Rambut ku

Cara Mencegah Rambut Berminyak

Cara mencegah rambut berminyak dan lepek umumnya dilakukan dengan cara menggunakan sampo khusus dan kondisioner secara rutin, namun hal ini belum tentu memberikan hasil terbaik. Rambut yang berminyak dan lepek merupakan masalah yang harus ditangani karena akan sangat mengganggu sekaligus merusak kesehatan rambut.

Cara Mencegah Rambut Berminyak

sponsor: kezia skin expert.

Dalam artikel ini kita kita akan membahas bagaimana cara mencegah rambut berminyak yang sangat mengganggu. Hal ini perlu Anda ketahui agar Anda terhindar dan dapat mencegah terjadinya hal tersebut.

Cara Mencegah Rambut Berminyak

  1. Jangan menyisir rambut dengan tangan secara menyeluruh

Hal pertama yang harus Anda hentikan adalah kebiasaan menyisir rambut menggunakan tangan secara menyeluruh. Hal ini dapat menyebabkan penyebaran minyak dari kulit kepala Anda ke seluruh rambut. Selain dapat menyebarkan minyak ke seluruh rambut, kebiasaan seperti ini juga dapat menyebabkan jerawat ketika Anda menyentuh wajah dengan tangan dalam kondisi yang berminyak.

  1. Jangan keramas setiap hari

Karena menginginkan rambut dalam keadaan bersih dan sehat sepanjang hari, ternyata keramas setiap hari justru akan membuat rambut Anda semakin berminyak. Semakin sering Anda keramas menggunakan sampo, produksi minyak pada kulit kepala akan semakin meningkat.

Sebaiknya Anda keramas dengan frekuensi tertentu secara rutin, misalnya 2 atau 3 kali sehari. Jika Anda melakukan hal seperti ini, kulit kepala dan rambut dapat menyesuaikan produksi minyak sehingga akan lebih stabil.

Dampak buruk lain jika Anda keramas setiap hari adalah rambut Anda akan memproduksi minyak alami secara berlebihan, sehingga dapat melemahkan rambut Anda.

  1. Bersihkan rambut Anda dengan campuran cuka buatan

Anda dapat membuat resep sendiri untuk membersihkan rambut. Caranya campurkan cuka, lemon, dan teh dengan cara diblender. Terapkan campuran tersebut pada rambut Anda untuk mencegah produksi minyak berlebih pada kulit kepala.

Campuran ini mengandung asam tannic yang akan bekerja sebagai zat alami yang dapat membuat rambut Anda lebih bersih dan bebas minyak ketika Anda menggunakannya. Agar rambut Anda tidak bau ketika menggunakan ramuan ini, gunakan sampo dengan aroma buah yang Anda suka.

  1. Bersihkan rambut menggunakan cuka putih

Anda dapat membuat ramuan dari dua sendok makan cuka putih yang dicampur dengan secangkir air bersih. Lalu gunakan campuran ini untuk membersihkan rambut dan kulit kepala. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih dan keramas menggunakan sampo beraroma buah atau apapun yang Anda suka agar tidak bau.

  1. Bersihkan rambut menggunakan teh

Teh juga dapat membersihkan rambut dengan baik karena kandungan asam tannic di dalamnya. Encerkan teh terlebih dahulu kemudian gunakan untuk membersihkan rambut Anda agar minyak yang berlebih dapat dikurangi.

  1. Sampo buatan sendiri untuk rambut berminyak

Anda juga dapat membuat ramuan sampo khusus untuk mencegah rambut berminyak. Anda dapat menambahkan satu sendok makan air lemon dan satu sendok teh cairan lidah buaya pada sampo pilihan Anda. Keramaslah menggunakan sampo ini lalu bilas dengan air hingga bersih.

  1. Sikat rambut

Cara mencegah rambut berminyak yang lainnya adalah dengan menyikat rambut secara rutin. Selain rambut menjadi lebih bersih dan lembut, hal ini akan mencegah produksi minyak yang berlebih pada kulit kepala Anda.

Demikian beberapa cara mencegah rambut berminyak yang dapat Anda coba. Usahakan melakukannya secara teratur dan rutin. Semoga bermanfaat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top