Rambut ku

Cara Merawat Rambut Berjilbab

Cara Merawat Rambut Berjilbab

Wanita muslim atau yang lebih akrab disebut sebagai muslimah, identik dengan menggunakan kerudung atau jilbab di bagian kepala untuk menutup auratnya. Seperti yang telah diketahui sebagai hukum akidah, kepala dan rambut merupakan bagian dari aurat wanita, sehingga harus dijaga dan dilindungi dengan cara ditutup dengan kain panjang. Secara umum, kepala dan rambut muslimah akan senantiasa tertutup terutama tatkala muslimah berada dan beraktivitas di luar rumah. Meskipun seringkali tertutup dari pengaruh lingkungan luar, rambut wanita juga tetap membutuhkan perawatan. Kesehatan rambut yang tertutup kerudung tidak boleh diabaikan. Hal ini karena rambut akan seringkali berkeringat dan berminyak bahkan lepek, akibat efek tertutup kain kerudung. Namun, demikian hal ini bukanlah menjadi masalah lagi, tuntunan agama tetap harus dilaksanakan, dengan tetap memberikan optimal pada rambut agar keindahan dan kesehatannya tetap terjaga. Cara merawat rambut berjilbab yang dapat dilakukan, antara lain:

sponsor: kezia skin expert.

  1. Mengeringkan rambut setelah keramas

Untuk menjaga kebersihan rambut, semua orang pasti akan berkeramas. Tak terkecuali pada rambut wanita pun demikian. Namun, yang perlu diperhatikan saat setelah keramas adalah mengeringkan rambut sebelum mengenakan kerudung atau jilbab. Pastikan rambut kering saat tertutu kerudung karena rambut yang basah atau lembab akan memicu tumbuhnya ketombe dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

  1. Mengikat dan mengurai rambut

Wanita muslimah yang memiliki rambut panjang pasti akan mengikat rambutnya ketika mengenakan kerudung. Gunakanlah ikat rambut dari bahan tebal dan tidak terlalu kencang saat mengikatnya. Hindari menggunakan karet gelang saat mengikat rambut. Saat berada di rumah, biarkan rambut terurai agar dapat beristirahat longgar.

  1. Menggunakan kerudung atau jilbab dari bahan menyerap keringat

Agar kulit kepala tidak terlalu berkeringat, maka perlu sekali untuk mengenakan bahan kerudung yang mampu menyerap keringat dengan baik. Hal ini dilakukan agar sirkulasi udara dalam kerudung tetap baik dan kepala tetap nyaman.

  1. Menggunakan warna kerudung atau jilbab yang cerah atau terang

Menggunakan warna kerudung atau jilbab yang terang atau cerah hendaknya dipilih bagi mereka yang memiliki aktivitas di luar ruangan. Warna gelap akan cenderung menyerap panas, sedangkan warna terang akan memantulkan panas.

  1. Menyisir rambut

Sebelum mengenakan kerudng dan setelah melepaskannya, rambut sebaiknya disisir agar tida kusut. Menyisir rambut dengan teratur mampu memperlancar aliran darah yang berada di bagian kepala.

  1. Rajin keramas dan mengecek kondisi rambut

Bagi yang rambutnya seringkali berkeringat, berminya sehingga lebih lembab, ada baiknya jika sering membersihkan kepala dengan keramas. Namun jika rambut yang dimiliki berjenis kering, cukup keramas 2 hari sekali, agar rambut tidak semakin kering.

  1. Bahan tambahan untuk perawatan rambut

Untuk mendapatkan rambut sehat, juga diperlukan tambahan nutrisi. Hal ini diperoleh melalui penggunaan tonik dan vitamin rambut, minimal seminggu sekali. Asupan makanan pun harus diperhatikan, dengan konsumsi makanan yang kaya protein dan vitamin dapat memberikan nutrisi rambut dari dalam sehingga tetap sehat dan indah.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top