Gaya Hidup

Khasiat Plai Oil untuk Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat Plai Oil – Apakah Anda pernah menggunakan minyak plai atau plai oil? Minyak plai adalah jenis minyak essensial yang dihasilkan dengan proses suling uap atau destilasi dari tanaman akar bernama Zingiber cassumunar. Ini adalah salah satu jenis kelompok tanaman rimpang yang memang mirip seperti jahe. Tanaman ini bisa tumbuh baik di Indonesia karena membutuhkan banyak sinar matahari. Bagian batang bisa tumbuh tegak, dengan tinggi antara 1 sampai 1,5 meter. Daun meruncing kecil berwarna hijau, sementara bagian akar seperti jahe dengan bentuk besar atau kecil. Jika rimpang di potong maka akan terlihat warna kuning cerah pada bagian dalamnya.

Sponsored: dr rochelle skin expert

Kandungan minyak atsiri dalam plai oil

Minyak plai atau plai oil yang dihasilkan dari tanaman Zingiber cassumunar memiliki beberapa jenis minyak essensial yang sangat alami. Beberapa jenis minyak ini termasuk seperti sabinene, terpinen-4-ol, alpha-terpinene, gamma-terpinene, 3,4-dimethoxyphenyl, dan juga antioksidan kurkuminoid berkhasiat seperti cassumunarin. Dari semua minyak essensial ini maka plai oil memiliki aroma seperti minyak kayu putih namun terasa lebih segar dan ringan. Beberapa orang juga mengatakan jika minyak terasa sedikit pedas namun juga tidak terlalu kuat.

Manfaat plai oil untuk tubuh dan kesehatan

  • Plai oil bisa digunakan untuk mengatasi masalah nyeri sendi dan nyeri otot karena mengandung sifat anti peradangan yang sangat baik. Plai oil juga bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit akibat cedera, tekanan, rematik dan tubuh sakit setelah operasi.
  • Plai oil bisa diencerkan dengan jenis minyak lain yang bermanfaat untuk membantu rasa nyeri berkurang dengan lebih cepat.
  • Plai oil juga bisa memiliki fungsi untuk mengatasi nyeri atau kram akibat menstruasi. Cara penggunaan bisa digunakan untuk minyak oles atau pijat lembut di sekitar perut dan pinggang.
  • Plai oil sangat baik untuk mengatasi gangguan pernafasan termasuk flu, pilek dan efektif untuk asma (untuk orang yang tidak mengalami alergi terhadap aroma kuat)
  • Plai oil bisa melawan penyakit yang disebabkan oleh jamur dan bakteri, selain itu juga sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Penggunaan dan efek samping plai oil

  • Plai oil bisa digunakan secara langsung sebagai minyak untuk memijat, mengoles pada kulit namun tidak disarankan untuk diminum.
  • Plai oil bisa diencerkan dengan berbagai jenis minyak essensial lain seperti patchouli oil, clove oil, alpinia oil, turmeric oil, cajuput oil, nutmeg oil dan jenis minyak essensial lain.
  • Plai oil adalah jenis minyak essensial yang sangat aman, tidak menyebabkan iritasi, tidak menyebabkan alergi dan juga tidak beracun. Namun penggunakan plai oil sebaiknya khusus untuk bagian luar tubuh.
  • Ibu hamil dan ibu menyusui yang ingin menggunakan plai oil sebaiknya mendapatkan saran dan persetujuan dari dokter yang merawat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top