Tubuh ku

Cara Mengatasi Badan Pegal Saat Mudik

Mudik adalah istilah yang digunakan untuk perjalanan pulang ke kampung halaman. Musim mudik biasanya sering dilakukan terutama berdekatan dengan momen hari raya. Sebenarnya, tidak hanya itu saja, kegiatan mudik bisa saja terjadi pada saat tertentu jika seseorang memiliki kelonggaran waktu, misalnya jika seseorang mengambil jatah cuti dari rutinitas pekerjaan. Saat memutuskan untuk melakukan perjalanan mudik, seseorang berarti harus mengambil resiko tenaga, waktu dan biaya, apalagi jika perjalanan mudik dilakukan dengan jarak yang cukup jauh. Perjalan pergi dan pulang saat mudik akan cukup menguras tenaga apalagi jika mengemudikan kendaraan pribadi sendiri. Untuk cara mengatasi badan pegal saat mudik, bisa dengan cara-cara sederhana berikut ini:

Cara Mengatasi Badan Pegal

  1. Segera bersih-bersih diri

Membersihkan diri seusai perjalanan sangat baik dan penting demi kesehatan tubuh. Mandi, selain membersihkan diri bisa digunakan sebagi kegiatan relaksasi. Mandi bisa mengendurkan ketegangan setelah perjalanan. Abaikan dulu pakaian yang kotor, rumah kotor atau hal lain yang sekiranya perlu dibersihkan. Utamakan terlebih dahulu kebersihan badan, sehingga ketika bersitirahat nanti tubuh menjadi bersih minim membawa kuman atau bakteri.

  1. Segera beristirahat

Setelah membersihkan tubuh, tubuh hendaknya diistirahatkan agar lebih sehat dan fit. Beristirahat akan mengatasi kelelahan akibat perjalanan. Usahakan untuk beristirahat yang berkualitas, agar kelehanan tubuh bisa terobati. Jika sudah lumayan fit, aktivitas membersihkan yang lain bisa dilanjutkan, termasuk membenahi barang-barang yang dibawa selama perjalanan.

  1. Pijat-pijatan

Jika perjalanan mudik dilakukan bersama dengan pasangan, maka setelah melalui perjalanan yang melelahkan dan telah beristirahat, bisa melakukan sesi pijat bersama. Pemijatan bisa dilakukan secara bergantian antara suami dan istri. Cara ini dilakukan untuk mendapatkan pijatan yang murah serta mampu menghangatkan kebersamaan. Kalau pun tidak bisa, maka bisa menggunakan jasa tukang pijat yang berada di dekat rumah. Memijat tubuh akan membuat otot menjadi rileks dan peredaran darah menjadi lebih baik.

  1. Menggunakan minyak lavender

Otot-otot tubuh yang pegal bisa dibantu untuk menjadi rileks dengan berendam di dalam bak mandi yang berisi air yang telah dicampurkan dengan beberapa tetes minyak lavender.  Minyak ini merupakan salah satu jenis essential oil yang mampu mengurangi rasa sakit otot-otot yang pegal dan ngilu saat digunakan untuk berendam.

  1. Menggunakan kunyit

Khasiat kunyit juga bisa dirasakan untuk mengatasi pegal-pegal pada bahu karena telah melakukan sekian jauh perjalanan. Kunyit mengandung antioksidan dan anti inflamasi yang mampu membantu menyembuhkan pembengkakan dan mengurangi rasa sakit pada bahu. Cara membuatnya bisa dilakukan dengan menggunakan bubuk kunyit yang dicampurkan dengan minyak kelapa. Ramuan ini kemudian ditaburkan atau dioleskan pada bahu yang pegal.

  1. Menaikkan posisi kaki

Peredaran darah yang tidak lancar karena posisi badan selama perjalanan berada dalam keadaan duduk, bisa diatasi dengan menaikkan posisi kaki. Luruskan kaki dan naikkan ke dinding sambil badan berada dalam posisi tiduran. Posisi ini bisa membantu mengurangi stress, insomnia, serta membuat pikiran lebih rileks.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top