Tips & Trik Parent

Cara Buat Anak Berani Jujur Sejak Dini

Kejujuran adalah suatu hal yang kian mahal dewasa ini. Disadari atau tidak, fenomena berbohong kini sudah menjadi sangat biasa. Di kalangan masyarakat pun yang sebenarnya faktanya sangat miris. Sebagai orang tua, mendidik anak untuk berlaku jujur sejak dini adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Hal ini didasarkan bahwa anak akan tumbuh menurut kebiasaannya. Jika anak sudah biasa jujur sejak dini, maka ketika dewasa pun ia akan tetap berlaku jujur saat menghadapi beragam hal meskipun sebenarnya hal tersebut berat untuk dilakukan. Sayangnya, beberapa orang tua tidak memiliki cara khusus untuk melatih anak mereka untuk jujur sejak dini dan terkesan mengajarinya seadanya. Berikut kita akan membahas beberapa cara buat anak berani jujur sejak dini yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari dalam rangka mendidik anak yang baik dan benar. Simak beberapa ulasan singkat di bawah ini.

Cara Buat Anak Berani Jujur Sejak Dini.2

Sponsor : cream pemutih wajah

  1. Tanamkan manfaat kejujuran

Anak adalah kertas putih yang masih polos. Dalam memahami hal-hal yang baru, ia cenderung lebih banyak akan meniru dari orang tua atau lingkungan yang ia sering temui. Banyak hal yang akan ia serap dari lingkungan tersebut, termasuk dalam hal kejujuran. Oleh karena itu, sadari bahwa anak Anda sama sekali belum mengerti tentang kejujuran yang harus ia pegang. Oleh karena itu, sebagai orang tua, Anda harus menanamkan manfaat dan juga pemahaman tentang kejujuran itu sendiri. Tekankan pada anak bahwa kejujuran adalah salah satu sifat yang baik dan mulia. Selain itu, katakan pula jika anak Anda jujur, maka ia akan mendapatkan pahala dari Tuhan. Lambat laun karena pemahamannya yang mengendap, ia akan menjadi lebih terbiasa.

  1. Berikan contoh pada anak

Sebagaimana disinggung sebelumnya bahwa anak cenderung akan lebih banyak meniru dari orang tua ataupun lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, tugas dari Anda untuk membiasakan anak Anda jujur sejak dini adalah dengan memberikannya contoh. Contoh adalah sesuatu yang sangat penting bagi anak-anak karena akan memberikan mereka pengetahuan yang baru. Dalam hal ini, jangan pernah tunjukkan kebohongan pada anak Anda sekecil apapun. Misalnya saja, ketika ada seseorang yang menelpon Anda, dan anak Anda yang mengangkatnya, jangan pernah mengatakan Anda tidak di rumah hanya karena tidak mau mengangkat telepon tersebut. Anak yang terbiasa melihat kebohongan tentu akan merasa biasa saja bahkan ketika ia sendiri melakukannya.

  1. Cari latar belakang anak berbohong

Terkadang, anak melakukan sebuah kebohongan karena sesuatu hal. Salah satu hal yang biasanya menjadi alasan anak Anda berbohong adalah ia takut dimarahi karena sudah melakukan kesalahan, seperti tidak boleh jajan, atau hal lainnya. Sebagai orang tua yang bijak, maka Anda harus mencari latar belakang kenapa anak Anda berbohong, terutama jika anak Anda terindikasi sering berbohong. Coba tanyai anak Anda pelan-pelan atau tanyakan hal tersebut pada teman bermainnya. Jika Anda sudah mengerti latar belakang kenapa anak Anda berbohong, maka Anda sudah bisa mengatasi masalah ini. Sebagai saran, jangan pernah memarahi anak Anda untuk masalah ini tetapi berilah pengertian dan pemahaman yang lebih. Anak yang dimarahi cenderung akan menjadi lebih bandel.

  1. Jangan beri sebutan pembohong

Hal lain yang cukup penting untuk mengajarkan pada anak Anda sebuah kejujuran sejak dini adalah dengan tidak pernah memberi sebutan pembohong pada anak Anda. Terkadang, kita tidak sadar dalam ucapan kita sering mengatai anak kita sebutan pembohong karena sifatnya. Reflek yang satu ini tentu sangat tidak baik dan cenderung membahayakan. Sebutan pembohong tersebut merupakan sebuah label yang bisa membuat anak Anda tersugesti bahwa anak Anda sudah melakukan sebuah kesalahan besar yang tidak termaafkan. Hal ini tentu berbahaya karena anak bisa kehilangan kepercayaan diri dan juga akan menganggap Anda sebagai orang tua yang tidak menyanyangi anaknya. Sangat berbahaya, bukan? Oleh karena itu, hindari judgment seperti ini pada anak Anda.

  1. Ingatkan anak jika tidak jujur

Mengingatkan anak adalah suatu keharusan yang tidak boleh Anda lupakan. Sebagaimana kita tahu bahwa anak memang akan memerlukan lebih banyak waktu untuk belajar memahami hal baru yang Anda berikan. Nah, terkait tentang kejujuran, salah satu hal yang sangat penting untuk Anda lakukan adalah ingatkan anak Anda jika ia tidak jujur. Sekecil apapun ketidakjujuran anak Anda, maka ingatkan mereka agar selalu jujur. Tekankan bahwa kejujuran itu mahal harganya dan hanya orang-orang luar biasa yang bisa melakukannya. Jangan pernah menganggap sepele ketidakjujuran yang dilakukan oleh anak Anda karena hal ini merupakan cikal bakal ia akan terbiasa tidak jujur dan Anda akan lebih malas untuk mengingatkannya.

Kelima ulasan di atas dapat menjadi cara yang cukup efektif untuk mengajarkan anak Anda terkait kejujuran sejak dini. Nah, lakukan beberapa poin di atas untuk membuat anak Anda terbiasa jujur sejak masih kecil. Jangan pernah bosan untuk mendidik anak Anda karena hal tersebut sejatinya merupakan sebuah tugas wajib bagi orang tua. Selain itu, bersabarlah dalam mendidik mereka. Jika mereka susah mengerti, maka pahamilah bahwa mereka perlu waktu untuk memahami keinginan Anda. Semoga membantu.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top