Info Kedokteran

Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Mudah

Kebersihan mulut tentunya sangat penting dalam penampilan seseorang. Karena seseorang yang memiliki mulut yang tidak segar bahkan bau tentunya akan sangat menganggu. Dimana ketidakbersihan dan ketidaksegaran mulut ini bisa terjadi karena berbagai faktor. Salah satu faktor utamanya adalah gigi yang tidak bersih. Mulai dari gigi berlubang hingga karang gigi. Khusus untuk karang gigi, memang salah satu hal menganggu yang seringkali terjadi pada gigi namun sulit sekali untuk bisa dihilangkan. Sehingga sudah banyak orang yang menyerah maupun angkat tangan untuk bisa menghilangkan karang gigi. Padahal ternyata karang gigi masih bisa dihilangkan. Untuk itulah, berikut ini akan dijelaskan cara membersihkan karang gigi secara mudah:

  1. Gosoklah Gigi Dengan Rutin dan Benar

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menghilangkan karang gigi adalah melakukan sikat gigi secara rutin. Yaitu melakukan sikat gigi dua kali sehari yaitu pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Dimana pada dua moment inilah, waktu yang paling terbaik untuk membersihkan gigi. Namun membersihkan karang gigi tidak cukup hanya dengan menggosok gigi secara rutin namun juga dengan benar. Karena ternyata masih banyak orang yang menyikat gigi secara salah. Yaitu hanya menggosok gigi dengan mengarahkan keatas dan bawah. Dan hanya berfokus pada gigi yang terlihat saja. Padahal cara yang paling benar untuk menyikat gigi adalah dengan cara gerakan memutar searah jarum jam. Selain itu menyikat gigi yang benar juga dengan menyikat gigi bagian dalam maupun yang selama ini tidak terlihat. Karena pada bagian tersebutlah, karang gigi seringkali muncul.

Membersihkan Karang Gigi Secara Mudah

  1. Memakai Lidah Buaya

Selama ini lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang bermanfaat dalam kesehatan rambut. Namun ternyata lidah buaya memiliki manfaat yang  lebih besar dan lebih luas lagi. Salah satu manfaatnya yang lain adalah untuk kesehatan mulut. Termasuk untuk membersihkan karang gigi. Sedangkan untuk cara memakainya sendiri adalah dengan cara mengupas kulit dari lidah buaya. Setelah itu oleskan gel dari lidah buaya pada gigi yang berkarang. Tunggu dengan rentang 7 hingga 10 menit. Setelah itu bilas hingga bersih dengan air dingin.

Membersihkan Karang Gigi Secara Mudah

  1. Memakai Kulit Jeruk

Cara lainnya yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan kulit jeruk. Karena ternyata kulit jeruk memiliki vitamin C yang sangat bermanfaat untuk menghilangkan plak maupun bakteri pada gigi. Sedangkan cara menggunakannya sendiri dengan cara potong kulit jeruk seperlunya saja, setelah gosokan pada gigi yang berkarang. Lakukan secara merata dan juga dilakukan secara rutin. Dimana efek dari kulit jeruk yang kaya vitamin C bisa membantu menghilangkan karang pada gigi.

Membersihkan Karang Gigi Secara Mudah

  1. Rajin Berkumur Setelah Sesi Makan

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa karang yang terjadi pada gigi disebabkan karena sisa makanan yang menumpuk pada gigi dan tidak terbersihkan secara benar. Sehingga untuk mengurang karang gigi ini bisa dilakukan dengan cara rajin berkumur setelah makan. Dimana hal ini berguna untuk membuat sisa makanan tidak menumpuk untuk kemudian semakin menebalkan karang gigi.

Membersihkan Karang Gigi Secara Mudah

Begitulah cara mudah untuk membersihkan karang gigi pada mulut. Tentu hal tersebut bisa dilakukan dengan sempurna dengan catatan dilakukan secara benar dan juga rutin.

0
0%
like
2
100%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top