Wajah ku

Cara Mengatasi Wajah Kering

 Cara Mengatasi Kulit Kering

Apakah anda termasuk dalam pemilik jenis kulit kering? Kulit kering sering dialami oleh seseorang karena ini merupakan kondisi umum dimana kulit kekurangan cairan atau kelembaban. Bagian tubuh yang terbuka atau tidak tertutup seperti tangan, kaki, wajah yang sering mengalami hal tersebut. Kali ini kita akan sharing bagaimana cara mengatasi wajah kering. Kulit kering bisa dialami oleh siapa saja tanpa memandang jenis kelamin, tergantung dari kondisi kesehatan tubuh seseorang, kebersihan lingkungan sekitar, hal yang menyebabkan kulit kering, dan umur seseorang juga mempengaruhi. Untuk orang yang sudah lanjut usia biasanya sangat rentan mengalami kulit kering.

sponsor: dr rochelle skin expert.

Dampak Dan Akibat Kulit Kering

Hanya sedikit orang yang mengalami kulit kering yang berkepanjangan. Dan sebagian besar orang mengalami kulit kering hanya sementara, tergantung pada waktu dan kondisi tertentu. Dampak dari kulit kering sering dirasakan dengan kulit yang terasa kasar dan terlihat kering kusam, bersisik dan berkelupas.  Selain itu, orang yang memiliki kulit kering akan merasakan kulit yang terasa kencang, kaku, bahkan menimbulkan iritasi gatal gatal pada kulit dan muncul retakan garis dibagian kulit membuat kulit pecah pecah . Bahkan apabila sudah semakin parah akan mengeluarkan darah. Kulit kering disebabkan oleh beberapa akibat berikut ini:

  1. Iritasi Kulit

Iritasi dapat disebabkan dari pakaian, lotion, parfum, deterjen, dsb.

  1. Menggosok Kulit Dengan Scrub

Menggosok kulit dengan scrub pada saat mandi yang terlalu keras dapat menimbulkan kulit kering.

  1. Usia Lanjut

Bertambahnya usia seseorang mempengaruhi keadaan kulit seseorang. Semakin tua usia, kulit akan semakin kering.

  1. Menggunakan Handuk Terlalu Kering

Gunakan handuk setelah mandi untuk mengeringkan badan dengan cara menempel nempelkan perlahan.

  1. Sabun Yang Tidak Sesuai

Gunakan sabun yang disarankan untuk jenis kulit anda.

  1. Perubahan Iklim

Iklim atau cuaca mempengaruhi keadaan kulit. Semakin dingin suhu udara akan membuat kulit semakin kering dan pecah pecah.

  1. Mandi Terlalu Lama

Mandi dengan durasi yang lama akan membuat kulit menjadi kering.

  1. Kurangnya Asupan Makanan Sehat

Cobalah terapkan pola hidup yang sehat dengan mengkonsumsi makan makanan yang dapat merawat kesehatan kulit begitu juga dengan buah buahan dan madu. Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin E, vitamin C, asam folat, dan kolagen yang dapat menutrisi kulit dari dalam.

  1. Tidak Adanya Perlindungan Dari Luar

Perlindungan dari dalam juga dibutuhkan untuk kukit. Perlindungan kulit dari luar dengan menggunakan lotion pelembab yang dapat membuat kulit menjadi lembab. Disarankan untuk menggunakan lotion sesuai dengan jenis kulit anda.

  1. Panas Yang Berlebihan

Meskipun sudah menggunakan lotion pelembab untuk melindungi dari sinar UV anda tetap harus menghindari kontak langsung dengan matahari karena sangat buruk bagi kulit yang menyebabkan kulit menjadi kering dan bersisik,bahkan menimbulkan kanker kulit.

  1. Kurangnya Cairan Tubuh

Cukupi caranya dalam tubuh karena apabila tubuh kurang cairan akan mengakibatkan kulit menjadi kering, bersisik,pecah-pecah.

Cara Mengatasi Kulit Kering Dengan Bahan Bahan Alami

  1. Madu Murni

Madu mengandung banyak manfaat dan sangat baik untuk kulit yang kering karena dapat melembabkan juga dapat mengencangkan kulit secara alami. Cara mengatasi kulit wajah kering dengan madu: siapkan madu secukupnya. Oleskan pada kulit yang sering terasa kering secara merata. Diamkan sampai benar-benar meresap. Bilas dengan air dingin. Untuk hasil yang lebih baik gunakan secara rutin sebelum tidur dan setelah mandi.

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung vitamin E yang tinggi dan dapat membantu menjaga kesehatan kulit, termasuk mengatasi kulit kering. Cara mengatasi kulit kering dengan minyak zaitun: tuang secukupnya minyak zaitun di ujung jari, kemudian oleskan pada bagian kulit yang membutuhkan secara merata dengan dipijat perlahan kurang lebih satu menit lalu diamkan sampai kering. Lalu bilas menggunakan air dingin.

  1. Lidah Buaya

Kandungan mineral alami yang terdapat pada lidah buaya cukup lengkap, lidah buaya dapat membantu mengatasi kulit kering dengan cepat. Cara alami mengatasi kulit kering dengan lidah buaya: sediakan lidah buaya yang masih segar secukupnya. Ambil gel yang ada pada daging lidah buaya lalu oleskan pada kulit yang sudah dibersihkan. Gunakan seperti masker. Diamkan sampai mengering .lalu bilas dengan air dingin sampai bersih.

  1. Pisang Dan Yoghurt

Pisang mengandung serat alami yang bisa memicu produksi minyak di permukaan kulit. Untuk hasil yang lebih baik campurkan dengan yoghurt dan gunakan seperti masker. Cara mengatasi kulit kering dengan menggunakan pisang atau yoghurt: tumbuk pisang secukupnya, lalu campurkan dengan yoghurt sampai membentuk adonan mirip seperti pasta. Sebelum menggunakan masker pastikan wajah dalam keadaan bersih. Oleskan secara merata. Diamkan masker sampai kurang lebih 1-2 jam. Lalu bilas dengan air dingin sampai bersih.

Perlu diingat! Jika anda mengalami kulit kering yang disebabkan karena inflamasi atau peradangan kulit seperti eksim atau dermatitis, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kedokter.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top