Info Kedokteran

Penyebab Otot Tak Muncul Meski Olahraga

Setiap orang tentunya memiliki motivasi masing-masing dalam berolahraga. Ada yang untuk sosialisasi, ada yang untuk menjaga berat badan, ada yang untuk menjaga kesehatan dan ada juga yang untuk membentuk otot. Karena memang tidak bisa dipungkiri bahwa mayoritas banyak orang berolahraga untuk bisa membentuk tubuhnya. Dan salah satu prioritas bentuk tubuh tersebut adalah tubuh berotot. Terutama bagi para kaum laki-laki. Karena memang tidak bisa dipungkiri lagi bagi para laki-laki yang memiliki tubuh berotot bisa menaikan rasa percaya diri. Hal tersebutlah yang tidak heran membuat banyak laki-laki tergila-gila berolahraga untuk bisa mendapatkan tubuh berotot tersebut. Namun ternyata banyak orang yang sudah melakukan berbagai olahraga termasuk angkat beban namun ternyata hasil tubuh berotot tak kunjung didapatkan. Untuk itulah, berikut ini akan dijelaskan penyebab otot tak muncul meski olahraga:

Sponsor : perawatan wajah

  1. Hanya Fokus Olahraga Kardio

Banyak orang awam yang menganggap bahwa semua olahraga itu sama saja. Jadi mereka beranggapan bahwa semua olahraga apabila dilakukan secara rutin maka akan tetap membentuk otot pada tubuh. Namun ternyata anggapan ini adalah sebuah kekeliruan yang besar. Hal tersebut tidak lepas karena apabila ingin membentuk otot pada tubuh maka olahraga yang bisa dilakukan adalah olahraga angkat beban. Sedangkan olahraga seperti lari, senam maupun jogging hanyalah olahraga yang focus membakar kardio. Olahraga kardio untuk membakar lemak pada tubuh memang penting untuk menjaga kesehatan. Namun apabila tujuan dari olahraga untuk membentuk otot pada tubuh maka olahraga Kardio bukanlah pilihan yang tepat. Pilihlah olahraga yang membuat tubuhmu terlatih untuk terus meningkatkan beban massanya. Sehingga sedikit demi sedikit akan terbentuk otot. Maka olahraga seperti angkat beban adalah pilihan terbaiknya.

Penyebab Otot Tak Muncul Meski Olahraga

  1. Tidak Kunjung Menaikan Beban

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa untuk bisa membentuk otot pada tubuh maka olahraga angkat beban adalah jawaban terbaiknya. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa sudah banyak orang yang rutin melakukan olahraga angkat beban namun tak kunjung mendapatkan otot tubuh yang diinginkan. Hal tersebut bisa disebabkan oleh berbagai factor. Dimana biasanya factor yang paling utama adalah ketika melakukan olahraga angkat beban namun beban yang diangkat selalu konstan. Yang artinya adalah tidak ada kenaikan dari beban yang diangkat oleh tubuh. Tentunya hal tersebut akan membuat sulit otot terbentuk. Hal tersebut tidak lepas karena otot bisa terbentuk dari robekan-robekan mikro ketika mengangkat beban. Dimana apabila robekan mikro ini tidak terjadi maka otot juga akan sulit atau lama untuk terbentuk.

Penyebab Otot Tak Muncul Meski Olahraga

  1. Tidur yang Kurang Cukup

Banyak orang yang terlalu bernafsu ingin mendapatkan tubuh berotot sehingga melupakan istirahat. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa otot memang hanya bisa terbentuk dengan terjadinya robekan mikro. Namun yang perlu diingat adalah bahwa robekan mikro untuk bisa menjadi otot juga diperlukan istirahat yang cukup. Dimana dalam masa istirahat inilah, jaringan-jaringan pada tubuh akan memperbaiki robekan mikro dengan benar. Agar nantinya bisa terbentuk otot seperti yang diinginkan. Sehingga apabila otot ingin diciptakan maka tidak bisa terus-menerus berolahraga tanpa diimbangi dengan istirahat terutama tidur yang cukup.

Penyebab Otot Tak Muncul Meski Olahraga

Berolahraga untuk bisa mendapatkan otot pada tubuh memang tidak ada salahnya. Namun juga harus dibarengi dengan niat untuk bisa hidup lebih sehat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top