Motivation

Cara Menghindari Deadline Kerja

Dunia kerja saat ini menuntut kita harus rajin dan aktif. Dan dunia kerja juga tidak luput dari deadline yang bila tidak segera diatasi akan menumpuk satu per satu. Sebagai pekerja atau pengusaha, menentukan deadline bisa menjadi patokan agar seluruh pekerjaan tertarget dan selesai dengan cepat. Namun demikian, kadang hal-hal tak terduga bisa terjadi. Untuk mengaturnya, maka membutuhkan strategi yag tepat. Lalu apa yang dapat Anda lakukan sehingga dapat terhindar dari hal tersebut? Berikut cara menghindari deadline kerja :

Cara Menghindari Deadline Kerja

Sponsor: pemutih wajah

1. Jadwal

Cara mengatasi deadline yang pertama yaitu menulis semua deadline yang harus dikerjakan dan kalo bisa pekerjaan yang harus didulukan. Pernahkan Anda diminta untuk mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus dengan waktu yang berbeda? Kalo ia lebih baik buat jadwal yang sesuai dengan semua pekerjaan. Sertakan juga tanggal dan waktu tertentu untuk mengatasi semua pekerjaan yang harus diselesaikan.

2. Rencanakan pekerjaan

Setelah menulis hampir semua jadwal dan tenggat waktu, segerlarah rencanakan semua pekerjaan yang telah menyususul. Organisirlah mana saja pekerjaan yang memiliki urgensi (pekerjaan yang mendesak) dan dahulukan pekerjaan yang lebih penting dibanding pekerjaan lain. Dengan begitu, Anda mampu memprioritaskan pekerjaan yang harus terselesaikan dengan cepat.

3. Negosiasi tenggat waktu

Yang paling penting saat Anda berada pada waktu yang limit untuk menyelesaikan semua pekerjaan adalah minta perpanjaan waktu saat deadline pekerjaan tak mampu Anda selesaikan. Beberapa pekerjaan mendesak membutuhkan ketepatan waktu yang sesuai. Jika pekerjaan Anda mendekati deadline, negosiasikan pekerjaan dengan meminta tenggat waktu. Dengan memanfaatkan negosiasi, maka pekerjaan yang dianggap penting bisa saja dialihkan ke waktu-waktu berikutnya.

4. Katakan tidak

Kemampuan seseorang dalam menyelesaikan semua pekerjaan sangat berbeda satu sama lainnya. Jika Anda diminta untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan dalam tenggat waktu tertentu, maka katakan tidak jika Anda kurang yakin dan mampu untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Tidak ada salahnya Anda menolak tetapi dengan alasan yang benar-benar bisa ditolelir. Disamping itu, dengan katakan tidak akan membantu Anda mengatasi masalah dan menghindarkan pikiran stress yang berkepanjangan. Jika pikiran Anda terganggu, secara otomatis akan mempengaruhi aktifitas dan kualitas pekerjaan.

5. Meminta bantuan

Jangan takut atau sungkan untuk meminta bantuan pada rekan kerja jika pekerjaan Anda tersebut memungkinkan untuk membutuhkan bantuan.  Dengan meminta bantuan dari rekan, setidaknya semua pekerjaan Anda mudah terlesesaikan dan meringankan beban pekerjaan. Pastikan rekan kerja Anda memiliki waktu yang banyak untuk membantu menyelesaikan pekerjaan Anda.

6. Tetap tenang

Saat Anda gagal sekalipun dalma menyelesaikan pekerjaan setelah mendapatkan beberapa kali tenggat waktu, maka jangan pernah sibukkan diri Anda dengan emosi. Tetp tenang dan santai adalah hal yang harus dilakukan. Dengan mengatasi semua pekerjaan secara tenang, maka pikiran tetap fokus dan mudah terlesesaikan. Meski Anda gagal menyelesaikan pekerjaan, hal tersebut bisa menjadi pelajaran berharga untuk terus memperbaiki dan pandai mengolah waktu. Jangan buang pula waktu berharga yang telah And dapatkan agar semakin cepat pekerjaan terselesaikan, maka semakin baik kualitas kerja Anda.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top