dipastikan para wali siswa akan memberikan upah atas pelajaran yang sudah diberikan bagi anaknya.

  1. MENJUAL PULSA

Pulsa ada kebutuhan yang harus dipenuhi bagi mereka yang memiliki alat komunikasi berupa handphone. Tidak peduli apapun jenis handphonenya, yang pasti butuh pulsa. Peluang inilah yang bisa diambil, yaitu dengan menawarkan produk jualan pulsa kepada teman terdekat, bapak ibu guru, atau tetangga. Kebutuhan seperti halnya telepon atau sms atau apapun itu pasti membutuhkan pulsa maka dari itu bisnis berjualan pulsa bisa menjadi alternatif jawaban untuk mendapatkan uang tambahan. Saat berjualan pulsa harus ada keberanian untuk meminta uang pembelian pulsa agar tidak sampai banyak dihutang, mengingat keuntungan yang ada tidak terlalu besar per jenis pulsa yang dijual.

  1. PENULIS

Bagi pelajar yang memiliki hobi sebagai penulis, maka langkah satu ini bukanlah langkah yang salah. Seorang siswa dapat mencoba menjadi penulis artikel, membuat blog, atau menulis sebuah novel yang bisa dipasarkan di dunia internet. Bahkan juga anda bisa menjadi penulis lepas seperti pada umumnya.

  1. USAHA BENGKEL MOTOR KECIL-KECILAN

Peluang usaha atau bisnis seperti ini sangatlah cocok bagi kalian siswa atau siswi SMK. Karena di SMK ada jurusan seperti teknik kendaraan ringan, teknik sepeda motor, atau teknik pemesinan. Memulai bisnis ini bisa dilakukan bersama-sama teman sejurusan atau juga bisa ikut bekerja pada orang lain yang memiliki bengkel sepeda motor. Selain mendapatkan uang juga pasti bisa dapat pengalaman.

  1. JASA PENGINSTALLAN DAN UPDATE SOFTWARE SERTA MAINTENANCE

Bagi yang berstatus para pelajar SMK di bidang teknologi informasi dan komunikasi, yang berhubungan dengan perangkat lunak maupun piranti keras, dapat melakukan usaha sesuai dengan kemampuan berupa jasa instalasi software atau jasa perbaikan laptop, komputer dan gadget lainnya. Usaha ini bisa dijalankan di rumah atau menerima panggilan jika ada yang membutuhkan. Sama dengan yang lain, selain mendapatkan pengalaman, juga mendapatkan sedikit upah untuk kalian pergunakan sebagai tambahan uang saku.

  1. BISNIS KULINER

Bagi  para siswa dan siswi SMK yang mengambil jurusan tata boga di sekolah, pasti berjualan atau berbisnis kuliner atau masakan sudah tidak asing lagi. Tidak hanya siswa SMK, semua yang punya passion memasak bisa mencoba menekuni dengan serius berjualan dalam menjalankan bisnis kuliner tersebut. Cara yang bisa ditempuh dalam berusaha kuliner adalah dengan menerima pesanan masakan atau kue-kue. Selain itu, juga bisa menggandeng beberapa toko kue untuk memasarkan produk kue yang ingin dijual.

Apa pun jenis usahanya, yang penting bisa dijalankan dengan serius. Memulai usaha tidak harus dengan modal uang yang besar, melainkan wajib dijalankan dengan usaha yang maksimal.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top