Gaya Hidup

Dokpedia.com, Solusi Cerdas Informasi Seputar Kesehatan

Dokpedia.com

Dunia internet sudah berkembang semakin luas. Informasi yang kita terima setiap hari nya pun semakin banyak. Sayang nya, dengan informasi yang kini dengan mudah berkembang, kita jadi susah memilah, mana yang benar dan mana yang hoax. Modern ini, rasanya hoax sudah jadi salah satu ‘budaya’ dalam dunia internet. Segerombolan orang tak bertanggungjawab menyebarkan hoax, untuk keuntungan pribadi, atau keuntungan sekompok orang. termasuk di bidang kesehatan. Informasi seputar kesehatan juga banyak sekali bertebaran di internet, namun, mana yang kredibel? Beberapa website seputar kesehatan memang sudah banyak beredar, namun pernah kah Anda mendengar Dokpedia.com?

Dokpedia merupakan salah satu platform berita dan informasi seputar kesehatan terkini. Beberapa platform berita kesehatan seringkali berasal dari artikel yang disadur. Artinya, artikel berasal dari tulisan orang yang kemudian di tulis ulang. Memiliki suatu platform berita seputar kesehatan yang kredibel mungkin adalah hal yang agak sulit ditemukan sekarang ini. Dokpedia hadir mematahkan semua stigma-stigma terkait maraknya artikel kesehatan yang hanya berfokus pada pencarian views tanpa memperhatikan kebenaran fakta yang ditulis nya.

Artikel kesehatan mungkin memiliki sedikit approach yang berbeda. Mengingat orang yang datang dan membaca artikel adalah mereka yang membutuhkan informasi terkait penyakit tertentu, atau sedang dalam kondisi sakit dan mencari beberapa informasi dari internet. Membaca artikel yang salah tentu akan menyebabkan para pembaca mengikuti informasi yang salah. Parah nya, mungkin penyakit mereka bisa semakin parah karena informasi yang dituliskan pada artikel tak benar.

Lantas, kenapa Dokpedia berbeda dengan platform berita kesehatan lain nya?

Di Dokpedia, mereka menerapkan penulisan artikel dengan gaya yang lebih santai, namun pesan nya tetap tersampaikan. Selain itu, dari segi informasi pun lebih mudah dipahami pembaca karena tak banyak menggunakan istilah ilmiah yang sebagian besar hanya dipahami mereka yang bekerja di bidang kedokteran dan farmasi. Penggunaan tata bahasa tentu menjadi salah satu hal penting yang perlu dipertimbangkan seorang penulis artikel. Menentukan siapa target audiens pembaca nya. Jika tema besar nya adalah kesehatan, maka seorang penulis harus bisa menuliskan tema se-ringan mungkin namun dengan pesan se-direct mungkin.

Artikel Kesehatan dan Kedokteran terpercaya - dokpedia.com

Selain penggunaan bahasa, sebuah platform media berita online tentu harus memiliki sub-kategori yang beragam. Sebagai platform berita dan pusat artikel kesehatan, Dokpedia memiliki beberapa sub-kategori yang bisa menjaring fokus pembaca sesuai kategori nya. Di Dokpedia, kategori artikel kesehatan yang tersedia di antara nya adalah demam, farmasi, gizi, hipertensi, kesehatan, diabetes, gigi, herbal, kedokteran, laboratorium, hingga tema yang sedang ramai saat ini, COVID-19 dan Corona. Penyesuaian tema tentu juga harus di barengi dengan kredibilitas penulis dalam penyampaian informasi. Harus mereka yang memang paham betul mengenai bidang/tema yang ia tulis, agar tak ada miskomunikasi dan disinformasi bagi pembaca nya.

Selain itu, penempatan sumber/referensi yang tepat juga perlu dipertimbangkan. Seorang penulis berhadapan langsung dengan apa yang ia ucapkan dalam bentuk tulisan. Ketika tulisan yang ia tulis tak bisa di buktikan, atau tak bisa ditemukan asal usul penulisan suatu kalimat, maka kita sebagai pembaca patut mempertanyakan keaslian informasi dari artikel tersebut. Di Dokpedia, semua artikel mengarahkan pembaca pada sumber statement yang penulis buat. Ketika penulis mencantumkan suatu fakta, maka penulis mengarahkan kalimat tersebut pada sumber asli nya yang bisa di baca oleh pembaca. Sehingga keaslian penggunaan kalimat tersebut bisa di pertanggungjawab kan.

Tak harus dalam kondisi sakit, membaca artikel kesehatan akan selalu berguna. Tak harus mengalami gejala tertentu baru kita mencari informasi. Sebuah informasi bisa kita dapatkan kapan pun dan dimana pun. Ketika kita membaca suatu riset atau informasi kesehatan tertentu, akan berguna bagi kita ketika nantinya kita, rekan, atau anggota keluarga menderita penyakit tersebut, sehingga kita tahu apa yang harus kita perbuat. Artikel Kesehatan dan Kedokteran terpercaya – dokpedia.com.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top