Manfaat Buah

MANFAAT BUAH PEPAYA UNTUK KESEHATAN

Siapa yang tidak kenal buah pepaya? Jenis buah tropis ini biasa ditemui di pelataran, terutama di daerah pedesaan. Buah pepaya ini sendiri memiliki nama Latin yaitu carica papaya dan juga buah ini termasuk ke dalam familia caricaceae. Buah pepaya ini sendiri berasal dari daerah Meksiko, Amerika. Sejatinya buah pepaya yang telah matang akan berubah menjadi berwarna orange atau merah muda. Rasanya buahnya cukup manis dan mengandung banyak sekali air. Pohon buah pepaya ini termasuk ke dalam tanaman yang mudah tumbuh sehingga buahnya juga mudah didapatkan untuk dikonsumsi. Buah pepaya memiliki segudang manfaat yang tidak bisa dianggap remeh. Dengan banyaknya kandungan zat yang bermanfaat, buah ini cukup bagus dikonsumsi. Dengan buah yang cukup mudah didapatkan dan harganya yang murah, pepaya bisa dikonsumsi untuk kesehatan tanpa menyebabkan kantong bolong.

                Nutrisi merupakan hal yang penting saat mengkonsumsi suatu makanan. Termasuk saat mengkonsumsi buah, nutrisi menjadi pertimbangan utama. Banyaknya khasiat yang terdapat dalam buah pepaya ini, karena mengandung banyak zat

MANFAAT BUAH PEPAYA UNTUK KESEHATAN

  • VITAMIN A ( 1.750 IU )
  • RIBOFLAVIN ( 0.04 mg )
  • NIACIN ( 0.3mg )
  • VITAMIN B ( 0.03mg )
  • LEMAK ( 0.1gr )
  • KALSIUM ( 20mg )
  • KARBOHIDRAT ( 10gr )
  • VITAMIN C ( 56mg )
  • PROTEIN ( 0.6gr )
  • ZAT BESI ( 0.3mg )
  • KALORI ( 39mg )
  • FOSFOR ( 16mg )
  • KALIUM ( 470mg )

                Semakin banyak nutrisi yang terkandung di setiap buah yang ada maka akan semakin banyak pula manfaat yang akan diberikan. Berikut ini ialah beberapa manfaat buah pepaya untuk kesehatan ini untuk kesehatan tubuh manusia.

  1. MENGATASI GANGGUAN PENCERNAAN

Buah pepaya ini mengandung banyak sekali enzim papin dan serat yang berguna untuk  membantu mengatasi masalah lambung dan juga gangguan pencernaan, seperti halnya susah buang air besar dan juga sangat efektif untuk pencegahan wasir. Selain untuk mengatasi gangguan pencernaan, kandungan papin yang terdapat pada buah pepaya ini juga dapat membunuh parasit yang dapat menggangu aktivitas pencernaan di dalam usus.

  1. MENCEGAH FLU

Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah pepaya ini dapat juga untuk memperbaiki sistem imunitas di tubuh kita dan juga bisa untuk mencegah serangan dari penyakit seperti halnya batuk, pilek hingga kanker.

  1. MENJAGA KESEHATAN GINJAL

Selain juga buahnya, terdapat suatu bagian yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita yaitu ialah bijinya, biji buah pepaya ini juga mengandung banyak nutrisi penting yang dapat untuk menjaga kesehatan ginjal karena terdapat flavonoid dan juga phenotic .

  1. MENCEGAH SERANGAN JANTUNG DAN STROKE

Di dalam buah ini terdapat suatu kandungan yang berguna untuk mencegah dari penyakit serangan jantung dan juga penyakit stroke, yaitu kandungan antioksidan yang dapat untuk mencegah kksidasi Kolesterol dan juga dapat menurunkan resiko penyakit kardiovaskular.

  1. MEMPERTAJAM PENGLIHATAN

Bagi yang memiliki suatu kendala atau sedikit masalah pada bagian indra penglihatan, buah pepaya bisa menjadi salah satu solusi untuk mempertajam indera penglihatan. Buah pepaya baik dikonsumsi karena mengandung betakaroten yang jika dikonversikan bisa menjadi vitamin A, yang sangat berguna bagi kesehatan mata dan juga mempertajam indra penglihatan.

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top