Tips & Trik Parent

Cara Melatih Bayi Tidur Sendiri

Mengajarkan anak untuk bisa tidur mandiri dan sendiri bisa dilakukan sedini mungkin bahkan sejak mereka masih bayi sekalipun. Mama masih setuju kan jika saat anak tidur menjadi satu hal yang sangat berharga dan wajib untuk diperhatikan, selain sangat menguntungkan untuk tumbuh kembang bayi, ketika anak tidur juga bisa menjadi satu cara untuk mama bisa mengerjakan berbagai hal ketika buah hati tidur. Mama bisa juga melakukan pekerjaan rumah lainnya mulai dari memasak, makan, mandi ataupun untuk beristirahat sejenak. Meskipun terlihat sangat sulit dan bahkan hampir tidak memungkinkan, tetapi tetap bisa saja anda mulai untuk melatih bayi bisa tidur sendiri kok mama.

Sponsored by: cream perawatan wajah

cara melatih bayi tidur sendiri

Cara Melatih Bayi Tidur Sendiri juga tidak terlalu sulit sehingga mama bisa mengajarkannya sedini mungkin. Secepat mungkin mama mengajarkan bayi untuk tidur sendiri dan mandiri akan semakin baik juga untuk tumbuh kembang anak. Jika saat ini pada umumnya bayi akan tidur bersama orang tua hingga mereka berusia 10 bulan ataupun lebih maka Anda bisa saja mulai melatihnya secepat mungkin. Dengan memberikan kesempatan bagi anak dan membuat anak bisa tidur sendiri akan memberikan waktu untuk anak berlatih supaya tidak secara terus menerus tergantung dengan orang tua. Apalagi, jika mama tidak segera melatih bayi untuk tidur sendiri hal ini akan menjadi kebiasaan yang sangat sulit untuk dihilangkan. Berikut ini beberapa cara mudah melatih bayi tidur sendiri dengan cepat.

1. Pilih Waktu yang Tepat

Untuk mengajarkan anak terutama bayi supaya bisa tidur mandiri dan tidur sendiri nantinya pilihlah waktu yang tpat terlebih dahulu kapan waktu yang pas untuk bisa mengajarkan anak akan satu hal ini. Waktu yang paling tepat yang sebaiknya mama pilih adalah pada saat akhir pecan dimana mama dan ayah bisa bergantian dalam menjaga ketika anak ditinggal sendiri. Kedua orangtua pun juga akan memiliki wkatu yang cukup untuk menghabiskan waktu bersama dalam mengajarkan anak untuk sama-sama belajar dan bisa mengajari anak untuk mandiri.

2. Pisahkan Kegiatan Menyusui dan Tidur

Sejak dini ada baiknya mama untuk memisahkan antara kegiatan menyusui dan tidur bagi anak. Mama bisa memerikan batasan durasi bagi anak saat menyusui dan jangan dicampur dengan kegiatan hingga ia sampai tertidur pulas. Kebiasaan menyusu sambil tidur menjadi satu hal yang sebisa mungkin harus mama hindari supaya anak tidak menjadikannya sebagai kebiasaan yang kurang menguntungkan. Mama bisa saja memberikan bayi susu, namun jangan sampai dijadikan kebiasaan yang tentunya akan sangat mengganggu untuk tumbuh kembang bayi. Jika bayi terbangun saat tidur tetap saja beria ia susu, kemudian setelah selesai biarkan ia tidur sendiri.

3. Konsisten

Konsisten akan komitmen mama untuk membuat anak bisa tidur secara mandiri menjadi satu hal yang harus mama perhatikan. Bayi adalah sosok yang sangat patuh dan selalu mengikuti rutinitas atau kebiasaan. Hal ini adalah mama yang perlu untuk memperhatikan dan membuat kebiasaan yang baik untuk bayi. Jangan sampai mama menyerah ataupun merasa putus asa terlebih dahulu sebelum berusaha semaksimal mungkin. Terus ciptakan jadwal dan atur jadwal sebaik mungkin untuk mendapatkan kebiasaan terbaik untuk bayi. Dengan terus memberikan kebiasaan ini tentunya akan membuat bayi secara perlahan lebih tahu dan paham akan waktu dan jadwal mereka tidur. Hal ini juga bisa mama terapkan untuk kegiatan lain mulai dari makan hingga aktivitas lainnya.

4. Ciptakan Suasana yang Mendukung

Suasana dan sekitar tempat ia tidur sangat penting untuk mama perhatikan. Bayi tidak akan bisa tidur dengan tenang apabila mama tidak membersihkan ruangan dengan baik dan benar. Mama harus bisa membuat bayi senyaman mungkin ketika ia akan dibiarkan untuk tidur sendiri. Minimalisir suara yang bising yang bisa mengganggu anak dan juga pastikan jika udara didalam ruangan tidur cukup untuk bayi. Suhu dan sirkulasi udara yang sejuk akan sangat menentukan untuk anak bisa tidur dengan pulas dan bisa tidur menjadi lebih nyenyak lagi. Asalkan anak bisa tidur lebih nyenyak pastinya akan membuat anak tidak rewel dan tidak mudah terbangun.

5. Melakukan Aturan 15 Menit Sebelum Tidur

Supaya bayi tidak menjadi rewel dan terus menerus menangis ketika ingin tidur ada baiknya mama untuk mengetahui beberapa tanda jika anak sedang dalam kondisi lelah dan mengantuk. Ada beberapa cirri-ciri yang bisa mama perhatikan dan biasanya ketika anak diajak untuk istirahat 15 menit saja, anak langsung akan bisa terlelap. Cir-ciri jika anak sudah mulai mengantuk dan mengalami kelelahan adalah anak mulai menangis dengan keras ataupun dengan memukul-mukul lengan, bayi mulai terlihat gelisah dengan menarik botol ataupun putting payudara, bayi mulai menggosok-nggosok mata, bayi juga mulai menarik-narik telinganya, bayi terus menguap sampil mendesah ataupun bayi menaruh kepalanya pada bahu anda. Ketika anda sudah melihat satu tanda ini pada anak maka sebaiknya anda segera meletakkan anak ketempat tidur, hindari anak yang tertidur pada gendongan ataupun pada pelukan anak.

Dengan melakukan lima cara diatas Anda bisa mendapatkan anak yang akan menjadi lebih mandiri dan bisa tidur sendiri. Dengan melatih sejak dini maka pastinya akan membuat anak menjadi semakin terbiasa dan membuat anak dalam kondisi yang lebih mandiri lagi. Semakin cepat dan semakin dini anak bisa berlatih maka akan semakin cepat pula mereka akan mendapatkan kebiasaan yang baik.

Baca juga: Tips Atasi Anak Suka Bully Teman

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top