Tips Kesehatan

Cara Hidup Sehat Hingga Lanjut Usia

Cara Hidup Sehat Hingga Lanjut Usia

Cara Hidup Sehat Hingga Lanjut Usia

tips kecantikan – Cara Hidup Sehat Hingga Lanjut Usia – hidup sehat hingga lanjut usia? Rasanya, ini tentu menjadi impian setiap orang. Namun memang, memimpikan tak semudah mengupayakannya. Pasalnya, untuk sehat hingga lanjut usia, faktor gaya hidup harus diperhatikan dengan baik dan benar. kini saya akan menjelaskan Tips Hidup Sehat hingga lanjut usia.

Kementerian Kesehatan RI mengungkap, angka kematian akibat penyakit tidak menular (PTM) di Indonesia tahun 2001 tercatat sebanyak 49,9 persen.
Namun di tahun 2007 meningkat menjadi 59,5 persen.

Penyakit tidak menular yang menjadi penyebab kematian ini antara lain hipertensi 31,7 persen, penyakit jantung 7,2 persen, kanker atau tumor 4,3 persen, dan diabetes melitus (DM) 1,1 persen. Pada umumnya, sejumlah penyakit ini dilatarbelakangi konsumsi gula, garam, dan lemak (GGL) berlebih.  Kemenkes RI juga menemukan fakta, tingkat konsumsi GGL berlebih di masyarakat Indonesia kian meningkat setiap tahunnya.

Namun demikian,Kasubdit Pengendalian Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah Direktorat Pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM) Kemenkes RI, dr.Lily Banonah Rivai, MEpid, mengingatkan, di samping konsumsi GGL berlebih, faktor risiko yang juga dapat meningkatkan seseorang menderita PTM adalah gaya hidup.

Pola hidup yang bisa menumbuhkan risiko PTM, di antaranya adalah kebiasaan merokok,diet yang tak sehat, mengonsumsi alkohol, kurang melakukan aktivitas fisik, dan stres. Aktivitas tersebutlah yang bisa menghambat impian sehat hingga lanjut usia. “Faktor risiko ini diperparah dengan faktor lingkungan, seperti dampak globalisasi, sosio-ekonomi, budaya, modernisasi, polusi, dan lain sebagainya,” tutur Lily. Lily menyarankan, “Agar di masa muda hingga tua tetap hidup dengan sehat, lakukan perilaku CERDIK. Ini singkatan, yang dapat dipaparkan masing-masing hurufnya.”

lansia 2

Perilaku pintar yang saya sarankan ini terkait dengan pola hidup yang bisa membantu, yaitu:
-Cek kondisi kesehatan secara berkala
-Enyahkan asap rokok
-Rajin melakukan aktivitas fisik
-Diet sehat dengan mengonsumsi jumlah kalori yang seimbang
-Istirahat yang cukup
-Kendalikan stres

nah, sudahkah sista semua siap mengaplikasikan gara hidup pintar dalam berkehidupan sehari-hari ?

jangan lupa di share ya sista, agar sista-sista yang lain juga dapat membaca tips ini.

Terima kasih dan sampai bertemu lagi.

0
0%
like
1
100%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top