Rambut ku

Cara Merawat Rambut Yang Benar

Cara Merawat Rambut Yang Benar

Rambut merupakan bagian tubuh yang mampu menunjang penampilan seseorang, baik bagi pria maupun wanita. Untuk mendapatkan penampilan yang baik, seseorang terkadang melakukan perawatan rambut dengan treatment khusus di salon. Dan untuk mendapatkan bentuk rambut sesuai yang diinginkan, biasanya dilakukan dengan styling yang beragam, mulai penggunaan hair spray, styling gel, melakukan pewarnaan, rebonding, pengeritingan rambut dan banyak lagi lainnya. Banyaknya aktivitas yang dilakukan oleh rambut akan membuat kondisinya terkadang mulai tidak sehat. Rambut yang sehat akan membuat lebih indah dan mudah dibentuk apa saja. Cara merawat rambut yang benar bisa dilakukan di rumah sehari-hari. Perawatan yang rutin dan intensif di rumah, selain untuk bertujuan menjaga rambut tetap sehat, juga bisa membuat lebih hemat.

sponsor: pemutih wajah.

  1. Mencuci rambut 2 hari sekali

Mencuci rambut seringkali dilakukan dengan menggunakan shampo khusus rambut. Mencuci rambut dilakukan dengan tujuan untuk membersihkan rambut dan kulit kepala dari kotoran, keringan atau minyak berlebihan. Mencuci rambut bisa dilakukan 2 hari sekali, agar tidak menghilangkan minyak alami di kulit kepala. Mencuci rambut dengan intensitas erlebihan justru akan memicu rambut menjadi lebih kering. Sebagaimana diketahui, shampo merupakan cairan pembersih rambut yang juga mengandung bahan kimia, yang jika digunakan berlebihan akan membuat rambut menjadi tidak sehat.

  1. Menggunakan bahan alami

Untuk merawat rambut, bisa melakukan beberapa treatment sederhana dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan sehari-hari. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan masker rambut. Masker rambut selain bisa dibeli praktis dengan berbagai merk tertentu, bisa pula dibuat dengan cara mudah dan dengan bahan yang murah. Bahan yang bisa digunakan, contohnya berupa putih telur, minyak zaitun, lidah buaya, alpukat, dan banyak lagi bahan alami lainnya. Pembuatannya bisa dipelajari dengan mudah.

  1. Memotong bagian ujung rambut

Ujung rambut biasanya memiliki sifat lebih kering dari pada yang berada di atasnya. Oleh karenanya, tidak heran jika ujung rambut seringkali terlihat kering, rapuh, merah, hingga menjadi bercabang. Cara mudah yang bisa dilakukan untuk menghilangkannya adalah dengan melakukan pemotongan pada bagian ujungnya. Pemotongan ujung rambut ini dilakukan seperlunya. Sebelum dipotong, rambut bisa dilihat dahulu kondisinya, apakah memang perlu dipotong atau tidak.

  1. Menggunakan produk perawatan rambut yang tepat

Produk-produk perawatan rambut kini sudah banyak sekali ragamnya. Bisa dilihat dari merk, jenis rambut,dan tujuan penggunaannya. Yang paling penting dalam memilih produk perawatan rambut adalah cocok atau sesuai dengan rambut. Hal ini dilakukan agar rambut menjadi lebih sehat, bukan malah sebaliknya yang justru membuat rambut semakin rusak. Sebagai saran, pilihlah shampo, kondisioner, gel, vitamin rambut yang sesuai dengan jenis rambut dan pastikan cocok. Jika sudah mendapatkan produk yang cocok, jangan sering berganti produk.

  1. Menjaga pola makan

Nutri bagi rambut tidak hanya diberikan dari luar saja melalui penggunaan serangkaian produk khusus untuk rambut. Rambut juga bisa mendapatkan nutrisi dari makanan yang sehari-hari dikonsumsi. Makanan yang turut serta memberikan nutri rambut adalah dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin E, vitamin B kompleks, dan vitamin C.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top