Gaya Hidup

Plus Minus Media Sosial Dalam Gaya Hidup

Melepas Media Sosial pada era sekarang bukan hanya tidak mungkin namun juga telah masuk ke dalam ranah mustahil. Bahkan bisa dibilang media sosial telah mengubah cara hidup banyak orang dalam banyak. Sehingga tidak berlebihan apabila media sosial menjadi teknologi tidak terpisahkan dari masyarakat masa kini atau biasa disebut dengan technological determinism. Hal tersebut semakin membuktikan Media sosial telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat di era modern ini. Sesuatu yang sepertinya tidak bisa disangkal oleh siapapun. Hal tersebut tidak lepas karena media sosial memang memberikan manfaat pada kehidupan nyata. Salah satunya dimanfaatkan untuk kegiatan jual beli. Membuat proses jual beli tersebut menjadi lebih mudah dan juga efektif. Disebabkan karena transaksi jual beli menggunakan media sosial tidak perlu pertemuan secara langsung antara penjual dengan pembeli. Sesuatu yang tentunya sangat merepotkan apabila harus dilakukan di kehidupan yang serba cepat ini. Sehingga kehadiran Media Sosial sangat membantu berbagai pihak dalam melakukan transaksi jual beli. Entah itu untuk penjual maupun pembelinya. Sehingga tidak heran apabila kemudian media sosial lantas menjelma menjadi tak ubahnya sebuah gaya hidup. Sesuatu yang bagi sebagian orang memiliki banyak manfaat untuk gaya hidup mereka. Namun tak ubahnya semua bidang tentunya penggunaan media sosial juga memiliki sisi negatifnya. Sehingga sisi positif maupun sisi negatif dari media sosial harus diketahui lebih dalam lagi. Untuk itulah, berikut ini akan dijelaskan plus minus media sosial dalam gaya hidup:

  1. Sisi Positif Media Sosial Dalam Gaya Hidup:
  • Tempat Promosi Yang Tepat

Dengan begitu banyaknya pihak yang menggunakan media sosial tentunya bisa menjadi kesempatan ekonomi bagi mereka yang jeli. Karena terhubungnya banyak orang dalam satu media tentunya bisa menjadi kesempatan untuk mempromosikan produk ataupun jasa yang ingin ditawarkan. Sehingga tidak perlu lagi repot dalam mengumpulkan masa maupuan memberitahu banyak orang tentang barang atau jasa yang dimiliki. Hanya perlu memanfaatkan salah satu ataupun semua media sosial yang dimiliki dalam melakukan promosi. Maka sudah dipastikan promosi kita terhadap barang atau jasa yang dimiliki akan sampai luas kepada banyak orang.

Plus Minus Media Sosial Dalam Gaya Hidup

  • Media Memperluas Relasi

Fungsi lainnya dari media sosial adalah untuk bisa mendapatkan teman maupun relasi dalam waktu yang singkat. Hal tersebut tidak lepas karena banyak orang yang menggunakan media sosial. Sehingga jaringan tersebut tercipta tanpa perlu banyak usaha terlalu banyak. Hanya perlu menambahkan orang maupun relasi yang menurut anda adalah tepat. Yaitu dengan mempersempit pencarian entah itu kategori usia, tempat tinggal maupun profesi yang dimiliki. Bahkan sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa media sosial juga media yang tepat untuk menemukan orang untuk diajak kerja sama sesuai dengan kualifikasi yang diinginkan.

plus minus media sosial dalam gaya hidup

  • Tempat Mencari Informasi

Ternyata media sosial juga telah lama dilirik oleh para media pembuat berita. Dimana mereka menggunakan media sosial sebagai tempat untuk penyebaran berita yang sifatnya masif dan juga cepat. Hal tersebut tidak lepas karena bisa dibilang masyakarat jaman sekarang mayoritas lebih sering menggunakan media sosial. Sehingga medium tersebut adalah media yang tepat untuk saling bertukar informasi. Mulai dari informasi yang bersifat resmi seperti berita yang cakupannya adalah nasional hingga informasi yang bersifat pribadi seperti status antar teman maupun kenalan.

Plus Minus Media Sosial Dalam Gaya Hidup

  • Tempat Berbagi

Bukan rahasia lagi bahwa media sosial juga tempat yang untuk saling berbagai. Mulai dari status, berita, foto, dokumen hingga raihan maupun bisnis yang sedang dijalani. Sehingga semakin banyak orang yang tahu. Dimana hal ini nantinya akan sangat berguna untuk membuka kesempatan yang lain. Karena bukan tidak mungkin dengan orang lain mengetahui kegiatan maupun bakat yang dimiliki maka kesempatan yang bernilai ekonomis bisa saja datang setiap waktu.

  1. Sisi Negatif Media Sosial Dalam Gaya Hidup:

Plus Minus Media Sosial Dalam Gaya Hidup

  • Menimbulkan Tindak Kriminal

Nyatanya tindakan kriminal bukan hanya bisa terjadi di dunia nyata karena di dunia internet hal tersebut juga bisa terjadi. Bahkan dengan kesempatan yang tidak kalah besarnya. Sebab utamanya adalah karena media sosial mampu membuat semua orang bisa menutupi identitas sebenarnya. Tentunya hal tersebut digunakan untuk tindakan negatif salah satunya adalah tindakan kriminal seperti penipuan. Hal tersebut tidak lepas karena di media sosial yang luas dan terbuka ini, setiap orang bisa menjadi apa atau siapa saja. Sehingga kans penipuan di media sosial semakin besar dari waktu ke waktu. Terutama bagi mereka yang melakukan transaksi jual beli di media sosial. Sehingga tindakan hati-hati harus selalu menjadi tameng pertama sekaligus utaama dalam menggunakan media sosial.

  • Terganggunya Kehidupan Nyata

Media sosial juga bisa memberikan dampak negatif terhadap dunia nyata. Hal tersebut terjadi apabila pengguna tidak bisa menyeimbangkan antara dunia nyata dengan dunia media sosial. Sehingga mereka lebih banyak menghabiskan waktunya di dunia maya daripada di dunia nyata. Maka dipastikan kehidupan mereka sebagai makhluk sosial sudah dapat dipastikan terganggu.

  • Memunculkan Sifat Candu Berlebihan

Setelah itu efek negatif selanjutnya adalah pengguna akan mengalami kecanduan menggunakan media sosial tanpa filter lagi. Sehingga hidupnya hanya dihabiskan untuk tinggal di media sosial daripada tinggal di dunia nyata yang sesungguhnya. Hal tersebut tidak lepas karena media sosial memang memiliki sifat candu. Apalagi bagi mereka yang memiliki kehidupan nyata yang tidak terlalu bahagia. Maka sudah dipastikan mereka akan lebih memilih menggunakan media sosial sebagai pelampiasannya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top