Rambut ku

Cara Perawatan Rambut Berhijab

Pentingnya Menjaga kesehatan Rambut Bagi Wanita Berhijab. Bagi wanita muslimah, berhijab itu hukumnya wajib . Dimana tujuannya adalah untuk menutupi aurat yaitu bagian rambut kepala . Wanita yang berhijab harus menutupi rambut yang merupakan mahkota bagi wanita . Tapi bukan berarti rambut yang ditutupi harus diabaikan kesehatannya . Kesehatan Rambut bagi wanita berhijab justru harus lebih extra diperhatikan, karena wanita berhijab cenderung memiliki masalah rambut seperti rambut menjadi lembab, ketombe, rontok, rambut patah, bercabang, kulit kepala gatal dan sebagainya . Tentunya harus dilakukan perawatan secara extra supaya kesehatan rambut wanita berhijab selalu terjaga dengan baik. Perawatan extra untuk menjaga kesehatan rambut bagi wanita berhijab tidak harus mahal apalagi ribet, bisa dilakukan sendiri dirumah,  supaya rambut dan kulit kepala selalu sehat yaitu dengan perawatan rambut berhijab :

Cara Perawatan Rambut Berhijab

sponsor: kezia skin expert.

  1. Keramas Secara Teratur 2-3 Hari Sekali

Apabila tak sempat mencuci rambut (keramas) pada saat tertentu , taburkan bedak talk pada akar rambut , lalu pijat . Hal ini bertujuan untuk menyerap minyak yang ada pada kulit kepala , agar kulit kepala tetap segar dan sejuk sehingga tidak gatal. Jangan buru-buru menutup rambut dengan hijab dalam keadaan lepek berkeringat atau masih basah karena dapat menimbulkan masalah pada kesehatan rambut dan kulit kepala.

2. Pilih Shampo Yang Sesuai

Pilihlah shampo dengan jenis rambut dan kulit kepala, karena rambut berjilbab cenderung berminyak, maka sebaiknya pilih jenis shampo untuk rambut berminyak .

3. Pilih Produk Styling Yang Sesuai 

Untuk rambut halus gunakan styling formula mousse, rambut khusus dengan produk berbahan dasar silikon, dan rambut susah diatur dengan hairspray tipe strong-hold , untuk rambut keriting buat campuran setengah botol air dengan setengah botol conditioner lalu semprotkan ke rambut dan rapihkan dengan jari .

4. Style Mengikat Rambut Yang Mudah Ditata

Pilihan style mengikat rambut yang tepat dapat membuat nyaman meskipun sibuk beraktivitas .

5. Gunakanlah Hair Tonic

Selalu gunakan hair tonic setelah keramas.dan lakukan pijatan ringan pada kulit kepala, karena pijatan ringan ini dapat membantu melancarkan peredaran darah dan membantu penyerapan hair tonic pada kulit kepala.

6. Creambath Seminggu Sekali

Creambath seminggu sekali akan sangat membantu dalam menjaga kesehatan rambut apalagi kesehatan rambut bagi wanita berhijab, supaya rambut dan kulit kepala selalu mendapatkan nutrisi, serta menghindari kecenderungan menjadi lemab dan kulit kepala berketombe.

7. Gunakan Ratus Tuk Jaga Keharuman Rambut

Menggunakan hijab membuat rambut tertutup dan kerap menimbulkan bau yang tidak sedap karena lembab. Untuk itu, rambut dapat diratus setiap sebulan sekali agar lebih harum dan mengembang. Ratus adalah mengasapi rambut dengan campuran rempah dan bunga-bungaan, bahan-bahan ini bisa dibeli di salon-salon besar atau toko kosmetik.

Dan perhatikan kondisi rambut sebelum ditutupi dengan hijab :

  1. Sebelum mengenakan hijab, rambut harus dalam kondisi sudah kering, karena rambut yang masih basah atau lembab menyebabkan rambut menjadi rapuh, selain itu dapat menimbulkan ketombe dan gatal karena kulit kepala yang lembab.
  2. Untuk rambut yang panjang, jangan mengikat rambut terlalu kencang, karena akan menyebabkan rambut menjadi rapuh dan mudah patah.

Dan berikut adalah tips memilih bahan hijab, sebagai bagian dari perawatan rambut untuk wanita berhijab

  1. Pemilihan bahan untuk hijab, cukup berpengaruh terhadap kesehatan rambut, Pilih yang berbahan seperti kaos , katun atau spandek karena bahan-bahan tersebut sangat mudah menyerap keringat, sehingga dapat mencegah terjadinya kelembaban di rambut atau kulit kepala kita.
  2. Hindari menggunakan jilbab warna hitam atau gelap, khususnya di siang hari, karena warna hitam atau gelap sangat mudah menyerap sinar matahari, sehingga membuat rambut atau kulit kepala menjadi lebih panas.
  3. Hindari menggunakan jilbab yang berlapis-lapis, atau kalaupun berlapis jangan lebih dari empat lapisan, selain membuat kulit sulit bernafas, juga menyebabkan kulit kepala menjadi lembab.
  4. Jangan terlalu sering mengikat kerudung dibagian leher, karena menghambat udara masuk dan rambut susah bernafas.
0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top