Gaya Hidup

Cara Mengurangi Tagihan Listrik

Cara Mengurangi Tagihan Listrik

Hemat energi pasti akan berujung pada hemat biaya yang dikeluarkan. Begitupun yang berhubungan dengan penggunaan energi listrik hendaknya bisa dihemat dengan cermat dan tepat agar pengeluaran rutin juga bisa lebih diminimalkan. Cara mengurangi tagihan listrik bisa dilakukan dari hal-hal kecil yang sifatnya mungkin saja sepele bagi beberapa orang. Namun, jika hal tersebut dilakukan secara konsisten, penghematan bisa dirasakan cukup signifikan.

sponsor: produk pemutih wajah.

Menghemat energi listrik hendaknya dilakukan oleh setiap pengguna listrik yang ada di rumah. Semua anggota keluarga hendaknya memiliki tanggung jawab dalam penggunaan energi listrik. Harapannya, energi listrik bisa di hemat, dan biayanya bisa ditekan sewajarnya. Tidak hanya di rumah, energi listrik juga hendaknya bisa dihemat kapan saja dan di mana saja. Dengan menghemat penggunaan listrik, beban listrik harian tidak akan berlebihan, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya pemadaman bergilir oleh pihak PLN.

Cara yang bisa dilakukan untuk menghemat energi listrik sehari-hari antara lain:

  1. Tidak langsung menurunkan suhu AC seketika dihidupkan

Menggunakan ruangan ber-AC pasti cukup nyaman, dengan udara dingin yang ada di ruangan siapapun pasti betah berlama-lama di dalamnya. Cara melakukan penghematan pada penggunaan AC yaitu dengan mengatur suhu ruangan terlebih dahulu. Saat akan digunakan, siapkan ruangan minimal 1 jam sebelumnya. Ketika dinyalakan, stabilkan suhu ruangan terlebih dahulu sekitar suhu 24oC atau 25oC. Hindari menurunkan suhu AC seketika dihidupkan agar energi tidak bertambah secara signifikan.

  1. Mematikan peralatan elektronik saat tidak digunakan

Peralatan elektronik yang berada di rumah mungkin cukup banyak dan bervariasi. Contoh alat-alat elektronik rumahan yang sering ada antara lain televisi, radio – tape, penanak nasi, dispenser, dan banyak lagi lainnya. Ketika alat-alat listrik tersebut tidak digunakan, alangkah baiknya jika dimatikan dengan benar. Untuk lebih menghemat energi listrik, jangan mematikan peralatan listrik hanya dalam kondisi stand-by. Peralatan listrik yang hanya mati dalam kondisi stand-by masih mengkonsumsi energi listrik hingga 80% dari daya ketika hidup. Peralatan listrik yang sudah tidak digunakan bisa dilepas stop kontak atau colokannya. Atau jika tidak ingin repot mencabut colokan, bisa memanfaatkan penggunaan terminal listrik yang ada tombol on/off-nya. Seketika tidak digunakan, maka tinggal tekan tombolnya saja.

  1. Mencopot charger ketika tidak digunakan

Hal sepele yang seringkali terlewatkan adalah penggunaan charger yang sembarangan. Agar energi listrik lebih hemat, bisa dimulai dengan penggunaan charger yang efisien. Banyak gadget yang menggunakan baterai yang bisa diisi ulang. Adaptor dari alat pengisi ulang daya listrik gadget ini akan tetap memakan energi listrik jika tetap menancap pada terminalnya, meskipun tidak digunakan untuk melakukan isi ulang. Oleh karena itu, cara menghemat energi listrik yang patut untuk diperhatikan adalah melepaskan charger ketika tidak digunakan. Jangan biarkan charger tetap melekat pada terminal, karena selain bertujuan menghemat, hal ini dilakukan demi keamanan. Jika ujung charger dimainkan oleh anak-anak akan menimbulkan bahaya. Apalagi jika ujung charger dimasukkan mulut pada anak-anak, bisa saja menyebabkan kesetrum

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top