Olahraga

Olahraga Khusus Penderita Diabetes

Mendapatkan vonis sebagai penderita diabetes merupakan salah satu kenyataan yang cukup berat untuk diterima. Hal ini dikarenakan diabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup serius dan juga dapat menurunkan kesehatan tubuh secara konstan. Penderita diabetes akan merasa lemas dan kekurangan tenaga untuk melakukan aktivitas secara normal. Nah, salah satu cara yang cukup efektif untuk mengembalikan kebugaran bagi Anda yang menderita diabetes adalah dengan melakukan beragam jenis olahraga. Olahraga adalah salah satu hal yang cukup efektif untuk meringankan beban anda. Dengan melakukan olahraga secara rutin, tubuh Anda akan menjadi lebih sensitive terhadap insulin dan metabolisme Anda akan senantiasa lebih stabil. Nah, mari kita simak beberapa olahraga khusus penderita diabetes yang bisa Anda lakukan dengan cukup mudah di rumah.

Olahraga Khusus Penderita Diabetes.2

Sponsor : cream pemutih wajah

  1. Berenang

Berenang adalah salah satu olahraga yang cukup sempurna untuk Anda yang menderita diabetes, baik itu diabetes tipe 1 atau tipe 2. Dengan berenang secara teratur setidaknya setiap dua hari sekali, tubuh Anda akan terasa lebih ringan dan Anda akan menjadi lebih aktif daripada sebelumnya. Selain itu, renang juga merupakan salah satu olahraga yang cukup menyenangkan dan bisa dilakukan dengan santai. Manfaat lain dari berenang adalah meningkatnya kebugaran kardiovaskular yang akan meningkatkan supply oksigen di dalam darah serta memompa darah lebih baik ke seluruh tubuh. Nah, cobalah untuk melakukan olahraga ini di sela waktu Anda. Anda tidak perlu waktu yang lama untuk berenang. Cukup 30 menit saja setiap sesi namun lakukan dengan teratur.

  1. Hiking

Jenis olahraga lain yang cocok untuk Anda yang menderita diabetes adalah hiking. Hiking adalah salah satu cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan tubuh Anda dengan cukup efektif. Melakukan hiking akan membakar kalori Anda dengan cepat sehingga Anda akan mendapatkan berat badan yang ideal yang tentu saja membebaskan Anda dari diabetes. Nah, Anda bisa memasukkan hiking sebagai salah satu olahraga yang harus Anda lakukan. Coba luangkan waktu Anda di akhir pekan untuk melakukan olahraga yang satu ini. Melakukan hiking 30 menit dapat membakar kalori hingga 240 kal dalam satu jam. Akan lebih baik jika Anda mengajak teman-teman Anda untuk hiking bareng sehingga olahraga ini akan nampak lebih menyenangkan untuk dilakukan. Lakukan dengan teratur dan rasakan perubahan yang terjadi pada tubuh Anda.

  1. Yoga

Tidak dipungkiri bahwa yoga menjadi salah satu olahraga favorite yang dilakukan setiap hari. Yoga adalah olahraga yang variatif dengan banyaknya gerakan kombinasi yang ada dan membuat Anda tidak bosan untuk melakukannya. Selain itu, yoga adalah olahraga yang membutuhkan konsentrasi tinggi sehingga bisa memacu Anda untuk melatih fokus dan menyehatkan otak. Dengan melakukan yoga secara teratur dalam waktu yang cukup lama, sistem pencernaan, sirkulasi darah dan juga kekebalan tubuh akan meningkat sehingga diabetes dapat dilawan. Yoga sangat bagus dilakukan terutama untuk memacu Anda memiliki gaya hidup yang lebih sehat karena dengan yoga Anda akan bergerak lebih banyak dan lebih aktif. Coba cari beragam menu yoga yang dapat dengan mudah Anda lakukan dan berolahragalah setidaknya setiap dua hari sekali.

  1. Angkat beban

Jenis olahraga lain yang mampu membuat kondisi tubuh Anda merasa lebih baik dari diabetes adalah angkat beban. Nah, angkat beban ini adalah salah satu olahraga yang akan meningkatkan kekuatan otot Anda. Dengan melakukan olahraga angkat beban sebanyak 2 hingga 3 kali setiap minggu, otot tangan akan menjadi lebih kencang dan lemak yang menumpuk dapat dikurangi dengan signifikan. Manfaat lain yang akan Anda peroleh dari olahraga angkat beban in adalah menjaga kepadatan tulang. Kita tahu, salah satu ancaman penderita diabetes adalah osteoporosis yang tentu saja cukup membahayakan diri anda. Oleh karena itu, coba pergi ke gym dan lakukan olahraga ini dengan bimbingan trainer untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar.

  1. Peregangan

Melakukan peregangan bagi seorang penderita diabetes adalah salah satu cara yang cukup tepat untuk menjaga kebugaran tubuhnya. Peregangan yang Anda lakukan akan sangat bermanfaat untuk membakar kalori yang menumpuk di dalam tubuh serta meredakan nyeri otot yang sering Anda alami karena pengaruh diabetes. Ada banyak jenis peregangan yang bisa Anda lakukan baik dirumah atau di gym. Akan sangat tepat bila Anda bergabung dengan sebuah komunitas untuk melakukan peregangan khusus diabetes secara bertahap dan kontinu. Minimal, untuk hasil maksimal yang ingin Anda dapatkan, Anda perlu melakukan olahraga ini setidaknya 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Namun tentu saja Anda harus berhati-hati dalam melakukan olahraga ini untuk menghindari terjadinya cedera.

Olahraga khusus diabetes dapat diandalkan untuk meminimalkan efek buruk dari penyakit diabetes yang menyerang dan mengganggu kesehatan Anda. Dengan olahraga khusus tersebut, Anda akan mendapatkan kebugaran yang lebih yang membawa kondisi tubuh Anda pada level yang lebih baik. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, lakukan olahraga tersebut secara teratur sesuai dengan porsi tubuh Anda. Perhatikan pula asupan makanan yang Anda konsumsi karena pola makan juga berpengaruh terhadap kesehatan kita.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top