Tips & Trik Parent

Punya Anak Di Sekolah TK? Orangtua Wajib Tahu Hal-Hal Ini

Punya Anak Di Sekolah TK? Orangtua Wajib Tahu Hal-Hal Ini

Persiapan penting orangtua untuk anak masuk TK  adalah agar ia bisa dapatkan pendidikan yang berkualitas. TK atau taman kanak-kanak merupakan tempat pendidikan formal pertama yang bisa diberikan orangtua pada buah hatinya. Pendidikan ini juga jadi tempat dimana anak bisa menikmati waktu penuh untuk bermain sambil belajar.

persiapan penting orangtua untuk anak masuk tk

 

Sponsor: halo jasa

Mempersiapkan apa yang dibutuhkan anak dengan baik adalah salah satu cara supaya proses belajar anak bisa menjadi lancar. Selain membekali anak dengan mental, kesiapan orangtua dan guru adalah kunci keberlangsungan pembelajaran anak lebih kondusif. Selain dua hal ini cara-cara lain yang busa ditempuh yakni:

Punya Anak Di Sekolah TK? Orangtua Wajib Tahu Hal-Hal Ini

1. Kontak informasi darurat

Pastikan Anda memiliki kontak informasi yang berhubungan langsung dengan pihak sekolah. Berikan pada pihak sekolah informasi kontak ayah, ibu atau rumah anak. Langkah ini bisa membantu pihak sekolah lebih mudah memberitahu informasi penting kepada Anda. Beritahukan pula siapa orang yang menjemput anak selain daripada orangtuannya. Sebab keamanan anak adalah hal paling utama.

Punya Anak Di Sekolah TK? Orangtua Wajib Tahu Hal-Hal Ini

2. Main sambil belajar di rumah

Kebiasaan anak usia TK adalah tak lepas dari bermain, bernyanyi atau berkreasi. Biasanya anak akan belajar mewarnai dengan spidol, crayon atau pensil warna. Kegiatan semacam ini busa melatih anak memegang sesuatu, menulis atau melatih kemampuan motorik halusnya. Agar refleks motorik anak bisa makin meningkat, Anda bisa beri permainan lain di rumah seperti mewarnai, belajar menggunting, bermain puzzel, belajar bermain dengan balok atau bola dan masih banyak lainnya. Aktivitas semacam ini bisa jadi modal anak pandai menulis sebelum masuk ke sekolah dasar.

Punya Anak Di Sekolah TK? Orangtua Wajib Tahu Hal-Hal Ini

3. Ajarkan menjaga kebersihan diri anak

Kebersihan sudah jadi barang penting yang tak boleh terlupakan dalam hidup anak. Menjaga kebersihan diri mampu melindungi anak dari serangan bakteri atau virus. Jangan sampai orangtua salah dalam menerapkan kebersihan pada anak. Contoh kebersihan diri anak yang bisa diajarkan adalah menyikan gigi, mandi teratur, cara membersihkan anggota tubuh selepas ke toilet, atau menutup hidung saat bersin. Anda juga bisa ajarkan cara memakai sesuatu misal memakai sepatu anak.

persiapan penting orangtua untuk anak masuk tk

4. Komunikasi dengan guru

Berikutnya adalah menjaga komunikasi langsung dengan para guru di TK. Komunikasi akan membantu Anda mengetahui kondisi anak di sekolah. Beritahu apakah anak Anda memiliki riwayat sakit tertentu, terlambat bicara dan kondisi lainnya. Langkah ini penting supaya pihak sekolah bisa langsung menginformasikan dan mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan. Tak hanya itu, anak juga akan diberi arahan, bimbingan atau cara mengaratasi kondisinya.

Beberapa cara diatas penting dilakukan oleh para orangtua yang tengah atau ingin memasukkan anaknya di TK. Langkah ini bisa membantu orangtua yang disibukkan oleh pekerjaan. Meski begitu luangkan beberapa waktu untuk berbicara kepada pihak sekolah atau mengisi waktu bersama sang anak. Dengan begitu tumbuh kembang buah hati bisa berjalan dengan baik. Metode lain yang bisa diterapkan untuk mendukung kebutuhan buah hati adalah dengan mengajarkan cara berhitung yang menarik dan menyenangkan. Dan semua kebutuhan untuk mendapatkan guru les matematika untuk usia dini bisa didapat dengan mengunjungi Halo Jasa.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top