Gaya Hidup

Semakin Terkenalnya Manfaat Patchouli Oil

Manfaat Patchouli Oil – Patchouli Oil atau minyak nilam penuh aroma yang dihasilkan oleh pohon dari Pogostemon. Tanaman ini memiliki bentuk yang sangat cantik dengan aroma yang keluar secara alami. Pohon tidak tumbuh tinggi bahkan tidak sampai satu meter, seperti tanaman khas dari keluarga tanaman mint. Bunga memiliki aroma yang kuat dengan warna merah, putih dan juga ungu. Setiap bunga bertumpuk dengan bagian batang yang lebih tegak. Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat sesuai untuk pertumbuhan tanaman nilam. Sekarang tanaman ini juga banyak dibudidayakan secara khusus untuk diolah sebagai bahan minyak nilam atau Patchouli Oil. Awalnya minyak ini memang menjadi minyak khusus untuk membuat parfum atau minyak wangi.

Sponsored: dr rochelle skin expert

Proses pengolahan minyak nilam

Proses untuk menghasilkan minyak nilam dilakukan dengan proses destilasi. Daun kering yang dihasilkan oleh pohon nilam akan melewati proses pemilihan bahan, pengeringan, fermentasi dengan sinar kemudian proses pengambilan aroma dari uap yang dihasilkan. Untuk mendapatkan aroma paling kuat dan kualitas yang paling baik maka daun yang telah dipanen harus segera dikeringan dengan jarak waktu pengolahan yang tidak terlalu jauh. Proses ini bertujuan untuk mempertahankan aroma alami dari minyak nilam yang akan dihasilkan.

Senyawa kimia dalam Patchouli Oil

Aroma segar dan wangi yang dihasilkan dari Patchouli Oil sebenarnya berasal dari banyak jenis senyawa kimia. Beberapa bahan kimia alami yang ditemukan dari bahan ini termasuk seperti alpha guaiene, alpha patchoulene,  alpha bulnesene, beta patchoulene, norpatchoulenol, caryophyllene, pogostol dan seychellene.

Ragam manfaat Patchouli Oil

  1. Minyak ini sangat penting untuk mengatasi berbagai jenis masalah kesehatan seperti peradangan, anti septik, menghilangkan rasa sakit dan mengatasi berbagai penyakit yang disebabkan oleh serangga.
  2. Minyak bisa digunakan untuk mengatasi berbagai peradangan atau iritasi yang terkait dengan kondisi asam urat tinggi dan radang sendi.
  3. Minyak bisa mengatasi berbagai jenis keluhan pada kulit terkait jamur dan juga mengatasi infeksi pada kulit.
  4. Minyak bisa bekerja untuk membantu melawan infeksi dan mengatasi masalah sistem kekebalan tubuh juga menurunkan demam.
  5. Minyak juga penting untuk meningkatkan gairah seksual termasuk untuk meningkatkan libido, mengatasi disfungsi ereksi, gangguan hormon yang tidak seimbang dan membuat rasa nyaman.
  6. Minyak sangat baik untuk meningkatkan proses metabolisme, meningkatkan fungsi enzim dalam tubuh serta mencegah masalah gangguan pencernaan seperti gas usus.

Cara menggunakan Patchouli Oil

Minyak ini bisa digunakan dengan berbagai cara seperti dihirup dengan alat seperti vaporizer, mengoleskan pada kulit, menghirup secara langsung dengan hidung, meneskan pada kain dan perabot rumah. Semua penggunaan ini sangat aman namun tidak boleh digunakan secara berlebihan karena bisa menyebabkan efek seperti kehilangkan nafsu makan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top