Olahraga

Mengenal Senam Bangku Dan Manfaatnya

Berolahraga merupakan cara efektif untuk menjaga kesehatan tubuh. melakukan olahraga secara teratur akan membuat tubuh lebih bugar. Tak hanya itu, racun yang ada di dalam tubuh dapat dikeluarkan dengan mekanisme keringat. Akan tetapi, tidak semua orang dapat melakukan olahraga dengan baik dan teratur. Salah satu alasannya adalah tidak adanya waktu untuk berolahraga. Alasan ini terutama dikeluhkan oleh para pekerja kantoran yang harus berangkat ke kantor pagi buta dan pulang saat petang menjelang. Namun, kini Anda sebagai pekerja kantoran, tidak perlu risau lagi. Ya, sudah banyak bermunculan beberapa senam bangku yang dapat Anda lakukan di sela-sela pekerjaan Anda. Senam ini sangat bermanfaat karena selain mudah di lakukan dikantor, juga memberikan manfaat yang cukup bagus bagi kesehatan tubuh. Yuk, mengenal senam bangku dan manfaatnya untuk pekerja kantoran.

Mengenal Senam Bangku Dan Manfaatnya.2

Sponsor : kezia skin expert

  1. Chair dips

Salah satu senam bangku yang cukup mudah untuk dilakukan oleh pekerja kantoran adalah chair dips. Seperti namanya, senam yang satu ini menggunakan kursi kantor sebagai alat untuk berolahraga. Untuk melakukan senam ini, pastikan Anda memiliki kursi kantor yang cukup kuat karena kursi akan menjadi tumpuan dari senam yang akan Anda lakukan. Cara melakukan senam ini sangat mudah. Posisikan tubuh membelakangi kursi kerja. Pegang lengan kursi tersebut dan ambil posisi yang nyaman untuk pegangan. Setelah itu, tekuk lutut Anda juga dengan posisi yang nyaman sesuai dengan postur Anda. Nah, untuk senam, Anda hanya perlu menaik turunkan lengan Anda selama beberapa menit. Senam ini sangat bermanfaat untuk meredakan nyeri terutama pada bagian punggung belakang setelah lama duduk di belakang meja.

  1. Table sit

Ide senam bangku kedua yang dapat Anda lakukan dengan mudah di ruang kerja Anda adalah table sit. Ya, ini merupakan salah satu ide senam yang sangat cocok untuk para pekerja kantoran. Bagaimana cara melakukan senam yang satu ini? Nah, dalam ide ini, Anda akan menggunakan meja sebagai tumpuan utama untuk melakukan senam. Caranya adalah cari meja yang cukup lebar dan luas yang dapat menampung tubuh Anda. Lakukan gerakan seperti orang yang duduk dengan kaki menekuk. Permukaan meja yang rata dapat menjadi tumpuan yang pas bagi punggung belakang Anda. Nah, tahan posisi Anda selama sekitar satu menit dan lakukan 3 hingga 5 kali. Gerakan senam ini juga cukup membantu untuk meredakan nyeri punggung. Selain menggunakan meja, Anda dapat menggunakan dinding untuk tumpuan.

  1. Desk push up

Desk push up menjadi ide lain dari senam bangku bagi pekerja kantoran yang cukup mudah untuk dilakukan. Kita tahu bahwa push up merupakan salah satu senam lantai yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Dengan melakukan push up secara teratur, otot lengan akan semakin kuat dan juga tubuh akan menjadi lebih ringan. Push up juga dapat secara efektif membakar kalori yang mengendap di dalam tubuh. Nah, cara melakukan desk push up ini terbilang sangat mudah. Anda hanya perlu melakukan push up seperti biasanya. Hanya saja, tumpuan push up yang biasanya menggunakan lantai diganti dengan menggunakan meja. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki meja yang cukup kuat sebagai penopang. Lakukan ide senam ini setidaknya saat Anda sedang berada di jam istirahat. Tidak perlu lama-lama, lakukan sekitar 5-10 menit secara teratur.

  1. Air plane pose

Melakukan senam air plane pose atau sikap pesawat terbang merupakan ide senam unik yang dapat menjadi variasi olahraga mudah bagi pekerja kantoran. Ide olahraga ini selain mudah dilakukan juga akan memberikan beberapa manfaat cukup bagus bagi kesehatan tubuh secara umum. Untuk melakukannya, Anda akan membutuhkan meja sebagai tumpuan tangan, sehingga pastikan bila meja Anda cukup kuat. Nah, untuk melakukannya, bungkukkan badan dengan tangan bertumpu pada permukaan meja. Setelah itu angkat salah satu kaki dan luruskan kaki tersebut hingga menyerupai bentuk pesawat. Rentangkan kaki secara perlahan hingga otot-otot paha akan terasa tertarik. Lakukan beberapa menit lalu ganti dengan kaki satunya. Senam ini akan sangat efektif membantu melancarkan peredaran darah terutama pada bagian kaki bagi Anda yang terlalu lama duduk.

  1. Chair leg

Ide senam terakhir yang cukup mudah dilakukan oleh seorang pekerja kantora adalah chair leg. Nah, untuk olahraga yang satu ini, Anda akan menggunakan kursi sebagai alat bantu namun sebenarnya Anda juga bisa menggunakan meja, tetapi terlihat kurang sopan. Chair leg ini cukup mudah untuk dilakukan. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu duduk di kursi Anda dengan santai. Lalu, angkat kedua kaki Anda secara bersama-sama secara perlahan. Lakukan gerakan mengangkat kedua kaki ini minimal 20 kali. Tentu akan lebih baik jika Anda melakukannya dengan jumlah yang lebih banyak. Nah, manfaat dari chair leg ini adalah Anda dapat menguatkan otot di sekitar perut dan juga paha. Sangat bagus bagi Anda yang ingin memiliki tubuh yang nampak selalu kencang.

Beberapa ide di atas menunjukkan bahwa Anda masih dapat melakukan olahraga mudah di sela waktu Anda bekerja. Lakukan beberapa ide senam tersebut secara teratur. Meski kerja di dalam kantor, bukan berarti Anda tidak melakukan olahraga bukan?

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top