Motivation

Cara Kerja Kantoran Tanpa Gelar Sarjana

Cara Kerja Kantoran Tanpa Gelar Sarjana

Bercita-cita kerja sebagai pegawai kantoran memang menjadi harapan besar sebagian orang. Pekerjaan yang bersih, rapi, dan gaji yang tinggi sangat identik dengan kantoran. Akan tetapi untuk bekerja di kantor bukanlah perkara yang mudah. Anda harus berjuang mati-matian agar dapat lulus dari berbagai tes yang diberikan. Selain tes yang sangat sulit, ada perusahan yang memang menginginkan calon pegawainya memiliki gelar sarjana. Meskipun tak semua, namun sudah banyak aturan yang menginginkan merekrut calon pegawai yang berijasah sarjana. Bagi mereka yang tidak mempunyai gelar tersebut serasa mustahil untuk bekerja diperkantoran. Namun tak perlu berkecil hati, pasalnya Anda tetap bisa bekerja diperkantoran walaupun tanpa mempunyai gelar sarjana. Berikut ini tips atau cara kerja kantoran tanpa gelar sarjana, yaitu:

Sponsor: dr rochelle skin expert

  • Mempunyai Skill Tinggi

Salah satu tenaga yang dibutuhkan diperkantoran adalah orang yang mempunyai skill atau kemampuan yang menawan. Skill tinggi, meskipun tanpa ijasah sarjana sekalipun, dapat tetap laku jika memang Anda kandidat yang benar-benar dibutuhkan. Ijasah saja tidak cukup sebagai bukti bahwa Anda benar-benar mempunyai skil yang mumpuni. Bagi Anda yang mempunyai skill yang mumpuni walaupun tanpa gelar sarjana masih dapat dipertimbangkan dengan mudah oleh perusahan agar diterima kerja di perkantoran dibandingkan mereka yang menggunakan ijasah namun kualitas skill nya masih rata-rata. Misalnya kemampuan sebagai programer atau disainer. Kedua kemampuan itu bukan dibuktikan dengan ijazah saja akan tetapi juga harus diimbangi dengan kemampuan yang baik. Karena Anda sudah mempunyai kemampuan tersebut maka dapat dengan mudah  diterima dan bekerja diperkantoran sesuai dengan impian.

  • Berpengalaman

Selain skill yang mumpuni hal yang dapat membuat Anda dapat bekerja diperkantoran tanpa gelar sarjana adalah pengalaman. Seseorang dengan pengalaman yang pernah bekerja akan lebih diutamakan daripada yang hanya mengandalkan ijazah yang tanpa memiliki pengalaman kerja sedikitpun. Karena pada dasarnya, perusahaan hanya akan mencari sosok pekerja yang giat dan bukan hanya sekedar pintar di nilai akademis saja. Pengalaman adalah modal utama untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan layak. Jadi, jika Anda mempunyai banyak pengalaman selama bekerja maka cobalah untuk mengekplor pengalaman Anda untuk mencari pekerjaan baru sesuai impian. Tunjukkan bahwa Anda mampu menguasai pekerjaan sesuai bidang yang digeluti.

  • Berwawasan Luas

Mempunyai wawasan yang luas dapat menjadikan Anda seorang yang berpengetahuan banyak. Anda dapat memanfaatkan ilmu pengetahuan atau wawasan yang diperoleh yang kemungkinan banyak orang tidak mengetahuinya. Wawasan dapat Anda miliki dari membaca, mencari berita, internet atau pengalaman pribadi dan orang lain. Seseorang yang mempunyai wawasan yang luas dapat dengan mudah memahami hal apa saja yang dapat mendorong majunya sebuah perusahaan. Jika Anda mempunyai wawasan tentang perkantoran atau bidang yang dikerjakan dalam kantor tersebut Anda bisa mencobanya. Sebab tak sedikit perusahaan yang menginginkan  sosok pegawai yang sudah cakap, mapan dan berwawasan tinggi.

  • Mencari Pekerjaan Yang Jarang  Diajarkan Di Sekolah

Salah satu cara paling ampuh untuk mendapatkan pekerjaan tanpa ijazah adalah mencari jenis pekerjaan yang jarang diajarkan dibangku sekolaha atau kuliah. Cari jenis pekerjaan yang jarang diajarkan, memimiliki minat sedikit, danagn sangat sedikit orang yang mampu menguasainya. Jika Anda termasuk salah orang tersebut, maka cobalah untuk mengajukan lamaran kerja pada perusahaan yang membuka kesempatan untuk bidang tersebut. Meskipun cukup sulit dicari dan karena minimnya inforrmasi, tetapi dengan kemajuan iptek saat ini, hal tersebut tidaklah sulit.

Contoh pekerjaan yang tidak membutuhkan gelar sarjana 

  • Perminyaan, pertambangan dan kontraktor

Dewasa ini, sudah banyak perusahaan yang masih mengandalkan karyawan lulusan SMA. Yah hal tersebut dapat menjadi peluang besar bagi yang tidak memiliki gelar sarjana. Beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan tanpa harus berijasah tinggi misalnya perminyakan, pertambangan, CV atau kontraktor. Pekerja di perusahaan perminyakan, pertambangan atau di kontraktor tidak mesti lulusan akademisi tinggi. Pada fakanya, mereka masih membutuhkan pekerja lulusan menengah atas, terlebih jika pendidikan yang mereka ambil sejalan dengan bidang yang perusahaan geluti. Selain itu, gaji pokok yang ditawarkan juga tidak sedikit. Meskipun begitu, resikonya juga cukup besar serta harus berhati-hati dan teliti dalam menjalankan tugas.

  • Sales

Menjadi sales promotion tidak mesti berijasah sarjana. Bekerja sebagai sales cukup membutuhkan strategi bisnis, komunikasi dan kecakapan. Bahkan gaji seorang sales digadang-gadang lebih tinggi dibanding manager, ditambah juga dengan komisi 10%. Kemampuan promosi yang luar biasa menjadi salah satu modalnya tanpa harus berijasah tinggi. Yang terpenting agar menjadi sales profesional dan sukses adalah memahami seluk-beluk dunia perdagangan seperti  jual-beli rumah, properti, kebutuhan pokok atau dokumen-dokumennya. Selain komunikasi yang baik, mereka yang bekerja sebagai sales juga harus memiliki jiwa ramah terhadap pelanggan.

  • Master SEO dan Web Developer

Anda yang memiliki hobi seputar dunia IT tidak usah ragu lagi untuk mencoba melamar di perusahaan yang diimpikan. Berbekal skill yang mumpuni dan mampu menguasai ilmu komputer, maka skill Anda patut untuk dipertahankan. Yah, banyak perusahaan yang kini membutuhkan ahli IT dan internet. Menjadi seorang master SEO atau web developer tidak mesti membutuhkan gelar sarjana, melainkan keahlian luar biasa dalam memahami, menguasai dan menjalankan pekerjaan di bidan tersebut. Misalnya seorang master SEO harus paham bagaimana mengolah strategi berbisni via internet, sementara web developer haru paham bagaimana membuat atau mengatur koding-koding informatika.

3
50%
like
0
0%
love
0
0%
haha
1
16%
wow
1
16%
sad
1
16%
angry

Comments

comments

To Top