Rambut ku

Cara Perawatan Kulit Kepala

Cara Perawatan Kulit KepalaRambut biasanya merupakan bagia penting yang menunjang penampilan seseorang, baik pria maupun wanita. Rambur yang sehat akan terlihat dari helaiannya dan akar rambut yang tumbuh di kulit kepala. Beberapa masalah rambut dan kulit kepala kerap kali muncul sehingga bisa mempengaruhi kesehatan rambut secara keseluruhan. Masalah ketombe salah satunya, merupakan masalah yang seringkali terjadi pada kulit kepala, yang bisa memicu pula terjadinya kerontokan rambut, karena akar rambut menjadi kurang sehat. Cara perawatan kulit kepala yang berketombe bisa dilakukan menggunakan bahan alami, tentu saja untuk lebih mendapatkan rambut sehat dan indah. Terjadinya ketombe biasanya muncul pada kulit kepala yang cenderung bersifat berminyak atau berkeringat. Kulit kepala yang terlalu lembab dengan adanya minyak atau keringat bisa memicu tumbuhnya jamur, serta membuat pula kotoran lebih mudah menempel. Sebagai usaha pencegahan dan mengatasi kulit kepala yang berketombe bisa dilakukan cara-cara sebagai berikut:

sponsor: kezia skin expert.

  1. Jeruk nipis

Salah satu varian buah jeruk ini memang terkenal cukup banyak manfaatnya. Tidak hanya digunakan untuk keperluan konsumsi, jeruk nipis bisa digunakan untuk perawatan kecantikan kulit dan rambut. Bagi kulit kepala yang ditumbuhi oleh ketombe, jeruka nipis bisa dijadikan alternatif solusinya. Cara penggunaan jeruk nipis untuk obat ketombe alami yaitu dengan cara memeras sari jeruk nipis pada kulit kepala dan megoleskannya hingga merata. Cara lainnya, bisa dengan memeras sari jeruk nipis terlebih dahulu, setelah terkumpul pada suatu wadah, cairan tersebut bisa dioleskan dengan merata di bagian kulit kepala hingga merata. Jeruk nipis yang bersifat asam biasanya akan menimbulkan efek perih pada kulit kepala, jika terdapat luka atau lecet akibat garuka pada kulit kepala.

Setelah dioleskan merata, kulit kepala dibiarkan hingga kurang lebih 30 menit. Tahap akhir, rambut dan kulit kepala bisa dibersihkan dengan berkeramas menggunakan shampo yang dilanjutkan tahap pembilasan hingga bersih.

  1. Cuka putih

Zat yang bersifat asam berikutnya yang bisa digunakan untuk perawatan kulit kepala yang berketombe adalah cairan asam cuka, atau cuka putih.bahan ini memiliki bau yang khas yang cukup menyengat. Cuka ini dipercaya bisa menghilangkan ketombe pada kulit kepala serta mampu membasmi jamur yang mungkin tumbuh pada kulit kepala sebagai pemicu awalnya terbentuknya ketombe. Cara penggunaan cuka putih ini yaitu dengan mencampurkan setengah gelas cuka putih dengan setengah gelas air hangat. Campuran larutan tersebut digunakan secara merata ke kulit kepala, dan dibiarkan semalaman. Keesokan paginya, rambut bisa dibersihkan dengan shampo, dan diakhiri dengan pembilasan sampai bersih.

  1. Fenugreek

Nama fenugreek sebagai bahan alami belum banyak didengarkan bagi orang awam pada umumnya. Bahan fenugreek ini didapatkan dari tanaman berasal dari India. Di Indonesia, fenugreek bisa dijumpai dengan istilah kelabat. Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan 2 sendok kelabat untuk direndam selama semalaman. Selanjutnya, fenugreek yang telah cukup lunak, kemudian dihaluskan. Bahan yang telah halus bisa langsung dibalurkan ke kulit kepala hingga merata, dan dibiarkan kuramg lebih 30 sampai 45 menit. Tahap akhir dilanjutkan dengan membersihkan kulit kepala dengan bershampo dan membilasnya hingga bersih.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top