Gaya Hidup

Cara Mengatur Keuangan Di Akhir Bulan

Akhir bulan sepertinya telah menjadi momok bagi banyak orang. Hal tersebut tidak lepas karena akhir bulan selalu identik dengan kesulitan keuangan dan kebutuhan yang terus mendesak. Padahal bisa dibilang income atau gaji kita hanya akan datang pada awal bulan. Tentunya hal ini akan menjadi masalah tersendiri bagi kita yang tidak bisa mengaturnya dengan baik. Sehingga tidak heran apabila banyak orang yang selalu mengalami masalah yang sama apabila akhir bulan sudah sampai di depan pintu. Padahal masalah ini bisa diatasi dengan menerapkan beberapa aturan untuk keuangan kita. Untuk itulah, berikut ini akan dijelaskan cara mengatur keuangan di akhir bulan:

  1. Jangan Sering Melakukan Pengeluaran Kecil

Pada akhir bulan, bisa dibilang uang yang berada di tangan kita sudah tidak sebesar jumlah uang kita yang miliki pada awal bulan. Tentu hal ini membuat kita akan sangat menahan diri untuk membeli barang-barang dengan nominal tinggi yang akan membuat ktia melakukan pengeluaran besar. Namun hal ini menjadi semacam pembenaran ketika kita melakukan pengeluaran kecil untuk membeli barang-barang dengan nominal yang tidak terlalu tinggi. Dengan selalu memasang anggapan bahwa barang dengan nominal kecil membuat kita hanya perlu melakukan pengeluaran kecil sehingga tidak terlalu berpengaruh. Padahal mindset ini akan membuat kita akan selalu membenarkan untuk melakukan pengeluaran kecil namun dalam jumlah banyak. Tentunya hal tersebut sama saja dengan mengeluarkan pengeluaran yang besar.

Cara Mengatur Keuangan Di Akhir Bulan

  1. Coba Hindari Kredit

Banyak yang beranggapan di akhir bulan tidak apa-apa untuk melakukan kredit dalam membeli barang yang kita inginkan. Padahal anggapan ini akan sangat memberatkan kita nantinya. Karena salah satu hutang yang nominalnya pembayaran nantinya akan membengkak adalah hutang kredit. Sehingga apabila barang tersebut tidak masuk ke dalam list kebutuhan dan hanya masuk ke dalam list keinginan maka coba hindari untuk melakukan kredit. Meskipun kredit akan memudahkan kita dalam membelinya namun kredit akan membuat kita menanggung beban berkali lipat ketika akan membayarnya nanti. Sehingga ketika telah menginjak akhir bulan maka usahkanlah untuk tidak melakukan kredit untuk pembelian terhadap sebuah barang.

Cara Mengatur Keuangan Di Akhir Bulan

  1. Susun Skala Prioritas

Pada akhir bulan tentunya kita tidak bisa mellaukan pengeluaran sebebas ketika masih berada di awal bulan. Untuk itulah, dengan dana yang terbatas maka kita harus mengaturnya dengan sedemikian rupa. Salah satunya dengan cara menyusun skala prioritas. Dimana skala prioritas ini berisi list-list yang harus kita lakukan sebelum kemudian awal bulan datang dan income pun datang kembali. List pertama tentunya harus berisi berbagai kebutuhan yang wajib untuk dipenuhi. List kedua berisi tentang biaya transportasi yang harus dipenuhi untuk berangkat dan pulang kerja. Dan list-list berikutnya bisa kita tentukan sesuai dengan kebutuhan mendesak yang harus dilakukan selama akhir bulan.

Cara Mengatur Keuangan Di Akhir Bulan

Akhir bulan memang akan selalu menjadi masalah tersendiri apabila tidak dihadapi dengan bijak. Terutama bijak dalam mengatur  dan mengurus masalah keuangan yang terbatas sebelum gaji datang. Sehingga membuat banyak hal atau keputusan yang harus dilakukan dengan cara matang agar bisa bertahan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top