Inspiration

Manfaat Dari Mengkritik Diri Sendiri

Banyak orang yang selalu merasa bahwa baik dalam dalam tiap hal yang dimiliki. Baik itu hasil kerjanya maupun pribadinya secara personal. Sehingga tidak heran apabila banyak orang yang kurang nyaman apabila dikritik. Hal tersebut tidak lepas karena kritikan dianggap sebagai serangan langsung terhadap segala hal yang dimiliki. Apabila kritikan tersebut dilayangkan pada hasil kerja maka banyak orang yang merasa bahwa hasil kerjanya sedang dihina. Sedangkan apabila kritikan tersebut diarahkan ke pribadinya maka dianggap sebagai serangan terhadap dirinya. Karena hal tersebutlah yang kemudian membuat banyak orang seakan antipati terhadp kritikan. Apabila kritikan orang lain saja apalagi kritikan terhadap diri sendiri. Padahal nyatanya kritikan selama berada dalam koridor yang seharusnya adalah sesuatu yang positif. Tidak terkecuali mengkritik untuk diri sendiri. Berikut ini akan dijelaskan manfaat dari mengkritik diri sendiri:

Sponsor : pemutih wajah

  1. Lebih Mengenal Diri Sendiri

Manfaat pertama yang didapatkan dengan mengkritik diri sendiri adalah bisa mengenal diri sendiri. Hal tersebut bisa terjadi tentunya bukan tanpa alasan. Karena dengan mengkritik maka sebenarnya kita sedang mengungkapkan kekurangan yang dimiliki oleh diri kita sebagai pribadi maupun sebagai pekerja. Dengan mengetahui kekurangan yang dimiliki maka secara tidak langsung kita mengetahui kelebihan dan juga kekurangan kita. Dimana hal tersebut sangat berguna untuk memperbaiki kelemahan dan juga semakin menguatkan kelebihan kita.

Manfaat Dari Mengkritik Diri Sendiri

  1. Memiliki Batas Diri

Kritikan tentu datang karena kita tahu atau setidaknya merasa bahwa ada yang kurang atau salah pada diri kita maupun hasil pekerjaan kita. Yang perlu diingat adalah bahwa hal ini tidak sepenuhnya salah. Malah bisa dibilang, ini berguna untuk kehidupan kita di masa mendatang nantinya. Karena dengan mengkritik diri sendiri kita menjadi memiliki batas terhadap diri sendiri. Batas bahwa ada sesuatu yang bisa untuk diperbaiki namun ada juga yang benar-benar memang harus ditinggalkan. Sehingga ada bijaknya untuk mengatahui mana yang bisa diperbaiki dan mana dari kita maupun pekerjaan kita yang bisa ditinggalkan.

Manfaat Dari Mengkritik Diri Sendiri

  1. Menjadi Pribadi Yang Lebih Kuat

Kritikan seperti yang sudah dijelaskan diatas memang terkadang menyakitkan. Namun apabila dihadapi dengan benar malah efek yang terjadi sebaliknya. Yaitu akan menguatkan diri kita sendiri sebagai pribadi. Hal tersebut tidak lepas hanya mereka yang ingin terus tumbuh dan menjadi kuat dari waktu ke waktulah yang berani mengkritik diri mereka sendiri. Karena mereka yang tidak pernah ingin maju selalu menganggap bahwa dirinya maupun segala hasil kerjanya telah cukup bahkan terbilang baik. Sehingga membuatnya enggan untuk mencari kelemahan dari dalam dirinya maupun progress kerjanya. Hal tersebut malah nantinya akan menjadi bumerang pada dirinya sendiri. Karena dirinya tidak pernah bisa maju. Menganggap bahwa kelemahan bukanlah berasal dari dirinya namun selalu dari orang lain. Apabila hal ini terus dipertahankan maka akan sulit untuk bisa maju apalagi untuk meraih kesuksesan. Karena mereka yang ingin maju dan ingin meraih kesuksesan tidak akan segan untuk mengkritik dirinya sendiri. Karena itu adalah satu cara terbaik untuk membentuk mental maju dan pribadi yang lebih kuat.

Manfaat Dari Mengkritik Diri Sendiri

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top