Tips dan Trik

Kenali Vetiver Oil Untuk Minyak Aromaterapi

Apakah Anda pernah menggunakan vetiver oil? Ini adalah salah satu jenis minyak essensial yang dihasilkan dari akar wangi. Akar wangi termasuk salah satu rumput semak yang bisa tumbuh liar dan memiliki aroma yang sangat wangi. Tanaman yang termasuk dalam genus Vetivertia ini termasuk dalam jenis Vetiveria  zizanoides. Ukuran tanaman yang terlihat seperti rumput ini bisa tumbuh sampai 1,5 meter. Semua bagian rumput terdiri dari batang dan memiliki daun yang tipis, kaku, sangat tegak dan b berbentuk memanjang. Setiap bagian batang kecil bisa mengeluarkan bunga cantik berwarna ungu. Tanaman ini bisa tumbuh di cuaca yang tropis seperti Indonesia. Perkembangan tanaman ini sangat cepat yaitu ketika biji pecah di dalam tanah maka akar akan memisah dan tumbuh menjadi tanaman yang baru.

Sponsored: kezia skin expert

Minyak essensial dari akar wangi

Untuk menghasilkan minyak essensial yang memiliki aroma sangat wangu dan khas maka semua bagian akaar yang sudah mengering diprosesn dengan cara destilasi uap. Uap yang dihasilkan bisa menjadi lebih padat atau meninggalkan endapan, kemudian bagian ini diencerkan untuk mendapatkan bagian minyak yang memiliki komposisi senyawa kimia. Beberapa senyawa yang dihasilkan sangat komplek, seperti: Vetiverols, senyawa karbonil, ester, khusimol, beta-vetispirene, vetiselinenol dan alpha-vetivone.

Manfaat vetiver oil

  1. Minyak essensial ini paling sering digunakan sebagai bahan utama untuk membuat aroma parfum, bahan untuk pewangi ruangan, pakaian, sabun, produk perawatan kulit dan juga minyak untuk menguatkan aroma.
  2. Minyak mengandung senyawa aromatik yang bisa membuat pikiran menjadi lebih santai, nyaman dan sangat penting untuk menenangkan syaraf serta meningkatkan sistem kerja peredaran darah.
  3. Minyak bisa digunakan sebagai bahan terapi mental untuk membantu pikiran menjadi lebih nyaman, menghilangkan perasaan marah, dan mengurangi kebiasan buruk akibat cemas atau gelisah.
  4. Minyak ini juga bisa membantu mengatasi masalah kecemasan dan gangguan tidur seperti insomnia.
  5. Sekarang ini minyak vetiver sudah digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan perilaku untuk penderita penyakit ADHD karena penting untuk mengendalikan tindakan yang bersifat panik atau cemas.
  6. Vetiver oil bisa dicampur dengan lavender oil untuk membantu memijat tubuh dan bagian tubuh yang sakit. Bahan ini sangat penting untuk mengatasi tubuh yang lelah dan cedera otot ringan.

Keamanan dan efek samping Vetiver oil

Vetiver oil termasuk jenis minyak yang tidak menyebabkan iritasi, tidak mengandung racun dan sangat aman. Namun minyak sebaiknya tidak digunakan untuk ibu hamil, anak-anak dan ibu menyusui. Pengenceran minyak dengan jenis minyak lain dianggap lebih aman untuk mengurangi konsentrasi minyak essensial yang terlalu kuat. Hingga saat ini efek samping vetiver oil memang belum diketahui secara pasti namun sebaiknya memang tidak digunakan untuk ibu hamil dan ibu menyusui.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top