Motivation

TIPS MENABUNG DAN MENGELOLA KEUANGAN DARI PENGHASILAN

Bagaimana cara aman untuk menabung dan mengelola keuangan dengan aman? Sebenarnya mudah sekali tergantung dari niat tiap-tiap individu dalam mengelola keuangan dari penghasilan yang dimiliknya. Jika kebiasaan menabung ditekuni, maka manfaatnya bisa dirasakan di kemudian hari.

Tidak semua orang dapat mengatur keuangan dengan aman, uang gaji kita hanya berada sementara saja di dompet atau di rekening kita, hal tersebut jangan dilakukan terus-terusan akan berakibat fatal bagi kondisi keuangan. Lantas bagaimana cara mengelola keuangan dengan baik dan benar, simak artikel di  bawah ini.

cara mengelola keuangan dengan baik

  1. JANGAN MEMEGANG UANG TUNAI YANG BERLEBIHAN

Jangan kita membawa uang tunai secara berlebihan, karena bisa dipastikan kita akan menjadi boros dengan uang yang dibawa tersebut. Yang patut dilakukan yaitu cukup membawa sebagian dan simpan sebagiannya di ATM atau di rekening bank. Karakter dan naluri manusia jika melihat uang di dompet pasti akan buru-buru membelanjakannya. Sebagai salah satu antisipasinya, jangan membawa banyak uang di dompet.

  1. JANGAN MENYIMPAN UANG DI RUMAH

Banyak orang yang masih menyimpan uang uang di rumah sebagai salah satu cara menabung agar tidak ribet dan sederhana. Menyimpan uang di rumah sebenarnya beresiko terhadap keamanannya. Uang mudah saja hilang jika disimpan di rumah, karena adanya kemungkinan ancaman kejahatan yang bisa saja terjadi kepada siapapun. Jadi, agar lebih aman, simpanlah uang yang dimiliki sebagai tabungan di bank. Jika benar-benar membutuhkan, uang bisa diambil sewaktu-waktu sesuai dengan jumlah kebutuhannya.

  1. INVESTASI

Cara investasi yang bisa dilakukan yaitu dengan membeli benda atau barang yang bisa memiliki nilai jual yang meningkat. Dari penghasilan yang dimiliki, kita bisa menabung terlebih dahulu agar uang bisa lebih terkumpul. Jika sudah dianggap cukup, investasi uang tersebut dengan membelikannya barang-barang berharga seperti halnya emas, tanah dan rumah. Dengan begitu kita secara tidak langsung dapat menghasilkan uang yang lebih banyak dengan cara menjual lagi emas, tanah atau rumah di kemudian hari. Jika berinvestasi properti, maka buatlah properti tersebut menjadi lebih bernilai, misalnya dengan membuat kontrakan atau kos-kosan.

  1. BELANJA SESUAI KEBUTUHAN

Penghasilan yang dimiliki sudah sewajarnya dibelanjakan sesuai dengan kebutuhan. Penting sekali untuk mengurangi pembelian barang yang kurang begitu dibutuhkan. Meskipun memiliki penghasilan sendiri untuk diri sendiri, janganlah menjadi jiwa yang konsumtif, rasa haus akan memiliki suatu barang tertentu. Sebelum membelanjakannya, penghasilan hendaknya sudah dibagi porsinya terlebih dahulu untuk menabung, sisanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan dasar, dana kesehatan dan untuk berinvestasi.

  1. MEMBUAT CATATAN KEUANGAN

Membuat rincian keuangan tiap bulan sebenarnya bisa dilakukan sebagai cara untuk mengendalikan dan mengontrol pengeluaran tiap bulannya. Dengan mengetahui pengeluaran, kita bisa membuat perhitungan untuk pengeluaran periode bulan berikutnya. Sebelum berbelanja, penting pula untuk membuat rincian daftar belanja, agar kita bisa berbelanja sesuai kebutuhan, bukan berbelanja berdasarkan apa yang dilihat dan keinginan semata.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top