Career Tips

Cara Sukses Menghadapi Interview

Mendapatkan pekerjaan sesuai dengan harapan adalah keinginan banyak orang baik pria maupun wanita. Sebelum benar-benar bekerja di suatu instansi atau perusahaan, seseorang dihadapkan pada proses rekrutmen dengan mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan. Salah satu tahap sebelum benar-benar diterima menjadi karyawan perusahaan adalah menghadapi interview yang dilakukan oleh HRD. Agar bisa lolos dan bisa diterima bekerja, tentunya ada beberapa kiat dan rahasia cara sukses menghadapi interview HRD tersebut. Melalui tahap interview ini, akan bisa dilihat sisi pribadi, kemampuan komunikasi, motivasi dan passion kerja seseorang melalui jawaban-jawaban yang disampaikan berdasarkan pertanyaan yang dilontar oleh HRD perusahaan.

Cara Sukses Menghadapi Interview

Rahasia yang pertama adalah datang lebih awal saat interview akan dilaksanakan. Hal ini dilakukan menghindari keterlambatan yang mungkin terjadi karena suatu hal yang tidak terduga. Dengan datang lebih awal akan menunjukkan bahwa seorang pelamar menghargai waktu serta posisi pekerjaan yang dilamar tersebut, termasuk pula menandakan keseriusan kepada perusahaan yang mengundang interviewa kerja tersebut.

Interview HRD hendaknya bisa dilakukan dengan memperlihatkan kepercayaan diri. Hal ini bisa juga didukung dengan penampilan fisik, misalnya dilihat dari pakaian yang dikenakan. Diusahakan menggunakan pakaian yang rapi, sopan, bersih, bersepatu, yang menunjukkan kesan profesional. Saat memperkenalkan diri, hendaknya penyampaiannya dilakukan dengan kalimat yang sistematis dengan menunjukkan kontak mata. Jika pihak perusahaan menginginkan warna pakaian tertentu, sebaiknya mematuhi prosedur yang ditetapkan tersebut. Kepercayaan diri seseorang juga bisa dilihat dari jawaban-jawaban atas pertanyaan yang diberikan oleh HRD. Hendaknya jawaban tersebut bisa diberikan dengan kalimat yang lugas, tanpa bertele-tele dengan kalimat yang jelas dan tenang.

Berikutnya, rahasia interview adalah berhubungan dengan wawasan seseorang tentang perusahaan yang akan menjadi calon tempat kerjanya. Seseorang hendaknya mengetahui profil dari perusahaan yang dilamar tersebut. Selain itu, perlu pula mengetahui seluk beluk posisi pekerjaan yang dilamar. Jangan sampai saat ditanya tentang perusahaan dan posisi kerja memberikan jawaban tidak tahu, sehingga memberikan kesan negatif pada penilaian HRD. Pengetahuan mengenai perusahaan menjadi salah satu penilaian yang kuat dari perusahaan, sedangkan pengetahuan posisi pekerjaan akan menunjukkan kemampuan tugas dan tanggung jawab yang akan dilaksanakan nantinya.

Jika HRD menanyakan soal besaran gaji yang diminta dalam menduduki posisi pekerjaan tertentu, maka rahasia suksesnya adalah dengan memberikan jawaban yang normatif tanpa harus mengarah ke besaran nilai uang. Misalnya dengan menjawab sesuai dengan standar gaji perusahaan dan standar dari pemerintah. Perlu sekali menghindari jawaban yang terlampau muluk agar terhindar dari kesan negatif HRD.

Untuk mengantisipasi jika ada dokumen yang kuran, tidak ada salahnya membawa salinan dokumen penting kelengkapan melamar kerja.. contohnya fotokopi ktp, fotokopi ijasah dan transkrip, fotokopi KTP, pasfoto pribadi, fotokopi sertifikat dan pendukung data lainnya. Rahasia sukses menghadapi interview HRD yang penting adalah melakukan doa sebelum berangkat interview. Hal ini dilakukan agar proses interview yang akan dilaksanakan berjalan dengan lancar dan memberikan hasil yang terbaik dengan restu Tuhan YME.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top