Olahraga

Aturan Olahraga Malam Saat Ramadhan

Salah satu cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan segar adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. Olahraga adalah aktivitas yang tepat untuk menstabilkan metabolisme tubuh Anda. Dengan berolahraga, otot akan cenderung bergerak dan membakar lemak yang mengendap di dalam tubuh. Selain itu, olahraga juga merupakan aktivitas yang tepat untuk mengeluarkan racun yang mengendap di dalam tubuh dengan melalui mekanisme keringat yang keluar. Namun, masalah sering muncul ketika bulan ramadhan tiba seperti sekarang ini. Ya, dalam keadaan berpuasa, bagaimana cara kita berolahraga dengan tepat? Nah, bulan ramadhan bukanlah halangan untuk berolahraga secara teratur karena Anda bisa melakukannya di malam hari. Namun, saat memutuskan untuk berolahraga di malam hari, Anda sebaiknya mengetahui dulu beberapa aturan olahraga malam saat ramadhan yang tentu akan berdampak pada hasil olahraga yang Anda lakukan. Nah, bagaimana saja aturan tersebut? Lihat ulasan singkat di bawah ini.

Aturan Olahraga Malam Saat Ramadhan.2

Sponsor : cream pemutih wajah

  1. Jangan langsung berolahraga setelah berbuka

Salah satu pantangan yang harus Anda ketahui sebelum Anda berolahraga di malam hari saat bulan ramadhan adalah jangan langsung melakukan beberapa menu olahraga setelah Anda berbuka puasa. Ya, hal ini harus menjadi catatan penting sebab dampak yang akan terjadi cukup mengkhawatirkan. Saat berbuka puasa, sistem pencernaan akan mengalami kondisi yang baru. Makanan akan masuk pada sistem pencernaan yang sudah kosong selama beberapa jam lamanya. Oleh karena itu, akan ada reaksi dan penyesuaian dari sistem pencernaan Anda. Jika Anda langsung berolahraga sesaat setelah berbuka, maka sistem pencernaan Anda akan kaget dan tidak bisa beradaptasi dengan baik. Efeknya adalah Anda bisa saja akan muntah saat berolahraga. Sangat tidak nyaman, bukan? Ada baiknya Anda menunggu waktu selang 2 hingga 3 jam setelah berbuka.

Aturan Olahraga Malam Saat Ramadhan.3

  1. Jangan berolahraga sesaat sebelum tidur

Selain larangan untuk berolahraga sesaat setelah berbuka, Anda juga sebaiknya menghindari berolahraga menjelang jam tidur. Ini adalah salah satu kesalahan yang sering dilakukan saat seseorang melakukan olahraga malam selama bulan ramadhan. Perlu diketahui bahwa saat berolahraga, tubuh melakukan pembakaran atau oksidasi di dalam organ yang tentu akan membuat organ tubuh cenderung lebih panas. Oleh karena itu, Anda sering merasa hangat setelah berolahraga. Nah, berolahraga menjelang tidur tentu sangat tidak dianjurkan karena tubuh yang masih panas sesaat setelah berolahraga tidak akan mudah di dinginkan hingga Anda akan sulit untuk terlelap. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membagi waktu yang tepat. Berolahragalah sekitar 2 jam sebelum Anda tidur malam.

Aturan Olahraga Malam Saat Ramadhan.4

  1. Pilih olahraga malam yang tepat

Tips selanjutnya yang cukup penting untuk Anda pahami adalah memilih olahraga yang tepat. Ya, pemilihan olahraga yang tepat ini tentu saja merupakan salah satu hal yang harus Anda perhatikan dengan bijak karena akan mempengaruhi manfaat yang hendak Anda peroleh setelah Anda berolahraga. Kita tentu tahu bahwa ada banyak sekali jenis olahraga yang bisa kita pilih. Namun, apa jenis olahraga yang tepat untuk di lakukan di malam hari saat bulan ramadhan? Olahraga yang tepat yang bisa Anda pilih adalah beberapa jenis olahraga kardio, seperti treadmill, bersepeda, atau berjalan. Selain itu, Anda juga bisa memilih beberapa olahraga otot yang ringan, seperti push up, sit up, dan juga yoga. Hindari untuk memilih jenis olahraga yang terlampau berat untuk menunjang stabilitas kondisi tubuh Anda yang lemah karena berpuasa seharian.

Aturan Olahraga Malam Saat Ramadhan.5

  1. Lakukan pemanasan sebelum berolahraga

Melakukan pemanasan setiap kali akan berolahraga adalah hal yang sangat penting. Pemanasan harus dilakukan sebagai sarana mempersiapkan kondisi tubuh untuk menerima gerakan-gerakan olahraga yang hendak Anda lakukan. Sebagaimana dijelaskan sebelumnya bahwa kondisi tubuh cenderung kurang stabil saat berbuka puasa sehingga Anda tidak disarankan untuk langsung berolahraga setelahnya. Pemanasan yang Anda lakukan sebelum berolahraga akan membantu tubuh Anda untuk menjadi lebih stabil dan siap untuk diajak melakukan beberapa gerakan olahraga. Selain itu, pemanasan dapat menjadi salah satu cara yang tepat untuk mencegah terjadinya cedera karena otot yang terlalu kaku saat berolahraga. Lakukan pemanasan setidaknya 10 menit.

Aturan Olahraga Malam Saat Ramadhan.6

  1. Penuhi asupan cairan dalam tubuh

Puasa yang Anda lakukan selama seharian akan membuat tubuh menjadi kekurangan cairan yang cukup banyak. Tentu saja, saat berbuka, Anda harus segera memenuhi kembali cairan yang hilang. Nah, saat melakukan olahraga di malam hari, Anda juga tetap perlu untuk memenuhi asupan cairan untuk tubuh Anda. Cairan yang cukup di dalam tubuh akan membuat tubuh senantiasa lebih segar dan bugar. Selain itu, cairan tubuh yang terpenuhi akan menghindarkan diri Anda dari gangguan dehidrasi dan kelelahan saat berolahraga. Sebelum Anda berolahraga, ada baiknya jika Anda mempersiapkan terlebih dahulu teh manis atau jus yang segar untuk menjaga cairan tubuh. Jangan biarkan tubuh Anda lemas karena esok hari Anda tetap harus berpuasa!

Aturan Olahraga Malam Saat Ramadhan.7

Beberapa tips dan aturan sebagaimana dijelaskan di atas tentu dapat menjadi patokan umum saat Anda hendak melakukan olahraga di bulan ramadahan. Olahraga di bulan ramadhan tentu tetap bisa diandalkan untuk menjaga kondisi tubuh asal Anda mengetahui koridor yang benar. Nah, untuk menfaat yang lebih besar, lakukan olahraga ini secara teratur setiap hari.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top