Career Tips

6 Hal yang harus dilakukan saat Jobless

Ketika harus menjadi seorang jobless atau yang belum memiliki pekerjaan bisa menjadi satu hal yang cukup berat untuk dijalani. Apalagi jika penyebabkan joblessmu adalah kamu harus kehilangan pekerjaan karena ada pengurangan karyawan. Pekerjaan yang tadinya sudah menajdi mata pencaharian utama dan sudah menjadi pekerjaan yang membuatmu nyaman mau tidak mau harus kamu tinggalkan dan relakan. Perasaan tidak terima dan perasaan sedih hingga persaan campur aduk pasti langsung kamu rasakan ketika kamu mendapatkan status sebagai seorang yang jobless.

Sponsored by: produk pemutih wajah

hal-yang-harus-dilakukan-saat-jobless

Lumrah kok dan sangat wajar jika kamu harus mengalami shock untuk beberapa saat. Namun bukan berarti kamu harus berlarut-larut terlalu lama dalam kesedihanmu itu ya. Kamu harus segera move on dari perasaan sedih kehilangan pekerjaan dengan melakukan beragam Hal yang harus dilakukan saat Jobless berikut ini. Dengan melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat dan bisa meningkatkan kualitas ataupun skill pribadi kamu tentunya cara ini jauh lebih efektif untuk menikmati masa jobless mu. Tak hanya meratapi nasib saja, namun dengan melakukan beberapa hal bermanfaat ini akan membuatmu lebih siap untuk mendapatkan pekerjaan yang menjadi lebih baik lagi.

1. Terus Berlaih dan Berlatih

Meningkatkan skill yang kamu miliki dengan terus berlatih menjadi satu cara untuk menikmati masa jobless mu. Jangan hanya meratapi  nasib saja, ada baiknya untuk lebih bisa memanfaatkan waktu luangmu untuk sekedar menaikkan segala kemampuanmu. Kamu juga bisa menambah kemampuan dan jug terus berlatih akan apa yang menjadi passionmu saat ini. Dengan begitu, skill yang kamu miliki akan semakin bertambah dan pastinya akan semakin membuat kamu percaya diri lagi ketika kamu harus bekerja lagi. Kamu juga bisa kok menambah kemampuan yang kamu miliki dengan terus mencoba hal-hal baru dan terus menambah kemampuan pada dirimu. Tentunya cara ini akan jauh lebih bermanfaat jika dibandingkan harus membiarkan waktu untuk berlalu begitu saja.

2. Tambah Wawasan

Sama halnya dengan menambah skill yang kamu miliki, menambah pengetahuan dan wawasan yang kamu  miliki juga sangat penting untuk kamu lakukan ketika kamu harus sementara waktu berhenti dari kerjaan. Ada banyak sekali media yang bisa menjadi tempat untuk menambah wawasanmu, mulai dari Koran, buku, televise hingga media online sekalipun bisa menjadi sarana untukmu menambah wawasan yang kamu miliki. Dibandingkan hanya terus meratapi nasib dan terus melakukan stalking kepada mantan, membaca dan mencari tahu tentang berbagai hal yang menambah wawasanmu justru akan lebih bermanfaat untukmu.

3. Tingkatkan Skill

Menambah skill yang kamu miliki dan bukan hanya dari skill dasar yang kamu miliki saja melainkan kamu bisa menambah skill tambahan mulai dari belajar ataupun mengikuti berbagai kursus skill tambahan. Misalnya saja kamu bisa mengikuti kursus kompouter, kursus design ataupun kursus bahasa dan lainnya yang akan menajdi skill tambahan untukmu. Dengan rangkaian berbagai skill yang kamu miliki ini tentunya nanti bisa menajdi nilai lebih ketika kamu mendaftar kepekerjaan yang lainnya. Beragam skill akan menjadi nilai tambah dan juga menjadi hal yang diunggulkan ketika kamu akan mencoba pekerjaan yang baru dan tentunya membuat perusahaan langsung bisa menerimamu kembali.

4. Mencoba Merintis Bisnis

Saat kamu memiliki waktu luang yang terlalu banyak dan ingin mendapatkan tambahan kamu justru bisa untuk mulai merintis usaha. Cobalah untuk mencoba dan merintis bisnis dari bisnis dengan skala kecil terlebih dahulu. Misalnya saja menjadi reseller suatu produk, menjual baju, pernak-pernik ataupun menjual makanan sekalipun bisa untuk menjadi cara bagimu untuk menambah pemasukan saat kamu sedang jobless. Bahkan saat ini kamu bisa lebih mudah kok jika ingin berbisnis, kamu bisa memanfaatkan media social yang kamu miliki untuk menjadi media promosi yang paling gampang dan sangat efisien. Promosi dengan menggunakan media social akan jauh lebih mudah dan bisa menyasar konsumen dengan jumlah yang lebih banyak. Tentunya dengan cara ini kamu bisa mendapatkan keuntungan dari produk yang kamu tawarkan.

5. Memanfaatkan Skill yang Kamu Miliki

Jika memang kamu memiliki skill yang cukup memadai dan bisa memunculkan pundi-pundi uang  untukmu, kamu bisa menggunakan skill mu untuk menjadi masukan tambahan untukmu. Misalnya saja kamu bisa untuk menulis, translate ataupun design dan sebagainya kamu bisa memanfaatkan hal yang satu ini. Itung-itung hal ini juga bisa menjadi satu cara untuk menjadi media promosi dari kemampuan yang kamu miliki. Dengan kemampuan yang kamu miliki ini kamu akan lebih dikenal dan pastinya mendapatkan portofolio yang semakin banyak akan kemampuanmu. Hal ini juga bisa menjadi satu modal utama nantinya ketika kamu ingin mencoba melamar pekerjaan lagi.

6. Coba Melamar Pekerjaan Lagi

Kamu juga bisa langsung untuk mencoba melamar pekerjaan lagi setelah kamu mendapatkan waktu yang cukup untuk istirahat. Move on ke pekerjaan yang baru harus segera kamu lakukan untuk segera mendapatkan pemasukan yang pasti. Kamu bisa mencari dengan mudah saat ini berbagai lowongan pekerjaan untuk kamu pilih sesuai dengan niat yang kamu inginkan. Mulai dari mendatangi langsung bursa lowongan kerja hingga lewat situs-situs ternama dan resmi dari perusahaan tersebut bisa sangat membantumu untuk mendapatkan pekerjaan yang baru lagi.

Setelah berbagai hal diatas kamu lakukan sekarang meskipun jobless kamu malah jsutru bisa memperbaiki segala skill dan menjadikanmu orang yang baru. Kamu bisa lebih mendapatkan skill terbaik yagn pastinya akan semakin membuatmu memiliki kualitas yang terbaik. Berbagai kemampuan yang kamu asah juga akan membuatmu untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang jauh lebih baik jika dibandingkan yang saat ini harus kamu relakan.

Baca juga: Hal Penting Untuk Dilakukan Saat Didepan Komputer Seharian

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top