Info Kedokteran

Tanda Bahwa Tubuh Telah Kelebihan Gula

Menjaga kondisi tubuh tentunya sudah menjadi kewajiban kita sebagai pemiliknya. Karena memiliki tubuh yang sehat tentu akan berdampak positif bagi kehidupan kita sendiri. Seperti yang diketahui bahwa mereka yang memiliki kondisi tubuh yang sehat lebih dapat menikmati hidup. Namun seperti yang diketahui, menjaga kesehatan memang bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Apalagi melihat dengan kondisi masa sekarang ini. Hal tersebut dapat terlihat dari mulai kualitas udara yang buruk, jadwal yang tidak sehat hingga mengonsumsi berbagai  makanan yang jelas-jelas tidak bermanfaat. Namun untuk sekarang ini, bisa dibilang yang paling sering dilakukan tanpa menyadarinya adalah mengonsumsi sesuatu secara berlebihan. Tidak terkecuali gula. Seperti yang diketahui bahwa kelebihan gula dalam tubuh juga dapat menyebabkan berbagai penyakit untuk datang. Bukan hanya semata penyakit ringan namun juga banyak penyakit berbahaya lainnya. Dimana kemungkinan paling fatalnya adalah dapat kehilangan nyawa. Sesuatu yang tentunya tidak ingin terjadi pada siapapun. Namun yang menjadi masalahnya adalah banyak orang yang tidak sadar bahwa penyakit gula sedang mengincar dirinya. Hal tersebut tidak lepas karena penyakit gula biasanya datang mendadak. Sehingga yang terbaik untuk bisa dilakukan adalah dengan mencegahnya. Yaitu menyadari secara dini apakah penyakit gula sudah bersemayam dalam diri kita atau belum. Karena biasanya mereka yang sudah kelebihan gula akan menujukan beberapa gejala. Berikut ini, tanda bahwa tubuh telah kelebihan gula:

Sponsor : kezia skin expert

  1. Keinginan Mengonsumsi Makanan Manis yang Tinggi

Hal pertama yang pasti dimiliki oleh mereka yang telah kelebihan gula di dalam tubuhnya adalah addicted terhadap rasa manis. Bahkan sudah sampai pada tahap ketagihan. Yaitu tahap dimana seseorang tidak akan pernah bisa melewati harinya tanpa mengonsumsi makanan atau minuman dengan rasa manis. Hal tersebut tentunya bisa terjadi bukannya tanpa alasan. Alasan utamanya adalah karena rasa manis bukan hanya memberikan efek ketagihan namun juga memberikan rasa nyaman sekaligus senang. Sehingga tidak heran apabila mereka yang sudah terkena efek ini tidak ingin berhenti untuk merasakannya. Membuat mereka akan terus-terusan mengonsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi. Sesuatu yang tentunya akan membuat kadar gula di dalam tubuh mereka semakin tidak tertahankan. Sehingga apabila anda setiap harinya tidak pernah bisa terlepas dari makanan yang mengandung gula maka anda harus mulai berhati-hati. Karena itu bisa jadi bukan hanya soal selera anda namun juga penyakit gula yang telah mengintai anda. Sehingga cara terbaiknya tentu adalah mengurangi asupan makanan maupun minuman yang memiliki kadar gula tinggi. Sekaligus memeriksa gula darah ke dokter juga bisa menjadi solusi berikutnya yang tidak bisa dipandang sebelah mata begitu saja.

Tanda Bahwa Tubuh Telah Kelebihan Gula

  1. Tubuh Cepat Merasa Lemas

Tanda berikutnya yang menandakan bahwa tubuh telah kelebihan gula adalah rasa lemas. Bukan hanya rasa lemas biasa yang seringkali dirasakan setelah aktifitas yang padat maupun panjang. Karena biasanya rasa lemas tersebut datang ketika setelah beberapa waktu memakan makanan manis. Hal tersebut tentunya bisa terjadi bukan tanpa alasan. Dimana alasan utamanya adalah karena gula mengandung insulin. Insulin tersebutlah yang kemudian mengubah gula menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Efek samping dari insulin tersebut adalah memicu gairah sekaligus meningkatkan gula darah. Tidak berhenti sampai disitu saja, apalagi konsumsi gula tersebut telah menjadi rutinitas maka pembakaran gula di dalam tubuh juga akan terjadi sangat cepat. Membuat asupan gula di dalam tubuh akan menjadi cepat terbakar habis. Sehingga secara otomatis membuat tubuh akan merasa lemas. Efek sampingnya adalah tubuh akan terus meminta asupan gula secara terus-menerus. Sesuatu yang tentunya sangat tidak baik apabila dituruti.

Tanda Bahwa Tubuh Telah Kelebihan Gula

  1. Mood Naik Turun

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa gula mampu membuat gairah naik. Sehingga membuat rasa senang bisa didapatkan dengan mudah. Namun hal tersebut juga bisa menjadi bumerang. Terutama bagi mereka yang dalam tubuhnya telah kelebihan gula diatas ambang normal. Pada saat kandungan gula berada di dalam tubuh masih memang belum menjadi masalah. Namun ketika kandungan gula mulai rendah maka dimulailah masalahnya. Yaitu masalah bahwa mood akan mengikuti dari kadar gula dalam tubuh. Jika tinggi maka akan senang namun apabila rendah maka yang terjadi sebaliknya. Sehingga hal tersebut akan membuat mood menjadi naik turun secara cepat dan juga sulit untuk bisa diprediksi. Semuanya tergantung asupan gula yang masuk ke dalam tubuh.

Tanda Bahwa Tubuh Telah Kelebihan Gula

  1. Berat Badan Naik

Tanda berikutnya yang patut diwaspadai adalah berat badan yang naik. Dimana biasanya berat badan yang naik ini tidak seperti kenaikan berat badan seperti biasanya. Hal tersebut tidak lepas karena mereka yang memiliki kelebihan gula di dalam tubuhnya akan memproduksi insulin lebih dari seharusnya. Sesuatu yang lantas cepat membuat tubuh mengalami kenaikan berat badan. Dimana puncak dari kenaikan berat badan ini apabila tidak ditanggapi dengan benar adalah Diabetes. Tentu tidak ada yang ingin terkena penyakit berbahaya sekaligus mematikan tersebut. Sehingga ketika berat badan mulai naik secara tidak wajar maka tidak ada salahnya untuk mulai mengeceknya ke dokter. Jangan sampai semuanya sudah terlambat untuk dicegah.

Tanda Bahwa Tubuh Telah Kelebihan Gula

Sehingga ketika keempat tanda tersebut sudah mulai muncul maka berhati-hati sekaligus waspada bisa menjadi jawaban terbaiknya. Karena penyakit gula memang bukan sesuatu yang bisa dipandang sebelah mata begitu saja. Maka mulai mengurangi asupan gula secara normal bisa menjadi langkah selanjutnya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top