Gaya Hidup

Khasiat Ginger Oil yang dihasilkan dari Jahe untuk Kesehatan

Khasiat Ginger Oil – Tanaman jahe adalah jenis tanaman rimpang yang juga memiliki nama botani Zingiber officinale. Tanaman ini bisa tumbuh baik pada iklim sub tropis seperti Indonesia. Jahe tidak tumbuh terlalu tinggi hanya sekitar setengah meter, dengan bentuk daun meruncing dan sedikit kasar pada permukaan. Kemudian akar akan tertanam pada bagian tanah dengan kuat. Cara pemanenan jahe harus dilakukan dengan  mengambil semua akar. Kulit jahe berwarna coklat dan sangat tipis, kemudian pada bagian dalam akar berwarna kuning.

Sponsored: kezia skin expert

Senyawa kimia pada jahe

Jahe memiliki aroma yang sangat khas karena mengandung minyak essensial. Minyak segar ini terdiri dari beberapa senyawa komponen kimia seperti gingerol, B-sesquiphellandrene, borneol, nerol, zingerone, shogaol, gingerdione, paradol, galanal dan jenis senyawa lain. Beberapa jenis bahan senyawa kimia ini bisa lebih kuat dalam proses pengeringan bahan jahe atau penguapan untuk menghasilkan ginger oil. Ginger oil sama seperti jahe yaitu memiliki aroma yang sangat kuat, bersifat menyegarkan, menghangatkan dan juga pedas.

Manfaat ginger oil

  • Ginger oil bisa digunakan oleh terapis untuk menenangkan, memberi efek santai dan menghilangkan nyeri jika digunakan secara ringan pada beberapa bagian tubuh.
  • Ginger oil bisa digunakan sebagai minyak untuk memijat bagian tubuh yang sakit, menghilangkan nyeri dan meningkatkan sistem peredaran darah.
  • Ginger oil bisa membantu mengatasi berbagai gangguan pencernaan seperti mual, gas dalam perut, perut kembung, diare, muntah dan juga morning sickness untuk ibu hamil.
  • Ginger oil bisa digunakan untuk alat diffuser yang bisa membantu menyebarkan aroma minyak ke semua bagian ruangan. Efek penggunaan ini bisa membuat santai, sangat tenang dan dipercaya bisa mengurangi tekanan pada orang yang sedang tertekan, depresi atau stres.
  • Ginger oil juga bisa membantu meningkatkan libido sehingga sangat baik digunakan oleh pasangan suami istri.
  • Ginger oil bahkan bisa digunakan untuk kompres atau untuk berendam di pusat kecantikan atau spa. Meneteskan ginger oil pada air untuk berendam bisa membuat aroma tubuh sangat wangi dan menenangkan pikiran.
  • Ginger oil sangat baik untuk menyembuhkan penyakit infeksi termasuk seperti batuk, flu, pilek dan juga efek keracunan makanan.
  • Minyak ini sangat baik untuk membantu meringankan gangguan pernafasan akibat batuk, flu, asma, bronkitis, dan sesak nafas. Bahkan minyak ini sangat baik untuk membantu mengeluarkan lendir yang bisa menghambat saluran pernafasan dan melegakan bagian tenggorokan serta paru-paru.

Efek samping ginger oil

  • Ginger oil sebenarnya tidak menyebabkan efek samping apapun, ketika digunakan secara tidak berlebihan.
  • Untuk mengetahui efek alergi maka ginger oil bisa dites pada kulit dan menunggu reaksinya hingga aman untuk Anda.
  • Ginger oil sebaiknya tidak digunakan untuk kulit yang terkena sinar matahari secara langsung.
  • Penggunaan ginger oil untuk ibu hamil dan ibu menyusui harus dilakukan hati-hati meskipun minyak ini memang aman untuk ibu hamil dan ibu menyusui.

Efek samping ringan yang bisa ditemukan pada penggunaan ginger oil berlebihan termasuk seperti ruam kulit dan mulas (jika tertelan terlalu banyak).

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top