Tips Kesehatan

Lakukan Langkah Sehat Ini Saat Mencapai Umur 40 Tahun

Lakukan Langkah Sehat Ini Saat Mencapai Umur 40 Tahun

Langkah sehat saat mencapai umur 40 tahun bisa menjadi awal menuju hidup yang panjang umur. Mengingat sejauh ini, usia 40 tahun adalah usia diamana seseorang mulai berada pada kematangan hidup. Namun, usia 40 tahun juga bisa menjadi masalah bagi kesehatan. Pakar kesehatan menilai bahwa memasuki usia tersebut, maka menjadi waktu tepat untuk memenuhi kebutuhan untuk kesehatan tubuh. Jadi, mulaiah hidup sehat dimulai sejak usia Anda masih sangat muda terutama jika Anda dihadapkan dengan kesibukan yang menyita waktu sehingga mengabaikan kesehatan yang berdampak pada masa tua.

Lakukan Langkah Sehat Ini Saat Mencapai Umur 40 Tahun

Sponsro: dr rochelle skin expert

1. Waspada terhadap perubahan di penglihatan

Memasuki usia kepala 4, sejumlah keluhan bisa dialami termasuk penglihatan. Penglihatan jadi mulai kendur, sehingga pemeriksaan rutin adalah pilihan terbaiknya. Menurut survei, kebutaan adalah gangguan utama yang dialami oleh lansia. Kondisi tersebut sering disebut dengan degeneratif makula yakni gangguan pada mata. Gangguan ini bisa berpengaruh pada hampir 9 juta lebih orang dengan usia 40 tahunan. Untuk menghindari masalah pada mata, mulailah dari sekarang mengurangi penggunaan alat elektronik seperti laptop dan layar handphone. Hindari juga paparan sinar matahari secara langsung sebab bisa menimbulkan katarak. Dengan begitu, gunakan kaca mata hitam dengan pelindung terhadap sinar UV.

Lakukan Langkah Sehat Ini Saat Mencapai Umur 40 Tahun

2. Cari tahu berapa angka saat pemeriksaan

Waktu terbaik untuk memeriksa kondisi tubuh adalah ketika memasuki kepala 4. Anda bisa mulai dengan memeriksa tekanan darah, kadar kolesterol dan gula, serta berat badan. Ketahui berapa jumlah kolesterol yang dimiliki dengan melakukan pemeriksaan dari sekarang. Dengan mengetahui jumlah angka tersebut, maka dokter bisa mengindentifikasi risiko munculnya penyakit serta cara mengeatasinya. Selain itu, cek juga kesehatan tiroid Anda. Sering lelah, bertambahnya berat badan, kulit mulai kehilangan elastisitas dan rambut mulai kusam bisa menjadi indikasi masalah pada tiroid. Padahal fungsi dari kelenjar ini adalah membantu kendalikan energi dan mengatur hormon.

Lakukan Langkah Sehat Ini Saat Mencapai Umur 40 Tahun

3. Tingkatkan massa otot dan perbanyak serat

Saat usia 40 tahun, Anda bisa kehilangan sekitar 1 persen dari masa otot tubuh setiap tahunnya. Jadi manfaat dengan melakukan latihan beban, latihan kardiovaskular, dan aktivitas fisik lain. Usia 40 juga membuat tubuh rentan kehilangan fleksibilitasnya. Jadi, lakukan yoga dan pilates sebagai latihan rutin untuk bantu tingkakan kekuatan, keseimbanga, gerak dan fleksibilitas tubuh. Demi menjaga metabolisme jangan lupakan sumber serat yang kaya air guna mencukupi kebutuhan cairan.

     Lakukan Langkah Sehat Ini Saat Mencapai Umur 40 Tahun

4. Hindari cedera dan nyeri sendi dan jaga kesehatan tulang

Memasuki usia 40 tahun juga menjadi masalah dalam hidup dimana tulang dan sendi cenderung mengalami cidera. Jadi, dengan menambahkan kegiatan yang mengolah gerakan tubuh seperti olahraga bisa memperkuat masa otot tubuh terutama sekitar sendi sehingga risiko untuk cidera bisa dikurangi. Latihan beban sederhana membantu cegah osteoporosis dan membuat kepadatan tulang jadi meningkat. Model latihan beban bisa berupa shoulder presses, squats, lunges, atau bicep curls.

Usia produktif adalah usia ideal untuk memulai hidup lebih sehat hingga masa tua nanti. Dan ketika sudah memasuki usia 40 tahun, maka dibutuhkan langkah penting agar kesehatan tetap terjaga. Beberaoa langkah penting diatas merupakan sebagian hal kecil dan sederhana yang bisa dilakukan dengan mudah. Semoga cara-cara tetap sehat ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top