Olahraga

MANFAAT JOGGING PAGI UNTUK TUBUH

Banyak di antara kita yang tidak menyadari manfaat jogging di pagi hari, padahal kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Kurangnya pengetahuan dan kesadaran menjaga kesehatan menimbulkan rasa malas untuk berolahraga, termasuk melakukan aktivitas jogging sebagai olahraga yang mdah dan murah bagi siapa saja. Mungkin beberapa di antara kita sendiri memang tidak mengetahui khasiat dari jogging di pagi hari. Jogging pada dasarnya meruapakan suatu olahraga yang sangat mudah sekali dilakukan, sangat sederhana dan juga murah dalam hal biaya dan sarana. Jogging atau biasa kita menyebutnya dengan lari pagi, cukup efektif untuk meningkatkan kesehatan tubuh, kebugaran fisik tubuh dan juga dapat membakar lemak tubuh secara menyeluruh dan efektif serta dapat memberikan dampak yang positif terhadap psikologis dan fisiologis, bahkan juga dapat menurunkan berat badan tubuh kita dengan aman.

MANFAAT JOGGING PAGI UNTUK TUBUH

Joging ini sendiri adalah cara yang efektif untuk meningkatkan metabolisme tubuh kita. Hal ini dikarenakan saat kita sedang tertidur, metabolisme di dalam tubuh akan melambat. Saat bangun pagi, akan menjadi lebih baik jika mengawali hari dengan jogging, sehingga akan sangat berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh serta gerakan pertama di pagi hari dapat membakar lemak. Menurut dari penelitian para ilmuan sendiri, jika seseorang kerap melakukan jogging di pagi hari secara rutin, maka hasilnya akan lebih sehat dalam melakukan rutinitasnya di siang hari nanti.

MANFAAT JOGGING BAGI KESEHATAN TUBUH

  1. MENJAGA KEBUGARAN TUBUH

Dengan kita melakukan jogging secara rutin di pagi hari, maka organ paru-paru dalam tubuh akan penuh dengan udara segar, sehingga dapat memberikan dampak yang baik terhadap kesehatan bagi sel darah yang beredar di dalam tubuh. Efek secara psikologis juga bisa dirasakan yaitu berupa ketenangan jiwa antara tubuh dan pikiran kita. Efek lain juga bisa dirasakan saat rutin melakukan jogging, yaitu membantu membuat mood untuk menjadi lebih menyenangkan serta memberikan efek positif bagi kesehatan emosi.

  1. MENGURANGI STRES

Karena peredaran darah yang lebih lancara, maka pengaruhnya bisa menjaga kebugaran tubuh. Dengan jogging di pagi hari kita bisa mengurangi pengaruh dan juga dapat membuat pikiran menjadi lebih rileks dan nyaman.

  1. MEMPERBESAR OTOT

Pria pada dasarnya memiliki massa otot yang lebih besar dari pada wanita. Pembentukan otot akan lebih mudah bagi pria dibanding dengan wanita. Bagi pria yang ingin memiliki otot yang lebih berisi, maka jogging di pagi hari adalah jawaban sederhananya. Tanpa harus pergi ke tempat fitness pun, jogging bisa membantu pembentukan otot tubuh. Dengan kita melakukan aktifitas jogging di pagi hari dapat membantu memperluas jaringan otot di tubuh dan juga meningkatkan komposisi tubuh agar lebih prima.

  1. MENGURANGI RESIKO TERSERANG PENYAKIT

Selain memperbesar otot, melakukan jogging di pagi hari juga turut serta menjaga kesehatan tubuh kita, karena manfaat jogging salah satunya juga mengurangi resiko terserangnya penyakit. Mencegah itu lebih baik dari pada mengobati. Sebelum sakit, kita harus menjaga diri agar imunitas tubuh menjadi baik, sehingga tidak mudah terserang penyakit. Berjogging dapat membantu menghindarkan diri dari beberapa penyakit, di antaranya kanker, obesitas dan resiko terserangnya penyakit asma.

  1. MENINGKATKAN KONSENTRASI

Berolahraga jogging bisa membantu meningkatkan konsentrasi, karena di saat melakukan jogging kita akan melihat dengan fokus pada jalan yang dilalui. Karenanya jika ada orang yang rutin melakukan kegiatan jogging maka konsentrasi otaknya bisa terjaga.

0
0%
like
0
0%
love
1
50%
haha
1
50%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top