Gaya Hidup

Kebiasaan Untuk Menghilangkan Tidur Mendengkur

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa tidur yang mendengkur menjadi sesuatu yang sangat menganggukan. Apalagi apabila kita telah hidup berumah tangga dengan seseorang. Tentunya kebiasaan mendengkur saat tidur membuat pasangan yang tidur di dekat menjadi sulit untuk bisa mengistirahatkan matanya. Sesuatu yang nantinya akan membuat kita yang memiliki kebiasaan tidur akan mendapatkan protes ketika bangun nantinya. Tentunya kebiasaan mendengkur ketika tidur adalah sebuah kebiasaan negatif yang perlu dihilangkan. Dimana kebiasaan mendengkur ini biasanya disebabkan oleh banyak sekali faktor. Salah satu faktor yang paling utama adalah biasanya bobot tubuh. Karena bobot tubuh yang berlebihan membuat lemak menumpuk sehingga pertukaran udara ketika bernafas menjadi terhambat. Sehingga terciptalah suara keras ketika tidur, yang lebih dikenal dengan istilah mendengkur atau ngorok. Sebenarnya kebiasaan mendengkur atau ngorok bisa dihilangkan. Berikut ini akan dijelaskan kebiasaan untuk menghilangkan tidur mendengkur:

Sponsor : dr rochelle skin expert

  1. Mengubah Posisi Tidur

Ternyata posisi ketika tidur yang selama ini dianggap sebelah mata cukup berpengaruh terhadap kebiasaan mendengkur yang dilakukan oleh seseorang. Dimana salah satu posisi ketika tidur yang paling mudah untuk mengundang kebiasaan mendengkur adalah terlentang. Hal ini bisa terjadi tentunya bukan tanpa alasan. Alasan utamanya adalah ketika telentang jarak antara lidah, langit-langit mulut dan kerongkongan menjadi sangat dekat. Sehingga membuat udara nafas menjadi sulit untuk keluar. Dan sekalinya keluar akan membuat suara yang keras. Untuk bisa mengatasi hal ini maka usahakan ketika tidur maka lakukanlah posisi tidur menyamping. Karena posisi tidur menyamping membuat lidah, langit-langit mulut dan kerongkongan memiliki jarak yang terlalu dekat. Hal ini berguna untuk membuat udara pernafasan bisa keluar masuk tanpa hambatan. Sehingga suara mendengkur ketika tidur bisa terhindari.

Tips Menghilangkan Tidur Mendengkur

  1. Mulai Diet Untuk Mengurangi Bobot Tubuh

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa salah faktor atau penyebab dari tidur yang mendengkur adalah bobot tubuh yang berlebih. Tentu masalah ini hanya bisa diatasi dengan melakukan penurunan berat badan atau diet. Dimana diet ini tentunya harus dilakukan sungguh-sungguh. Mulai dari melakukan olahraga secara teratur, mengurangi makanan berlemak hingga mulai mengonsumsi sayuran maupun buah-buahan. Hal ini tentunya apabila tidak dilandasi dengan niat kuat untuk mengurangi bobot tubuh tentunya sulit untuk bisa terjadi. Selain untuk menghilangkan kebiasaan mendengkur, ternyata bobot tubuh yang proporsional tentunya memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya untuk tubuh.

Tips Menghilangkan Tidur Mendengkur

  1. Tidur Dengan Posisi Kepala Lebih Tinggi

Biasanya kebiasaan mendengkur terjadi karena posisi tubuh yang sejajar. Sehingga membuat udara yang berada di tenggorakan menjadi tertahan. Masalah ini bisa diatasi dengan cara menggunakan bantal untuk membuat posisi kepala lebih tinggi daripada tubuh. Hal ini berguna untuk membuat pergantian udara saat bernafas ketika tidur menjadi lebih lancar.

Tips Menghilangkan Tidur Mendengkur

  1. Lakukan Senam Rahang

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan senam rahang sebelum tidur. Senam rahang bisa dilakukan dengan cara membuka dan menutup mulut secara teratur. Lakukan senam rahang ini selama setengah menit sebelum tidur.

Tips Menghilangkan Tidur Mendengkur

Semua poin yang dijelaskan diatas apabila dilakukan dengan rutin dan juga disiplin pasti perlahan akan mulai mengurangi kebiasaan mendengkur yang menganggu

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top