Tips & Trik Parent

Cara Mengenalkan Uang Pada Anak

Uang menjadi salah satu kebutuhan sehari-hari yang nantinya menjadi hal yang pasti akan dikenal oleh anak. Mengelola uang dengan baik dan bisa membuat anak lebih mengerti tentang kebutuhan, menabung dan mengatur uang bisa diajarkan bahkan sejak ia kecil. Cara Mengenalkan Uang Pada Anak dengan cara yang tepat sangat membantu anak untuk bisa lebih bijak dalam menggunakan uang yang ia miliki. usia anak-anak bisa menjadi satu kesempatan yang baik untuk memberikan pemahaman dini kepada anak tentang uang.

Cara Mengenalkan Uang Pada Anak.2

Sponsored by: dr rochelle skin expert

Bukan berarti untuk membuat anak menjadi pribadi yang sudah mengenal uang terlalu dini ataupun matre, tetapi justru dengan memperkenalkan uang sejak dini akan membuat anak menjadi pribadi yang lebih mandiri sejak kecil nantinya. Selain itu, akan membuat anak nantinya mengerti jika uang bukanlah segalanya. Semakin ia paham akan nilai uang maka

akan membuatnya semakin paham juga tentang arti dari bahagia tidak hanya sebatas uang saja. Berikut ini berbagai cara untuk memperkenalkan uang pada anak dengan cara yang tepat dan mudah.

Uang Saku Secukupnya

Uang saku memang akan menjadi satu hal yang pasti akan selalu diterima oleh anak setiap harinya. Cara paling sederhana untuk mengenalkan anak supaya bisa mengelola keuangan dengan baik adalah dengan memberikan uang saku secukupnya kepada anak sesuai dengan kebutuhan, usia dan tingkat pendidikan mereka. Pastikan jika uang yang orang tua berikan merupakan uang yang cukup untuk digunakan sebagai uang untuk membeli makanan, membeli barang, ataupun untuk disisihkan sebagai uang tabungan untuk mereka. Dengan memberikan uang yang secukupnya ini akan membuat mereka lebih bisa untuk menghargai setiap satu rupiah pun yang mereka miliki.

Membiarkan Untuk Membayar Sendiri

Pasti di sekolah anak memang sudah akan diajarkan tentang nominal uang, tetapi untuk membuat anak bisa lebih mengerti dan membuat pelajaran tentang uang menjadi semakin menyenangkan cobalah untuk mengajak anak membeli sesuatu dan biarkan ia membayar sendiri. Saat ke supermarket ataupun ke toko, biarkan anak untuk memilih dan mengambil sendiri barang yang memang akan ia beli, kemudian setelah itu biarkan ia membayar sendiri, jika ia mengalami kesulitan baru Anda bisa membantu anak dan menjelaskan berapa uang yang harus ia keluarkan untuk barang yang ia beli tersebut.

Mengajarkan Tentang Anggaran Belanja

Sejak dini anak juga sudah bisa untuk diajarkan dalam menyusun dan mengetahui anggaran belanja yang akan ia keluarkan. Mama juga bisa terus untuk mengajarkan bagaimana menyusun anggaran yang akan dikeluarkan. Namun, untuk anak-anak dengan usia yang masih dibawah 5 tahun jangan mengajarkan anggaran dengan sistem yang rumit. Saat anak ikut serta saat berbelanja bulanan, saat inilah mama bisa memberikan contoh dan mengajarkan anak untuk membuat anggaran  sendiri untuknya. Sebagai contoh, pada saat ia ikut belanja berikan ia anggaran hanya sebesar Rp 30ribu saja, dan ia harus berbelanja tidak boleh lebih dari uang yang diberikan oleh mama tersebut.

Biarkan Anak Membeli dengan Uang Sendiri

Salah satu moment  yang sangat menyenangkan dan membahagiakan adalah ketika orang tua memberikan hadiah pada anak dan membuat anak sangat senang dengan hadiah tersebut. Meskipun sangat menyenangkan, tetapi cobalah untuk memberikan keleluasaan pada anak untuk membeli berbagai barang yang ia sukai dengan uang mereka sendiri dan mereka beli sendiri. Jika harga dari barang yang ia inginkan cukup mahal, hal ini juga bisa menjadi satu cara untuk mama mengajarkan cara untuk menabung oleh anak. Cara ini jauh lebih menyenangkan dimana ia juga bisa mendapatkan apa yang ia mau dan mendapatkan hasil dari menabungnya tersebut.

Menabung

Kebiasaan yang memang harus diajarkan oleh anak sejak dini dan harus dilakukan secara terus menerus supaya menjadi kebiasaan yang baik sejak dewasa adalah menabung. Tak hanya dengan cara membuka rekening baru tetapi Anda bisa menggunakan tabungan sederhana untuk lebih mengajarkan pada anak tentang menabung sehingga ia bisa menyimpan uang yang dia miliki. Berikan saja celengan dengan bentuk atau karakter yang anak sukai dimana cara ini juga akan menarik perhatian oleh anak. Letakkan ditempat yang terlihat dengan jelas sehingga anak bisa terus melihat dan bisa secara terus menerus menyimpan uang di tabungan tersebut.

Pembagian Uang Membelanjakan, Menyimpan dan Memberi

Dari setiap budget yang orang tua berikan, orang tua juga bertanggung jawab akan pengelolaan uang yang akan dilakukan oleh anak. Orang tua bisa mengajarkan anak untuk membagi penggunaan dari setiap uang yang mereka terima dengan benar. Sebagai contoh seperti berapa uang yang bisa dibelanjakan, disimpan dan berapa yang harus diberikan kepada yang membutuhkan. Untuk anak berusia balita orang tua bisa memberikan arahan berapa persen uang yang harus dibelanjakan, ditabung ataupun disumbangkan. Dengan cara ini tentu akan membuat anak bisa lebih mengerti dan mampu menerapkan cara ini hingga ia dewasa nantinya.

Berbagai cara diatas akan sangat membantu untuk mengajarkan anak tentang uang. Ia juga akan lebih mengerti dan menghargai setiap uang yang ia miliki. Mama juga bisa mengajarkan pada anak jika memang mendapatkan uang itu tidak mudah apalagi ketika mereka ingin mendapatkan sesuatu juga tidak bisa langsung saja bisa mendapatkannya. Cara ini pastinya sangat bagus untuk membuat anak bisa tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top