Makanan Kesehatan

MAKANAN SEHAT UNTUK HATI

Dalam kehidupan manusia terdapat beberapa organ penting yang mendukung di kesehatan tubuh dalamnya. Salah satu organ penting yang dimiliki dianugerahkan Tuhan Yang Maha Esa kepada manusia adalah berupa hati, yang terletak di bawah tulang rusuk kanan. Hati memiliki peranan dalam menyaring segala jenis sesuatu yang masuk ke dalam tubuh manusia. Hati juga berperan dalam membersihkan darah dari racun yang ada dari luar atau sisa metabolisme tubuh manusia. Dalam hal pencernaan lemak, hati juga mengambil bagian di dalamnya. Banyaknya fungsi hati ini membuat keberadaannya menjadi bagian organ penting. Untuk bisa mempertahankan kondisi hati tetap sehat, perlu usaha yang dilakukan utamanya dengan memilih jenis makanan yang baik dan bersih. Intinya pilihlah makanan sehat untuk hati!

MAKANAN SEHAT UNTUK HATI

sponsor: produk pemutih wajah.

Ada beberapa makanan yang memberikan manfaat lebih untuk kesehatan hati. Makanan-makanan tersebut mengandung nutrisi penting yang bermanfaat demi menjaga hati tetap berada pada kondisi sehat.

  • Bawang

Secara awam, bawang merupakan salah satu jenis bumbu masakan dasar yang sering digunakan. Selain digunakan sebagai bumbu, bawang ternyata bisa dimanfaatkan sebagai makanan sehat untuk hati. Kandungan zat yang terdapat pada bawang yaitu alisin dan selenium, yang mampu membantu membersihkan hati. Bawang juga membantu melawan racun yang masuk ke ke pencernaan saat metabolisme dengan cara mengaktivasi beberapa enzim tubuh.

  • Alpukat

Alpukat atau avocado merupakan buah yang sehat, dengan kandungan asam lemak yang baik. Alpukat dapat membantu mempertahankan fungsi hati agar tetap baik saat mengkonsumsinya. Dengan menambahkan alpukat ke dalam menu diet, maka bisa membantu tubuh untuk memproduksi antioksidan yang dinamakan glutation. Glutation ini dapat membantu fungsi penyaringan hati.

  • Sayuran hijau

Mengkonsumsi sayur memang selalu dianjurkan sejak dini. Sayuran secara umum memang baik untuk pencernaan karena mengandung serat yang bisa memperlancar pencernaan. Selain manfaat tersebut, sayuran hijau juga bermanfaat dalam menghilangkan bahan kimia atau racun yang mungkin ada di makanan yang kita konsumsi. Jika rajin-rajin mengkonsumsi sayuran hijau maka bisa bersifat sebagai pelindung untuk organ hati.

  • Lemon

Lemon merupakan salah satu jenis buah jeruk. Buah ini mengandung vitamin C yang cukup banyak. Vitamin C ini selain sebagai antioksidan, juga bermanfaat sebagai makanan sehat untuk hati. Lemon dapat membantu menghilangkan racun di tubuh dan membantu proses pencernaan.

  • Apel

Buah apel mengandung serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Dalam hal manfaatnya bagi kesehatan hati, apel dapat membersihkan racun-racun di tubuh sekaligus menghilangkan racun di saluran pencernaan.

  • Minyak zaitun

Kandungan utama minyak zaitun yang cukup dikenal adalah adanya asam lemak tak jenuh berupa asam lemak omega 3 dan asam lemak omega 6. Kandungan inilah yang membuat minyak zaitun merupakan makanan sehat untuk hati, karena bisa membantu mencerna lemak serta menghilangkan racun di tubuh.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top