Parenting Info

Kesalahan Dalam Menyajikan Susu Formula Anak

Kesalahan Dalam Menyajikan Susu Formula Anak menjadi salah satu hal yang terkadang tidak diperhatikan dan disadari oleh para orang tua. Padahal, jika kesalahan dalam pembuatan susu formula ini terus dilakukan bisa menjadi satu hal yang kurang baik dan bisa menimbulkan masalah bagi kesehatan anak. Susu bubuk formula yang menjadi salah satu jenis susu pengganti yang menjadi pilihan oleh para orang tua. Dengan alasan selain karena memang harga yang cukup terjangkau jika dibandingkan dengan susu formula yang cair, penyajian dari susu formula ini dianggap paling mudah dan paling praktis diantara beragam jenis susu yang lainnya.

Kesalahan Dalam Menyajikan Susu Formula Anak

Sponsored by: dr rochelle skin expert

Dampak yang bisa dirasakan ketika orang tua tidak membuat susu formula dengan cara yang tepat adalah anak tidak akan mendapatkan nutrisi yang terkandung pada susu tersebut dengan maksimal. Selain itu, susu yang tidak diseduh dengan cara yang tepat malah justru akan menyebabkan susu yang memiliki kandungan bakteri yang tinggi. Oleh karena itu mama, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan berikut ini berbagai kesalahan yang mulai sekarang harus dihindari oleh para orangtua dalam membuat susu formula untuk anak.

Menggunakan Air dengan Suhu Terlalu Panas

Kesalahan yang paling sering terjadi adalah dengan melarutkan susu formula yang bubuk dengan menggunakan air dengan suhu yang masih sangat tinggi. Banyak yang beranggapan jika semakin tinggi suhu air maka akan semakin cepat bubuk susu tersebut larut dengan air. Padahal sebenarnya hal ini menjadi hal yang salah karena untuk membuat susu formula harus menggunakan air dengan kadar temperature tidak melebihi dari 70 derajat Celcius.

Untuk membuat penakaran suku menjadi lebih mudah, anda lebih baik mendiamkan terlebih dahulu air yang baru saja mendidih paling tidak selama kurang lebih 30 menit kemudian baru diseduh dengan susu formula tersebut. Alasan kenapa air dengan suhu yang terlalu panas tidak dianjurkan adalah air yang terlalu panas akan berbahaya bagi si kecil karena si kecil akan kepanasan dan melukai mulut dari si kecil.

Menggunakan Air dari Dispenser

Hal yang juga sering dilakukan oleh mama dan tidak disadari menjadi satu masalah tersendiri dalam pembuatan susu formula adalah menggunakan air dispenser untuk melarutkan sufor. Salah satu alasan yang paling penting untuk diperhatikan adalah dengan menggunakan air dispenser tidak akan cukup untuk mencapai ke titik 70C dimana titik ini merupakan titik yang sangat ideal dalam pembuatan susu terutama untuk susu formula.

Penggunaan Air Terlalu Banyak

Memberikan konsumsi tambahan pada anak seperti susu formula tentu bertujuan untuk membuat anak mendapatkan asupan gizi dan juga nutrisi yang cukup. Untuk mendapatkan manfaat dan juga khasiat yang terbaik dari hal ini tentu saja, anda membutuhkan cara penyajian yang tepat dan juga takaran yang pas untuk membuat nutrisi dan juga vitamin yang ada pada susu bisa didapatkan oleh buah hati. Oleh karena itulah, dalam memberikan susu kepada bayi terutama untuk susu formula, jangan menggunakan air yang terlalu berlebihan dimana hal ini akan membuat gizi dan juga nutrisi yang ada pada susu tersebut tidak bisa didapatkan dengan baik.

Tidak Mencuci dan Mensterilkan Botol Susu

Untuk memberikan perlengkapan anak seperti perlengkapan untuk makan ataupun minum tentu membutuhkan berbagai peralatan yang steril dan juga bersih. Tidak cukup hanya dengan membersihkannya dengan cara mencucinya saja, tetapi anda juga harus terlebih dahulu mensterilkan berbagai peralatan tersebut ketika akan menggunakannya untuk pertama kali. Setelah itu anda baru bisa mencuci dengan menggunakan air hangat dan juga sabun. Begitu juga jika sudah digunakan dan menjadi peralatan yang digunakan setiap harinya. Setelah menggunakannya langsung bersihkan kemudian letakan berbagai peralatan tersebut ditempat yang steril dan juga ditempat yang memiliki suhu yang pas.

Takaran yang Tidak Sesuai

Berapa jumlah susu bubuk yang harus dimasukan dan juga perbandingan dengan air tentu menjadi satu hal yang juga sangat penting untuk diperhatikan. Tetap gunakan takaran yang sudah dijelaskan pada kemasan susu tersebut untuk mendapatkan susu formula yang pas dan sangat bermanfaat untuk anak. Susu yang terlalu encer atuapun terlalu kental tentu menjadi hal yang kurang baik untuk anak dimana nutrisi dan juga gizi yang didapatkan tidak bisa sesuai. Susu yang terlalu kental bisa menimbulkan masalah pada anak terutama pada masalah pencernaan seperti sembelit hingga mengganggu kinerja ginjal pada anak sedangkan jika terlalu encer akan sangat berpengaruh dengan kondisi gizi dan juga vitamin yang didapat anak.

Dengan sudah mengetahui berbagai kesalahan saat membuat atau menyajikan susu formula untuk anak maka berikutnya anda harus memperhatikan berbagai hal untuk membuat susu yang bisa memberikan takaran yang pas. Susu formula bisa menjadi susu penerus ASI yang kemudian bisa memberikan nutrisi dan gizi yang cukup kepada anak. Dengan cara yang tepat dan menghindari kesalahan yang merugikan seperti diatas tentu bisa sangat menguntungkan bagi anda dan juga buah hati tentunya.

 

0
0%
like
2
25%
love
6
75%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top