Tips & Trik Parent

Tips Atasi Anak Susah Tidur Malam

Masalah yang sebenarnya sangat lumrah yang dihadapi oleh anak-anak adalah masalah susah untuk tidur siang ataupun malam. Jika tidur siang tentu mama masih bisa mengatasinya asalkan bisa mendapatkan tidur yang cukup pada saat malam hari. Namun nyatanya, saat ini anak juga sangat sering yang susah untuk diajak untuk tidur cepat saat malam hari. Ada banyak factor yang bisa menyebabkan kenapa anak tidak mudah untuk bisa tidur malam. Mulai dari anak yang memang kurang enak badan atau sakit, anak yang terlalu capek karena kegiatan seharian yang penuh akan akvitias berlebih hingga berbagai hal lainnya yang menjadi penyebab kenapa anak sangat susah untuk bisa tidur pada saat malam hari.

Sponsored by: cream perawatan wajah

Tips Atasi Anak Susah Tidur Malam

Tanpa ditangani tips  atasi anak susah tidur malam yang tepat tentu hal ini akan berlangsung dalam waktu yang lama dan tentu akan membahayakan bagi anak. Pola tidur anak yang akan terganggu dimana ia nantinya malah justru akan menjadi begadang sepanjang malam yang akan membuatnya menjadi mengantuk ketika pagi hari. Terutama bagi anak yang sudah sekolah, tentu akan menganggu konsentrasi pada saat ia sekolah disaat pagi hari tentunya. Efek buruk lainnya jika anak terus menerus mengalami susah tidur pada saat malam hari adalah proses tumbuh kembang anak akan terganggu dan membuat ia tidak bisa tumbuh dan berkembang dengan lebih baik lagi. Bahkan, tanpa diatasi dengan tips atasi anak susah tidur malam juga akan memberikan efek buruk bagi orang disekitarnya terutama orang tua yang harus menemaninya ketika begadang. Nah, oleh karena  itu demi kesehatan anak dan juga kenyamanan anak dan juga orang tua, lakukan beberapa tips atasi anak susah tidur malam berikut ini.

1. Atur Pola Tidur Anak

Hal pertama yang harus mama lihat ketika anak sudah terlalu sering untuk begadang dan mulai terganggu pla tidurnya dalah dengan melihat kebiasaan tidur saat malam hari bagi anak. Bisa saja lho mama, anak mengalami masalah tidur saat malam hari karena sudah terlalu terbiasa untuk tidur larut malam yang dikarenakan pola tidur yang tidak benar. Saat anak bermain hingga larut malam, orang tua justru biasanya juga akan ikut untuk terlalu terlena dan membiarkan anak bermain hingga tengah malam ataupun hingga larut malam. Jika pola ini mama teruskan, tentu saja mama harus segera emperbaikinya. tips atasi anak susah tidur malam yang sangat mudah adalah dengan mengubah pola tidur dan juga jadwal tidurnya tersebut. Tetapkan waktu yang tepat untuk anak tidur kemudian jangan biarkan untuk anak bermain hingga larut malam dan juga mengontrol waktu tidur siang anak supaya ia tidak terlalu betah untuk bermain saat malam hari.

2. Ciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman

Untuk lebih membuat anak betah dan mau untuk segera tidur adalah dengan menciptakan lingkungan tidurnya yang nyaman dan sesuai dengan apa yang ia inginkan. Bersihkan tempat tidurnya secara berkala dan berikan berbagai hal yang memang menarik perhatiannya. Buat kamarnya juga menjadi rapi supaya ia mendapatkan kenyamanan ketika ia tidur ditempat tidurnya. Selimut yang lembut ataupun kasur yang nyaman dan juga bantal ataupun peralatan lainnya yang ia butuhkan, berikan saja sebagai upaya untuk membuatnya bisa mendapatkan tempat yang rileks dan juga nyaman. Mama juga bisa mengajak anak untuk menambahkan ornament ataupun memilih warna tempat tidur mulai dari selimut atau sprei yang sesuai dengan kesukaannya. Dengan ketertarikannya ini tentu akan membuat anak bisa lebih cepat untuk bisa tidur dengan nyenyak dan juga nyaman.

3. Jangan Tidur Terlalu Sore

Kembali lagi pada pola tidur yang benar. Tips atasi anak susah tidur malam bisa saja dipengaruhi karena anak yang tidur terlalu sore. Misalnya saja, mama membiarkan anak untuk tidur pada pukul 6 sore atau 5 sore yang membuatnya berkemungkinan lagi untuk terbangun ditengah malam atau malah saat dini hari. Jika ia sudah terbangun di waktu yang terlalu larut ini, nantinya juga akan membuatnya menjadi tidak bisa tidur lagi dan membuatnya susah hanya untuk sekedar memejamkan matanya saja. Oleh karena itulah, mama memang harus mengontrol pola tidurnya supaya ia mendapatkan waktu tidur yang sangat efektif.

4. Pastikan Anak Tidak Lapar

Masalah yang juga menjadi hal yang sangat mengganggu ketika anak tertidur dan tiba-tiba terbangun pada saat malam hari adalah masalah anak yang lapar dan juga perut yang kosong. Pada orang dewasa saja jika perut kosong dan dipaksakan untuk tidur akan membuat tidurnya menjadi tidak nyaman dan juga gelisah. Begitu juga dengan anak-anak, saat mereka tidur dengan kondisi perut yang kosong ia akan sangat mudah untuk terbangun dan mungkin juga ia akan sangat gelisah ketika mereka tertidur. Oleh karena itulah, saat malam atau saat sore sebelum anak tidur pastikan jika anak sudah makan malam dengan porsi yang pas. Paling tidak mama harus memberikan makan satu hingga dua jam sebelum anak tidur saat malam hari.

Dengan berbagai hal tersebut tentunya akan membuat anak mendapatkan waktu tidur yang lebih baik lagi. Mama tidak perlu khawatir lagi jika anak akan terbangun saat malam hari. Waktu tidur yang cukup dan juga pola tidur yang pas akan membuat anak tidak lagi untuk merasakan hal yang merugikan dan juga akan membuat anak mendapatkan waktu tidur yang lebih bermanfaat. Anak akan menjadi lebih sehat dan mendapatkan waktu tidur yang cukup untuk mengistirahatkan seluruh tubuhnya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top