Gaya Hidup

Cara Mengatasi Perut Buncit

Kehidupan saat ini memungkinkan seseorang untuk melakukan berbagai kegiatan dengan mobilitas tinggi, terutama yang berkaitan dengan urusan pekerjaan. Hal ini membawa dampak pada gaya hidup serba praktis, terutama dengan pola konsumsi sehari-hari. Ditambah lagi dengan rutinitas yang padat membuat orang terkadang kurang waktu berolahraga dan beristirahat. Badan yang sudah cukup lelah, pastinya hal utama yang lebih ingin dilakukan adalah istirahat atau tidur. Dengan kondisi seperti ini, dapat dilihat bahwa gaya hidup yang tidak sehat dialami oleh banyak orang pada usia produktif. Dengan tingkat stress yang tinggi karena tuntutan rutinitas, orang tidak lagi begitu mempedulikan kualitas hidup, termasuk dalam hal ini pola makan sehat, memperhatikan asupan nutrisi, cukup olah raga, cukup istirahat, dan lainnya. Kurangnya kualitas hidup ini memicu terjadinya obesitas atau kegemukan, sehingga membuat orang memiliki postur dan berat badan melebihi dari yang seharusnya. Kegemukan biasanya bisa dilihat dari volume perut yang mulai membuncit. Tidak ada kata terlambat untuk memperbaikinya agar tubuh menjadi lebih ideal, karena hal ini berkaitan dengan kesehatan. Cara mengatasi perut buncit, bisa dilakukan beberapa sederhana, sebagai berikut:

Cara Mengatasi Perut Buncit

  1. Mengurangi konsumsi garam

Beberapa pendapat menyatakan bahwa jika terlalu banyak garam akan menambah ekstra unsur sodium (natrium) terhadap cairan tubuh. Hal ini akan mendorong air keluar dari sel, sehingga akibatnya perut terasa penuh dan membuncit.

  1. Mengkonsumsi cukup serat

Diet dengan tinggi serat akan menyebabkan rasa kenyang lebih lama. Hal ini disebabkan karena serat dalam pencernaan diolah atau dicerna lebih lama dibandingkan dengan mengkonsumsi makanan rendah serat. Makanan yang tinggi serat contohnya oatmeal, sayuran, buah. Selain cukup serat, makan juga tidak boleh berlebihan.

  1. Menghindari sembelit

Karena rutinitas buang air besar yang terhambat, menyebabkan perut semakin kelihatan mebesar volumenya. Sembelit akan menimbulkan rasa tidak nyaman dalam perut seperti berasa begah dan penuh. Agar buang air besar lebih teratur dan lancar, penting sekali untuk mengkonsumsi makanan berserat tinggi.

  1. Mengkonsumsi lemak sehat

Memilih makanan yang sehat juga penting untuk dilakukan. Contoh lemak sehat yang bisa dikonsumsi adalah minyak zaitun dan alpukat. Hindari konsumsi makanan gorengan yang berlebihan atau terlalu sering, karena kandungan lemak taksehatnya terlalu tinggi.

  1. Melakukan Olahraga

Olahraga, selain membantu dalam hal membakar kalori tubuh, juga bisa membantu mengurangi stress, sehingga membantu pikiran untuk lebih rileks. Melakukan olahraga memberikan funsi peredaran darah menjadi lebih lancar.

  1. Membawa air putih

Meminum air putih yang cukup bisa membantu mengatasi perut buncit. Jika merasa haus, maka lebih baik minum air putih ketimbang dengan minuman manis lainnya. Jadi alangkah baiknya untuk senantiasa membawa air putih kemana pun agar jika terasa haus bisa langsung dikonsumsi.

  1. Melupakan konsumsi fast food

Mengkonsumsi makanan cepat saji tidak cocok bagi yang ingin menurunkan berat badan. Tingginya karbohidrat dan lemak akan justru menambah kalori tubuh yang belum tentu bisa segera dibakar.

  1. Melupakan minuman bersoda

Salah satu jenis minuman dengan kadar gula tinggi adalah pada minuman bersoda. Kadar kalori yang tinggi akan menambah berat badan sehingga perut tampak buncit.

  1. Cukup tidur berkualitas

Istirahat melalui tidur yang cukup akan membantu dalam menurunkan berat badan. Tidur yang berkualitas akan memperbaiki sistem metabolisme dalam tubuh.

  1. Minum lemon hangat di pagi hari

Minum air hangat yang telah dicampur lemon atau jeruk nipis bisa membantu mengatasi perut buncit. Minuman ini dipercaya mampu membantu dalam proses metabolisme tubuh sehingga pembakaran kalori dalam tubuh semakin cepat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top