Olahraga

Yoga Dapat Menurunkan Tekanan Darah Pasien Darah Tinggi

Yoga Dapat Menurunkan Tekanan Darah Pasien Darah Tinggi

Benarkah yoga dapat menurunkan tekanan darah pasien darah tinggi? Yoga adalah bentuk olah fisik yang tidak banyak menciptakan gerakan. Gerakan yoga sudah ada sejak zaman dulu dan sampai saat ini yoga menjadi olahraga pilihan yang ringan namun banyak manfaat.

Sponsor: halojasa

Banyak orang pun mulai berpikir bahwa yoga bisa efektif dalam menjaga kebugaran tubuh. Lalu bagaimana dengan menyembuhkan penyakit? Benarkah yoga se efektif obat dokter atau herbal? Berikut penjelasan lebih detailnya. Bagaimana yoga menurunkan tekanan darah?

yoga dapat menurunkan tekanan darah pasien darah tinggi

Alasan Yoga Baik untuk Pasien Hipertensi:

Tekanan darah tinggi bisa muncul akibat kecemasan diri atau stress berlebih. Stress muncul disaat orang tak bisa berfikir jernih dalam mengatasi tekanan hidul. Akibatnya mereka akan cenderung mengalami hipertensi dibanding orang yang mampu mengendalikan stress. Yoga memiliki tekni mendalam yang bisa membantu seseorang terhubung dengan jiwa dan mengurangi  stres, yakni dengan cara meditasi. Menurut penelitian para ilmuwan, meditasi adalah teknik yang bisa melepaskan stres dan membantu menenangkan pikiran. Meditasi dengan duduk satu jam sambil menutup mata dan fokus pada perbafasan bisa bantu mengosongkan pikiran sehingga rasa cemas mudah dihilangkan.

Yoga adalah sebuah kombinasi antara latihan tubuh dan pernapasan. Kita tahu bahwa yoga akan menghasilkan pose seperti mengangkat kaki, meregangkan bahu, atau memutar tulang ke belakang. Pose sederhana ini bisa membantu menurunkan tekanan darah.  Menurut penelitian Dr. Debbie Cohen dari University of Pennsylvania terkait praktek kuno, yoga, melakukan latihan ini sebanyak 2-3 kali seminggu bisa turunkan angka hipertensi dari 133/80 menjado 130/77 . Stidi lain juga mengungkap jika yoga bisa menjaga otot tetap fleksibel dan lentur, sebab ada gerakan peregangan teratur selama yoga dilakukan.

yoga dapat menurunkan tekanan darah pasien darah tinggi

Cara melakukan yoga dengan benar dengan Pose Bound angle

Cara untuk melakukan yoga secara benar adalah tidak terburu-buru, santai dan fokus. Yoga bisa dilakukan dirumah atau di studio yoga. Anda pun bisa gunakan online tutorial lengkap dengan pose langkah melakukan yoga. Beberapa tips yang harus diperhatikan saat yoga adalah mulai dengan mengosongkan perut minimal 1 jam, namun jika tetasa lapa lebih utama pilih buah pisang atau secangkir susu. Mulailah dengan teknik bernapas sambil fokus dan dengarkan tubuh Anda mengikuti langkah yoga. Namun jika anda tak bisa fokus dan mengikuti latihan yoga bisa sesegera mungkin hentikan.

Salah satu pose yoga yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi yakni Pose bound angle. Pose ini juga dinilai lebih efektif dibandingkan dengan pose yoga lainnya. Untuk melakukan tahalan pose ini mulailah dengan duduk aantak dan tarik nafas. Hembuskan kembali nafas dan angkat bokong Anda dari lantai. Duduklah pada tulang duduk sambil tarik nafas ulang. Selanjutnya letakkan kedua telapak kaki dekat pangkal paha sambil berhadapan, tekan keduanya secara bersamaan. Beberapa detik selanjutnya, buang napaa dan letakkan ibu jarike telapak kaki bawah, dengan jari tangan berada di telapak kaki atas. Tekuk telapak  kaki keluar. Lakukangerakan ini sambil tarik napas,
duduk tegak dan luruskan tulang belakang sambik kepala tegak.

Itulah manfaat penting lakukan yoga untuk mengatasi masalah hipertensi. Jika Anda merasa kurang puasa dengan pose yang sudah disampainya, silahnya mencari informasi langsung pada ahli yoga.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top