Inspiration

Manfaat Perasaan Cinta Bagi Kesehatan

Cinta tentunya adalah sebuah perasaan yang tidak bisa dipungkiri dimiliki oleh semua makhluk hidup. Mulai dari cinta yang dirasakan antar pasangan, cinta yang dirasakan antar saudara, cinta yang dirasakan antar sahabat hingga cinta yang dirasakan antar keluarga. Bahkan bisa dibilang, tidak ada orang yang bisa hidup tanpa cinta. Namun sayangnya dalam masa sekarang ini, dengan begitu banyaknya kesibukan yang dimiliki oleh setiap orang membuat banyak hal mulai terabaikan. Salah satunya adalah kebutuhan akan cinta. Hal tersebut dapat terlihat dari hal yang sederhana saja. Sebut saja seperti lupa untuk berkomunikasi dengan orang yang kita cintai, tidak terjalinnya hubungan dengan orang terdekat bahkan hingga putusnya hubungan dengan orang berharga tersebut. Padahal seperti yang diketahui, bahwa perasaan cinta memilik banyak dampak positif dalam kehidupan manusia. Dimana dampak positif ini seringkali langsung dihubungkan dengan sisi psikologis setiap manusia. Padahal nyatanya dampak positif yang dimiliki oleh perasaan cinta bukan hanya semata monopoli dimiliki oleh sisi psikologis. Karena pada sisi kesehatan juga ternyata perasaan cinta memiliki manfaatnya. Sesuatu yang tentunya pantas membuat orang terkejut karenanya. Hal tersebut tentunya membuat setiap orang yang memiliki rutinitas sesibuk apapun tidak bisa lagi memandang sebelah mata pada perasaan ini. sehingga apabila sudah memiliki perasaan cinta pada kehidupannya maka cara terbaik adalah untuk merawat sekaligus menjaganya. Namun sayangnya masih jarang orang yang mengetahui tentang hal ini. sehingga membuat mereka seringkali memandang remeh terhadap perasaan cinta dan menganggapnya sebagai sesuatu yang tidak terlalu signifikan pada hidupnya. Untuk itulah dibawah ini dijelaskan beberapa manfaat perasaan cinta bagi kesehatan:

Sponsor : cream perawatan wajah

  1. Menjadi Lebih Bahagia

Seseorang yang sedang merasakan cinta dalam hidupnya biasanya tanpa alasan jelas seringkali merasakan bahagia. Tentu hal tersebut seringkali membuat orang menjadi bertanya-tanya tentang apa yang sebenarnya terjadi. Hal tersebut tidak lepas karena mereka yang sedang menjalin hubungan asmara atau cinta maka akan mendapatkan atau memiliki hormon oksitosin mengalir deras dalam tubuhnya. Bagi mereka yang awam tentunya nama hormone ini masih sangat asing di telinga. Untuk itulah, berikut ini akan dijelaskan apa fungsi dan manfaat dari hormone tersebut pada kesehatan dari tiap manusia. Perlu diketahui, Hormon Oksitosin adalah hormon yang tidak bisa tercipta dengan begitu saja. Dimana hormone ini hanya bisa tercipta dengan interaksi antara orang yang saling mencintai satu sama lain.  Mungkin penyebutan hormon cinta terdengar terlalu memaksakan bagi sebagian orang namun begitulah pada kenyataannya. Karena hormone Oksitosin membuat perasaan bahagia mudah untuk bisa didapatkan tanpa harus berusaha terlalu banyak. Sehingga bagi mereka yang sedang menjalin atau terikat dengan perasaan cinta maka hormon inilah yang seringkali berada di dalam tubuh mereka. Sesuatu yang seringkali menjadi candu bagi mereka yang sedang menjalain hubungan asmara maupun cinta dengan seseorang. Dan seperti yang diketahui bahwa perasaan bahagia adalah salah satu penangkal utama dari perasaan stress. Perasaan stress sendiri adalah salah satu jalur utama dari banyak penyakit berbahaya untuk bisa masuk ke dalam tubuh. Sehingga apabila perasaan bahagia lebih mendominasi maka dipastikan penyakit juga akan semakin menjauh dari tubuh. Dan pada akhirnya kesehatan yang diinginkan pun bisa untuk didapatkan.

Manfaat Perasaan Cinta Bagi Kesehatan

  1. Lebih Mengenal Diri Sendiri

Nyatanya mengenal diri sendiri bukan hanya berhubungan langsung dengan kebaikan dari sisi psikologis manusia. Karena ternyata sisi kesehatan juga bisa ikut terlibat di dalamnya. Untuk sisi kesehatan sendiri, mereka yang lebih mengenal diri mereka sendiri nyatanya memiliki tingkat  stress yang lebih rendah ketimbang mereka yang tidak. Dalam arti kata lain adalah mereka yang tidak mengenal diri sendiri maka memiliki resiko untuk stress lebih tinggi. Hal tersebut tidak lepas dari ketidaktahuan akan dirinya sendiri. Sehingga seringkali hal ini juga berefek pada kesehatan yang membuat mereka seringkali lalai terhadap berbagai indikasinya datangnya sakit. Maupun hal psikologis seperti banyaknya hal yang menumpuk di pikiran dan karena tidak mengetahui cara untuk mengatasinya maka akan berubah menjadi stress. Lain cerita bagi mereka yang mengenali diri sendiri maka kemampuan untuk mengolah masalah akan lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Manfaat Perasaan Cinta Bagi Kesehatan

  1. Meningkatkan Daya Konsentrasi

Daya konsentrasi adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh tiap manusia. Entah untuk kepentingan pekerjaan maupun kepentingan kehidupan sehari-hari tiap manusia. Hal tersebut tidak lepas karena daya konsentrasi adalah salah satu faktor utama bagi setiap manusia untuk mampu mengeluarkan seluruh daya kemampuannya dengan tepat. Sehingga tidak heran apabila daya konsentrasi sangat dibutuhkan dalam bidang apapun. Dan nyatanya manusia yang memiliki hubungan cinta yang stabil dan bahagia secara otomatis maka daya konsentrasinya dapat meningkat. Hal tersebut tidak lepas karena perasaan aman dan nyaman yang ditimbulkan dari hubungan cinta tersebut. Sehingga tidak heran apabila mereka yang merasakan cinta setiap waktu dan bahagia karenanya maka bisa lebih produktif dalam bekerja maupun berkarya ketimbang mereka yang tidak pernah atau belum pernah merasakannya. Maka bagi kamu yang ingin lebih produktif untuk berkarya maupun bekerja maka jalinlah hubungan yang baik maupun hangat dengan orang sekitarmu. Yang tentunya orang tersebut kamu cintai dengan sepenuh hati.

Manfaat Perasaan Cinta Bagi Kesehatan

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top