Gaya Hidup

Khasiat Wangi Sandalwood Oil dari Indonesia

Sandalwood oil merupakan salah satu minyak aromaterapi yang sangat terkena di seluruh dunia. Ini adalah salah satu minyak esensial khas Indonesia yang didapatkan dari pohon cendana. Pohon cendana bisa tumbuh sangat baik di semua daerah yang bersuhu rendah seperti dataran tinggi. Pohon ini juga sangat baik tumbuh di wilayah bebatuan dan mengandung banyak sumber air alami. Cendana termasuk salah satu keluarga besar dari Santalaceae yang bisa tumbuh tinggi sekitar 15 meter. Setiap batang berbentuk lurus dengan lingkaran mencapai 30 cm. Semua bagian batang akan tertutup oleh kulit berwarna coklat atau agat kemerahan. Semua bagian dahan dan ranting berbentuk tidak beraturan dan memiliki bagian daun berbentuk lonjong dan ujung daun yang runcing.

Sponsored: kezia skin expert

Minyak esensial dari pohon cendana

Sandalwood oil dihasilkan dari proses penyulingan atau destilasi dari bagian  batang pohon cendana yang sudah berusia lebih dari 40 tahun. Proses pengambilan minyak esensial paling banyak dihasilkan dari jenis cendana putih yang memang memiliki aroma wangi dan sangat kuat. Beberapa jenis minyak esensial yang didapatkan dari pohon cendana mengandung senyawa kimia seperti beta-santalol, alpha-santalol, santyl asetat, santalene dan juga santalol. Sandalwood oil juga mengandung sebuah senyawa aroma khusus dalam jumlah yang sangat tinggi sehingga menyebabkan batang bisa memiliki aroma yang sangat wangi.

Manfaat sandalwood oil

  • Sandalwood oil bisa digunakan sebagai bahan aroma alami untuk ruangan yang bisa membuat semua yang menghirup udara menjadi sangat santai. Minyak ini sering menjadi aromaterapi untuk proses yoga dan perawatan kecantikan.
  • Sandalwood oil juga bisa digunakan untuk melakukan perawatan tubuh termasuk mengobati jerawat, mengatasi eksim, alergi, dan membantu kulit menjadi lebih lembab.
  • Minyak ini sangat baik untuk membantu mengatasi masalah pernafasan seperti ketika sedang batuk dan pilek. Anda bisa mencoba menggunakan aromaterapi alami saat hidung tersumbat.
  • Minyak cendana juga sangat baik untuk mengatasi luka, infeksi dan menghilangkan bekas luka seperti untuk perawatan bisul, jerawat dan penyakit kulit.
  • Minyak alami ini juga bisa membantu mengatasi semua jenis gangguan peradangan seperti nyeri sendi, tidak nyaman akibat bekas jatuh, atau gigitan serangga.
  • Minyak cendana juga bisa membantu untuk mengatasi masalah otot ringan, nyeri akibat sakit gigi, dan memiliki sifat untuk menenangkan.
  • Minyak bisa berfungsi sebagai bahan alami untuk menghilangkan bau badan, iritasi pada kulit, dan membuat kulit menjadi lebih halus.

Minyak cendana bisa digunakan bersama dengan jenis minyak lain seperti lavender oil, cananga oil, vetiver oil dan jenis minyak esensial lain. Minyak ini sangat aman digunakan namun untuk orang yang memiliki alergi terhadap aroma sebaiknya tidak menggunakan dalam jumlah yang banyak.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top