Gaya Hidup

Pohon Kayu Putih Sebagai Penghasil Minyak Kayu Putih

Pohon Kayu Putih Sebagai Penghasil Minyak Kayu Putih – Apakah Anda sering menggunakan minyak kayu putih? Minyak kayu putih sebenarnya adalah jenis minyak atsiri yang dihasilkan dari pohon kayu putih. Tanaman kayu putih sebenarnya masih termasuk dalam keluarga Melaleuca. Pohon ini bisa tumbuh subur di Indonesia hingga mencapai tinggi 10 sampai 20 meter. Bagian batang pohon memiliki kulit yang berlapis dan berwarna putih jika dibuka. Bagian daun memiliki karakter seperti kecil, tidak terlalu tebal, berwarna hijau, ujung daun lebih runcing, dan jika daun dihancurkan mengeluarkan aroma seperti minyak kayu putih. Pohon kayu putih juga memiliki bunga yang berbentuk sangat menarik dengan warna putih, kuning dan memiliki banyak cabang.

Senyawa Minyak Atsiri dalam Pohon Kayu Putih

Seperti khasiatnya maka minyak kayu putih yang dihasilkan dari pohon kayu putih memang mengandung banyak minyak esensial. Berbagai jenis senyawa kimia yang dihasilkan dari minyak kayu putih dari pohon kayu putih ini termasuk seperti:

  • 1,8-Cineole 44,8% – 60,2%
  • Alpha-Terpineol 5,9% – 12,5%
  • Limonene 4,5% – 8,9%
  • Beta-caryophyllene 3,8% – 7,6%

Fungsi Minyak Kayu Putih (Cajuput Oil)

Cajuput oil atau minyak kayu putih yang merupakan minyak esensial dari pohon kayu putih memang memiliki banyak manfaat. Awalnya minyak ini hanya menjadi aroma saja namun akhirnya  banyak peneliti yang mempelelajari khasiatnya, seperti berikut ini:

  • Cajuput oil sangat baik untuk membantu menyembuhkan infeksi termasuk akibat bakteri, virus, dan juga jamur.
  • Cajuput oil sangat baik untuk mengatasi pusing, mual, demam, sakit perut dan meriang akibat penyakit seperti diare, masuk angin dan gejala lainnya.
  • Cajuput oil juga bisa bermanfaat untuk mengatasi hidung tersumbat atau sebagai dekongestan dan juga mengatasi penumpukan lendir di saluran pernafasan.
  • Cajuput oil bisa membantu mengatasi batuk, mencegah alergi pernafasan, menenangkan pernafasan yang buruk dan juga mengatasi keluhan alergi dan asma karena mengandung konsentrasi tinggi dari eucalyptol
  • Cajuput oil juga bisa menjadi bahan aroma terapi dengan alat seperti difuser namun harus diperhatikan untuk penderita asma dan gangguan pernafasan akut.
  • Cajuput oil sangat baik untuk membantu meningkatkan sirkulasi darh dan udara dalam tubuh karena sangat penting untuk meningkatkan produksi keringat.
  • Cajuput oil juga bisa membantu mengatasi nyeri, tidak nyaman dan rasa sakit pada bagian tubuh luar termasuk kulit dan sendi.
  • Cajuput oil bisa membantu mengatasi nyeri sendi, kram otot dan kelelahan akibat olahraga atau pekerjaan berat.

Efek Samping Cajuput Oil

Cajuput oil sebenarnya jenis minyak esensial yang tidak menyebabkan efek samping apapun, namun harus digunakan secara hati-hati untuk wanita hamil dan penderita asma akut. Penggunaan cajuput oil sebaiknya juga tidak digunakan untuk bagian dalam sehingga bisa menyebabkan gangguan usus dan iritasi jika masuk ke pencernaan.

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top