Info Kedokteran

MANFAAT BERENANG BAGI IBU HAMIL

Renang adalah salah satu gerakan di dalam air yang dapat dilakukan oleh manusia maupun hewan. Pada umumnya hewan melakukan kegiatan berenang adalah untuk mencari mangsa, mendinginkan tubuh, perpindahan tempat atau habitat dan melakukan kehidupannya. Namun, beda dengan manusia. Manusia melakukan renang sebagai sarana berolah raga, rekreasi atau mencari sumber makanan yaitu ikan atau mencari sumber daya alam lainnya. Manusia dan juga hewan dapat melakukan berenang di sungai, danau dan kolam renang bahkan juga dapat berenang di laut. Berenang ini sendiri dapat dilakukan oleh siapa saja dan oleh kalangan mana saja, baik tua, muda dan anak-anak, bahkan juga bagi ibu hamil. Manfaat berenang bagi ibu hamil sangatlah banyak. Mulai dari untuk menjaga kebugaran fisik si ibu, bahkan juga mempermudah proses kehamilan. Berikut ini manfaat berenang bagi ibu hamil maupun bagi semua kalangan.

MANFAAT BERENANG BAGI IBU HAMIL

  1. MEMBENTUK OTOT TUBUH

Banyak sekali manfaat renang bagi ibu hamil, maupun bagi semua kalangan. Berikut manfaat yang pertama yaitu, sebagai pembentukan otot tubuh, manfaatnya bagi ibu hamil adalah jika ada pembentukan otot di masa kehamilan, menjelang kelahiran maka itu akan membantu dalam proses persalinan. Karena banyak sekali pembentukan otot yang berguna sebagai pendorong keluarnya sang bayi dan juga penguat bagi ibu hamil.

  1. MENGONTROL DAN MENURUNKAN BERAT BADAN

Manfaat yang lainnya adalah untuk mengontrol dan menurunkan berat badan. Bagi ibu hamil sendiri jika berada pada masa kehamilan pasti, para ibu hamil memiliki berat badan yang agak gendut. Memang wajar namun, lebih baik jika sang ibu dapat mengontrol penambahan dan pengurangan berat badan dengan demikian, maka kesehatan ibu dan anak akan terjamin dan tidak menyebabkan obesitas dan penyakit lainnya.

  1. MENJERNIHKAN PIKIRAN

Jangan salah dengan kita berenang maka, akan menimbulkan efek positif bagi tubuh . Selain itu juga dengan kita berenang dapat menjernihkan pikiran Kita, agar tidak stres. Sama halnya dengan para ibu hamil, dengan berenang maka pikiran serta jiwa sang calon ibu akan jernih, bebas stres bahkan juga dapat menenangkan jiwa sang ibu dan bayi. Agar tidak gugup, stres dan lainnya saat akan menjalani persalinan.

  1. MENYEHATKAN JANTUNG

Dengan kita melakukan berenang maka juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, khususnya untuk kesehatan jantung kita dan berenang sendiri juga bisa menguatkan otot-otot dalam organ jantung kita. Selain itu dengan kita berenang juga bisa memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh. Untuk ibu hamil manfaatnya juga sama menyehatkan jantung, mengapa demikian karena ini juga akan melatih jantung agar tidak terlalu kencang dan tidak drop saat akan menjalani persalinan. Selain itu juga dapat memperlancar sirkulasi darah ibu hamil pada saat mengandung sang buah hati.

  1. KESELAMATAN DIRI

Dengan kita mempelajari renang, maka jika sewaktu-waktu kita jatuh ke dalam laut , kita masih bisa menyelamatkan diri hingga bala bantuan datang, karena kita sudah bisa berenang. Sama halnya pada ibu hamil self safety seperti ini juga sangat bermanfaat, saat terjadi sesuatu maka sang ibu masih bisa menyelamatkan diri dan juga menyelamatkan calon sang buah hati.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top